Problematika Pendidikan Agama Islam pada Anak TNI di Komplek Asrama Widuri Medan

  • Ayu Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan,  Indonesia
  • Humaidah Br Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan,  Indonesia

Abstrak

Pendidikan Agama Islam merupakan upaya untuk menyampaikan dan mengajarkan ajaran Islam kepada individu agar mereka memahami serta mengamalkan nilai-nilai, prinsip, dan praktik keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada anak TNI dan problematika yang dihadapi orang tua dalam memberikan Pendidikan Agama Islam pada anak. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi upaya yang bisa dilakukan untuk menghadapi problematika tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada anak TNI. Problematika tersebut mencakup kurangnya waktu yang dimiliki orang tua karena tugas dinas, serta tantangan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan di lingkungan yang kurang mendukung. Upaya dalam mengatasi problematika tersebut meliputi memberikan pendidikan agama tambahan di luar rumah, mendidik dengan pola pendidikan yang tepat, dan mengontrol aktivitas keseharian anak untuk memastikan mereka tetap mendapatkan bimbingan agama yang memadai.

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Problematika, TNI

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-10
Bagaimana cara mengutip:
Lestari, A., & Hasibuan, H. B. (2024). Problematika Pendidikan Agama Islam pada Anak TNI di Komplek Asrama Widuri Medan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1882-1890. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1375
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 42 times
PDF downloaded: 18 times

Referensi

Amma, T., Setiyanto, A., & Fauzi, M. (2021). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik. Edification, 3(1), 1689–1699.

bidin A. (2017). Опыт аудита обеспечения качества и безопасности медицинской деятельности в медицинской организации по разделу «Эпидемиологическая безопасностьNo Title. Dalam Вестник Росздравнадзора (Vol. 4, Nomor 1).

Boiliu, F. M. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464

Dwi, N., & Mulyana, D. (2021). Pola Komunikasi Keluarga Anggota TNI-AD. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 142–147. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.499

Fianti Rita, F., Wasil, M., Jumiyati, S., & Honesti, L. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Dalam Y. Novita (Ed.), Rake Sarasin (Nomor March). PT.GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Julaeha, S. (2022). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Lingkungan Keluarga Terhadap Sikap Beragama Peserta Didik. 2, 469–476.

Kariawan, I. made, Haerani, & Karyati, S. (2022). Peran Tentara Nasional Indonesia dalam Penyelenggaraan Pertahanan Keamanan Menurut Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia. Unizar Recht Journal, 1(4), 476–485.

Kemenag RI. (2019). Al-Our’an dan Terjemah.

Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190

Marzuki, G. A., & Setyawan, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 53–62. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.809

Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), Article 1.

Simbolon, S., Padang, R., & Guchi, Z. (2022). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Islam Anak Usia Remaja Di Desa Pangguruan Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi. … : Jurnal Hukum, Pendidikan dan …, 12(2), 113–122.

Sofa, M. (2022). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Al-Qur’an. Kordinat | Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, XXI(2), 10–27.

Surikno, H., Novianty, S. N., & Miska, R. (2022). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Makna, Dasar, dan Tujuan Pendidikan Islam di Indonesia. Al Mau’izhah, XI(1), 225–256.

Zulfahmi, J., & Sufyan. (2018). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Perspektif Pendidikan Islam. Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–64.