Pengaruh Ice Breaking Senam Otak terhadap Kejenuhan Belajar Siswa di Sekolah Dasar

  • Lili Ramadhanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru, Riau,  Indonesia
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Kota Pekanbaru, Riau,  Indonesia

Abstrak

Kejenuhan diyakini menghambat kemampuan belajar siswa. Ketika seseorang merasa bosan dan kurang semangat dalam mengerjakan tugas belajar maka hal tersebut dapat menimbulkan kondisi baik mental maupun fisik yang disebut dengan kebosanan belajar. Demikian juga di SDN 42 Pekanbaru, ada siswa yang melaporkan merasa lelah secara fisik, mental, dan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana icebreaking dapat membantu siswa kelas IV SDN 42 Pekanbaru mengatasi kebosanan akademiknya. One Group Pretest Posttest Design merupakan metodologi eksperimen yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini. Seluruh peserta kelas IV SDN 42 Pekanbaru dijadikan populasi. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IV D SDN 42 Pekanbaru yang berjumlah 33 orang. Karena populasinya terlalu besar, kelas IV D dijadikan sebagai sampel penelitian yang representatif. Dalam penelitian ini, kuesioner dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Dua tes membentuk instrumen pengujian: satu untuk validitas dan yang lainnya untuk reliabilitas. Uji normalitas dan uji homogenitas merupakan uji persyaratan analisis yang digunakan dengan pendekatan analisis data. Berdasarkan temuan penelitian, korelasi tersebut ditunjukkan dengan uji normalitas yang menguji data dari angket kebosanan belajar siswa. Data pre-test dan post-test menunjukkan nilai signifikan masing-masing sebesar 0,200 dan 0,109 diatas 0,05 yang menunjukkan bahwa data pre-test signifikan. Ha diterima atas keputusannya. Oleh karena itu, hasil uji normalitas data terdistribusi secara teratur. Setelah menerima pengobatan pemecah kebekuan, ditentukan bahwa telah terjadi efek yang patut dicatat. Agar siswa kelas IV SD Negeri 42 Pekanbaru dapat mengatasi kejenuhan belajar melalui Ice Breaking.

Kata Kunci: Ice Breaking, Senam Otak, Kejenuhan Belajar Siswa, Pendidikan Pancasila

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-21
Bagaimana cara mengutip:
Ramadhanti, L., & Ramadan, Z. H. (2024). Pengaruh Ice Breaking Senam Otak terhadap Kejenuhan Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1973-1980. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1363
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 97 times
PDF downloaded: 24 times

Referensi

Alawiyah, R. (2019). Pemanfaatan Ice Breaking Untuk Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Autis (Study Di Autis Center Kota Bengkulu) Program Studi Bimbingan Konseling Islam Institut Agama Islam Negeri Bengkulu Tahun 2019.

Algivari, A., & Mustika, D. (2022). Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. 6(4), 433–439. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.23887/jear.v6i4.53917

Arfahmi, K., & Lubis, Z. (2023). Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Fokus Belajar Siswa SMP Swasta Pusaka. Journal on Education, 05(04), 17431.

Desmidar, D., Ritonga, M., & Halim, S. (2021). Efektivitas ice breaking dalam mengurangi kejenuhan peserta didik mempelajari Bahasa Arab. Humanika, 21(2), 113–128. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.41941

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2020). Pendidikan Karakter Di Persekolahan. 1(2), 71–84.

Erviana, V. E., Setiyoko, D. T., & Toharudin, M. (2023). Analisis Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Peserta Didik di Sekolah Dasar. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), 57–64. https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.529

Febriandari, E. F., Khakiim, U., & Pratama, N. A. E. (2018). Jurnal Ice Breaking terhadap motivasi belajar SD. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 485–494. http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/view/253

Hafizah, A. (2020). Penerapan Ice Breaking Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Sma Negeri 2 Banda Aceh. In Range Management and Agroforestry (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020

Harianja, M. M., & Sapri. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar May Muna Harianja , Sapri 2. 6(1), 1324–1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298

Haryati, F. D., & Puspitaningrum, D. (2023). Implementasi Ice Breaking Sebagai Pematik Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pai. 4(1), 99–106.

Inah Ety Nur. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Al-Ta’dib, 8, 150–166.

Iskandar, A. H. (2017). Penggunaan Konseling Kreatif dalam Bingkai Kognitif Perilaku untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa. International Counseling and Education Seminar, 206.

Kristanto, R., Sudarwanto, S., & Kurniawati, W. (2020). Public Speaking serta Teknik Ice Breaking dan MC Sebagai Upaya Pengajaran yang Menarik. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.734

Kurniasari, W., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 141–148. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891

Made, N., & Astuti, A. (n.d.). Kegiatan senam otak dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia dini. 601–607.

Nanda, V. P., Rahman, N. A., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Implementasi Ice Breaking dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN 64/I Teratai. As-Sabiqun, 4(2), 296–310. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1766

Pratiwi, W. N., & Pratama, Y. G. (2020). Brain Gym Optimizing Concentration on Elementary Students. 9(2), 1524–1532. https://doi.org/10.30994/sjik.v9i2.498

Rahmawati et al. (2020). Penerapan Metode Ice Breaking dalam Melatih Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sd NEGERI 1 Hadiluwih. Journal of Social Empowerment, 05(01), 64–70. https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jse/article/view/295/216

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif: Vol. ISBN 978-602-289-373-8 (Cetakan ke 4). Alfabeta. Bandung

Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sugihan 03. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 73–85. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.333

Zuhariyah, Z., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajarpeserta Didik Kelas Ii Di Sd Negeri Pusakajaya Utara Ikabupaten Karawang. VII, 25–38. https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.571