OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN TATA RIAS

  • Dwi Ermavianti Wahyu Sulistyorini SMK Negeri 1 Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penulisan best practise ini adalah untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa selama masa pandemi Covid-19 yang diimplementasikan pada pembelajaran tata rias melalui media sosial sehingga memberikan dampak positif bagi siswa dan hasil pembelajaran yang memuaskan selama belajar di rumah. Strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa pada pembelajaran tata rias adalah dengan diimplementasikannya pembelajaran dengan metode Project Based Learning (PjBL) melalui medsos. Penugasan proyek diberikan kepada siswa melalui sistem daring dan dikumpulkan di akhir semester karena tidak adanya kegiatan praktik dan tatap muka di sekolah, sehingga tidak memungkinkan bagi guru untuk melakukan penilaian setiap saat. Strategi ini dipilih karena dianggap sebagai suatu cara untuk mengajak siswa dapat berpikir kritis di tengah pandemi covid-19 pada pembelajaran tata rias. Implementasi metode PjBL dan penggunaan medsos sebagai sarana pembelajaran tata rias di tengah pandemi covid menunjukkan peningkatan kemampuan siswa untuk berpikir kritis. Diperoleh dampak positif sebagai berikut: sebagian besar siswa cepat merespon pesan yang diberikan guru, siswa cepat mengidentifikasi masalah yang disampaikan guru, siswa mampu memanfaatkan informasi yang diperoleh dari beberapa sumber belajar, siswa mampu menyelesaikan tugas secara bertahap, siswa sering mengajukan pertanyaan melalui chat dengan guru selama pembelajaran dan penyusunan laporan proyek, serta siswa bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas secara mandiri.

Kata Kunci: berpikir kritis, Project Based Learning, media sosial, tata rias

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Sulistyorini, D. E. W. (2020). OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN TATA RIAS . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 27 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.142
Abstrak viewed: 883 times
PDF downloaded: 3208 times

Referensi

Ermavianti, Dwi & Susilowati, Ani. (2019). Perawatan Tangan, kaki, Nail Art dan Rias Wajah Khusus Kreatif, Andi Offset, Yogyakarta

Hassoubah, Izhab, Zaleha. (2004). Developing Creative and Critical Thinking Skills Cara Berpikir Kreatif dan Kritis, yayasan nuansa cendekia, Bandung

Larson, K. (2017). Understanding and Teaching Critical Thinking-A New Approach, International Journal of Education Research, 84, 32-42. DOI: https://doi.org/10.101016/ijen/2017.05.004.

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, PT Bumi Aksara, Jakarta

Soenarto, Sunarto. (2020). Produktifitas di Masa Pandemi Covid Artikel Webinar, ADGVI Yogyakarta

Sudira, Putu. (2018). Metodologi Pembelajaran Vokasional Abad XII Inovasi, teori dan Praksis, UNY Press, Yogyakarta

Sulaiman, Ahmad & Syakarafat, Agustin, Nandy. (2018). Berpikir Kritis Mendorong Introduksi dan Reformasi Konsep Dalam Psikologi Islam, Buletin Psikologi 2018, Vol.26, No. 2, 86-96, DOI: https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi/38660.