Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS

  • Safinatunnajah Safinatunnajah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Daerah Khusus Ibukota Jakarta,  Indonesia
  • Supriansyah Supriansyah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Daerah Khusus Ibukota Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Jika suatu bangsa ingin maju dan sejahtera maka pendidikan merupakan suatu keharusan. Karena tingkat pendidikan suatu negara merupakan proksi yang baik untuk pembangunan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana siswa kelas empat dapat memperoleh manfaat dari peningkatan kecerdasan interpersonal mereka melalui penggunaan paradigma pembelajaran teams game tournament. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang  digunakan dalam penelitian ini. Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan refleksi merupakan empat pilar desain intervensi tindakan. Catatan lapangan, dokumentasi, survei, dan observasi merupakan metode pengumpulan data. Alat penelitian untuk kecerdasan interpersonal siswa dan langkah-langkah untuk mengevaluasi aktivitas guru dan siswa termasuk di antara kumpulan data yang dinilai oleh peneliti menggunakan metode analisis data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa meningkat secara substansial dengan penerapan paradigma TGT. Data diperiksa dan dipahami dalam setiap siklus melalui penggunaan grafik dan tabel yang menampilkan keseluruhan hasil dan persentase untuk siklus tersebut. Apabila persentase hasil instrumen lembar observasi guru dan siswa dalam menggunakan model TGT pada pembelajaran IPAS mencapai minimal 80% dan 80% dari jumlah siswa memperoleh skor angket kecerdasan interpersonal 70 atau lebih, maka penelitian dianggap berhasil.  Berdasarkan temuan analisis data, yang menunjukkan peningkatan proporsi kecerdasan interpersonal siswa dan guru serta langkah-langkah pemantauan yang dilakukan, indikator keberhasilan tujuan yang diantisipasi terpenuhi pada siklus 2. Maka dari itu, Siswa kelas IV SDN Tugu Utara 17 Pagi mempunyai banyak ruang untuk mengembangkan kecerdasan interpersonalnya dengan bantuan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Kata Kunci: Teams Games Tournament, Kecerdasan Interpersonal, Mata Pelajaran IPAS

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-29
Bagaimana cara mengutip:
Safinatunnajah, S., & Supriansyah, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1829-1834. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1362
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 342 times
PDF downloaded: 163 times

Referensi

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Project Based Learning Integrated to Stem to Enhance Elementary School’s Students Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261–267. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.5493

Anisa, R. F., & Sari, D. P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Tipe TGT terhadap Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 45–56.

Fauziah, N., & Hakim, A. (2018). Efektivitas Model TGT dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3), 78–89.

Handayani, T., & Wijaya, K. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(4), 98–109.

Hasanah, U., & Ramadhani, T. (2019). Penerapan TGT dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 66–77.

Istiqomah, D., & Haryono, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TGT terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 5(1), 22–33.

Kartika, N., & Putri, A. R. (2017). Studi Efektivitas Pembelajaran TGT dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 45–56.

Marlina, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament dalam Pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 87–95.

Mulyadi, S., & Susanti, R. (2016). Penerapan Pembelajaran TGT untuk Peningkatan Keterampilan Interpersonal Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(3), 78–89.

Rahmawati, N., & Prasetyo, W. (2018). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(4), 109–120.

Saputra, E., & Purnama, A. (2019). Model Pembelajaran TGT sebagai Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(3), 54–65.

Sari, D. A., & Mahardika, B. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Kotak Soal dalam Pembelajaran TGT. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 34–45.

Suhartini, R., & Ismail, M. (2017). Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 56–67.

Sukmawati, A., & Hartono, L. (2016). Penerapan TGT dalam Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–34.

Utami, R., & Arifin, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT terhadap Motivasi dan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 88–99.