MEMBANGUN GENERASI EMAS DENGAN VARIASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Erna Pujiasih SMA Negeri 1 Bantul,  Indonesia

Abstrak

Pendidikan merupakan dasar dari kemajuan pembangunan bangsa. Siswa sebagai generasi emas dipersiapkan untuk masa depan. Guru merupakan kunci utama keberhasilan untuk menghasilkan generasi emas Indonesia tahun 2045 yang bermutu dan berkualitas. Negara menghadapi wabah yang sedang terjadi yaitu pandemi COVID-19. Karena situasi demikian maka pemerintah menerapkan pembelajaran secara online dimana siswa belajar di rumah untuk menghindari terpaparnya COVID-19. Tujuan tulisan ini untuk memberikan inspirasi guru dalam menerapkan model pembelajaran online agar siswa tetap mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Untuk mengaplikasikannya maka diperlukan pembelajaran yang bervariasi agar siswa  bersemangat  dalam belajar. Pembelajaran  online tersebut dapat dilakukan dengan  cara virtual, berkelompok untuk berdiskusi, pemberian materi dalam bentuk video, rekaman,  powerpoint, modul, lembar belajar, permainan dengan game quizizz dan penilaian secara online. Berdasarkan data kuesioner 322 siswa diperoleh kelebihan dan kekurangan pembelajaran online ini dimana siswa yang senang belajar online di rumah  45% dan siswa yang tidak senang 55%. Kelebihan pembelajaran ini siswa lebih efektif dalam belajar, tidak lelah, menyenangkan, pengalaman baru dan kelemahannya adalah koneksi internet yang kurang baik, siswa kurang paham dengan materi, siswa  merasa lelah, siswa tidak bisa berdiskusi  dengan teman. Berdasar dari masalah tersebut maka pembelajaran online yang menarik dan bervariasi akan memberikan manfaat bagi generasi emas dalam belajar.

Kata Kunci: pembelajaran, online, variasi kegiatan, generasi emas, COVID 19

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Pujiasih, E. (2020). MEMBANGUN GENERASI EMAS DENGAN VARIASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Abstrak viewed: 10608 times
PDF downloaded: 10975 times

Referensi

Buckby, M. (1994). Games for Language Learning. Australia: Cambridge University Pres

Darman, R. A. (2017). Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas Vol 3 no

https://mediaindonesia.com/read/detail/259270-seluruh-pegiat-pendidikan-diminta-bersiap-hadapi-era-society-5.0

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Waryanto, N. H. (2006). Online learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Jurnal Matematika Phytagoras Vol 2 No 1 hal 11-23

Wasisto, Agus. (2020) Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Anom Pustaka

Wulandari, M. dan Almenda, T. (2020) Technology for English language Learning. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.