Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak Usia Dini

  • Miftahul Ilmaa Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat,  Indonesia
  • Herman Syafri Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat,  Indonesia
  • Purwati Purwati Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini mengkaji implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Taman Kanak-Kanak Tunas Muda 1 untuk menanamkan nilai karakter pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seni pertunjukan efektif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila seperti kebhinekaan, gotong royong, dan kemandirian. Keterlibatan guru, orang tua, dan komunitas sekolah sangat penting dalam menyukseskan program ini. Program P5 mampu meningkatkan keterampilan kognitif dan sosial anak-anak. Evaluasi terhadap pelaksanaan program mengindikasikan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek ini memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan anak. Selain itu, saran penelitian meliputi peningkatan fasilitas dan infrastruktur sekolah, pelatihan berkelanjutan bagi guru, pengembangan modul yang lebih spesifik, serta peningkatan keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah. Program ini juga direkomendasikan untuk diperluas ke lebih banyak sekolah di berbagai daerah guna memperkuat pendidikan karakter di tingkat nasional.

Kata Kunci: pendidikan karakter, profil pelajar pancasila, anak usia dini

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Miftahul Ilmaa, Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat

Nama saya Miftahul Ilmaa. Untuk mewujudkan mahasiswa sebagai agent of change, saya ingin ikut berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui menulis artikel ilmiah, sesuai dengan
ranah yang sedang saya pelajari sekarang, yaitu bidang pendidikan.

Diterbitkan
2024-08-21
Bagaimana cara mengutip:
Ilmaa, M., Syafri, H., & Purwati, P. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 2006-2013. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1427
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 140 times
PDF downloaded: 134 times

Referensi

Alfi, C., Fatih, M., Rofiah, S., Muqtafa, M. A., Khomaria, A., Restiani, U., . . . Umah, N. B. (2023). Penguatan Karakter Gotong Royong Profil Pelajar Pancasila melalui Service Learning di TPQ Mambaul Huda Kedawung Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu) Vol. 5 No. 1, 148-154. https://doi.org/10.28926/jppnu.v5i1.201

Badriyah Laila, Masfufah, Kholidatur Rodiyah, Abidatul Chasanah, M. A. A. (2021). Implementasi Pembelajaran P5 dalam Membentuk Karakter Bangsa di Era Society 5.0. Journal of Psychology and Child Development, 1(2), 67–83. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i02.3638

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 03(02), 67–78.

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika Offset

Fifani, N. A., Safrizal, S., & Fadriati, F. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD Kota Batusangkar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 19–27. https://doi.org/10.24903/pm.v8i1.1216

Fitriya, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi Guru Terhadap Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, November 2022, 139–150.

Halil, H. (2015). Inovasi Kurikulum Pesantren Dalam Memproyeksikan Model Pendidikan Alternatif Masa Depan. Ulûmunâ : Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 146–168. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/1477

Haris, M. (2015). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. H.M Arifin. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 1–19. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531

Hurlock, B. E., (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.

Jannah, I., & Pangestu, W. T. (2023). Analisis Kebutuhan Guru terhadap Media Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 213–217. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.763

Khofifah, E. N., & Mufarochah, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 4 No. 4, 5170 - 5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 271–279. https://stikesbanyuwangi.ac.id/jurnal/index.php/JUPE2/article/view/169

Lutfiatussalmah, S., Mei Fita Asri Untar, E. E. S. (2023). Analisis Penerapan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Siswa Kelas IV Di SD Negeri Kalicari 02 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09 (September), 424-430.

Ma’viyah, A., Suryadi, & Ayuningrum, D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Wahdatul Ummah Metro Pusat. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(02), 79–93. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i02.832

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook 3rd. Thousand Oaks: Sage.

Nazarudin, A., & Widiyono, A. (2024). Analisis Pembentukan Nilai & Karakter Anak dalam Aspek Kemandirian dan Religius di SD Muhammadiyah Kriyan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1058–1066. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.881

Nurmadiah, N. (2016). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Rahman, S. H., (2005). Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Yogyakarta. Grafindo Litera Media.

Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.

Rustini, T. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10321

Safitri, D. E. H. P. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan kompetensi guru pendidikan anak usia dini (paud) dalam melaksanakan projek oenguatan profil pelajar Pancasila (P5). Journal Tambora, 7(1), 297–301. http://jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/2601/1247

Simarmata, M. Y., Yatty, M. P., & Fadhillah, N. S. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 1 Kuala Mandor B. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 47–59. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1564

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2022). Implementasi profil pelajar pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 195-208.

Tulaka, T. (2022). Metode Pemberian Tugas Mandiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Non Kependidikan Jurusan Teknik Bangunan UNIMA Manado. Langsat: Jurnal Pendidikan dan Sosial Vol. 9, No. 1, 2355-8210.

Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696–703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287

Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003–1009. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907