Analisis dan Eksplorasi Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Digital Apresiasi Puisi di Sekolah Dasar

  • Qikha Maulidhia Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Seni Apriliya Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Asep Nuryadin Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi pendidikan untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik serta pentingnya menggunakan media digital pada proses kegiatan pembelajaran sastra lebih mudah dipahami, salah satu pembelajaran sastra yang dikenalkan kepada peserta didik yaitu apresiasi puisi. Proses pembelajaran apresiasi puisi diperlukan media pembelajaran digital guna membantu peserta didik dalam memahami, menghayati dan menilai dari isi puisi pada proses pembelajaran apresiasi puisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan eksplorasi kebutuhan pengembangan media pembelajaran digital apresiasi puisi di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode yaitu metode deskriptif kualitatif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, pedoman wawancara dan analisis konten.  Berdasarkan hasil analisis dan eksplorasi kebutuhan media pembelajaran dari kedua pendidik menunjukkan bahwa, terdapat pendidik yang masih belum menggunakan media pembelajaran digital serta media yang dikhususkan atau difokuskan untuk pembelajaran apresiasi puisi. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengungkapkan hasil belajar dari analisis dan eksplorasi kebutuhan untuk mengembangkan media pembelajaran digital sesuai dengan tahapan apresiasi puisi diantaranya peserta didik dapat memhamai, menghayati, dan menilai isi puisi yang disajikan.

Kata Kunci: apresiasi puisi, media pembelajaran digital, sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-26
Bagaimana cara mengutip:
Maulidhia, Q., Apriliya, S., & Nuryadin, A. (2024). Analisis dan Eksplorasi Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Digital Apresiasi Puisi di Sekolah Dasar . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1811-1816. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1351
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 117 times
PDF downloaded: 92 times

Referensi

Anindya, A., Apriliya, S., Ramadhani, A, P (2024). Model P-IKADKA Sebagai Solusi Mengembangakan Modul Ajar Apresiasi Dongeng di Sekolah Dasar. Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Astuti, L, F., Humaira, M, A. (2022). Analisis Puisi “Puisi Untuk Ibu” Karya Muhammad Ichasan dengan Pendekatan Struktural. Karlimah Tauhid.

Eldiana, V., Suhandi, D., S, Vebrianto S., S. (2022). Implementasi Media Virtual Reality dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA

Febriyani, H., & Hidayati, D. (2023). Urgensi Media Digital Dalam Proses Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling.DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12815

Hani, M., Karlimah, Fitri, I., A (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Materi Pecahan Senilai di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Syntax Idea

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1),101.

Ichsan, I, Z., Dewi, A, K. Hermawati, M, F., (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. IIPVA (Jurnal Pendiidkan IPA Veteran)

Ichsan, M & Adijaya, N.(2020). Pembelajaran Puisi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Jurnal Perseda pada Distro di Kota Surakarta). Duta.com ISSN :2086-936

Irawan, B. (2023). Similarity check Immobilization and Stabilization of Aspergillus Fumigatus α -Amylase by Adsorption on a Chitin

Layalia, F, N., Rosid, A., Amil, A, J. (2020). Pengaruh Media Virtual Reality Berbantuan Google Cardboard Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Assa’adah Bungah Gresik Tahun Ajaran 2019/2020. DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Lindawati, S., Hendri M. (2016) Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif Untuk Analisis Strategi Pengembangan Keparisataan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIKOM), Hotel Lombok Raya Mataram.

Luciandika, A., Widiati, N., Ariani, D. (2021). Pengembangan Gim Rumah Sajak Berekstensi Apk Sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi dalam Jaringan. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5(2), 46-55.

Mu’minah, I, H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.

Nugraha, D. (2023). Pembelajaran Puisi Selaras Abad 21. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama)

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P.R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. PENSA, 3(2), 243–255.

Nusroh, A., Haryati, N, S., Luriawati, D, N. (2013) Peningkatan Apresiasi Unsur Pembacaan Puisi dengan Video Critic Melalaui Media Audiovisual Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Ruhaemi, E. (2018). Apresiasi Puisi Melalui Media Musikalisasi di SLB C Sukapura Kota Bandung. Primaria Educationem Journal

Satinem, M. P., Juwati, M. P. (2023). Apresiasi Puisi: Teori Pendekatan, dan Aplikasi. Deepublish.

Setyorini, N., Adaryati, Bagiya, Jannah, K., N. (2023). Penigkatan Kemampuan Apresiasi Puisi Melalui E-Modul Memahami Puisi Puisi Berbasisi HOTS Terintergrasi Nilai Bela Negara Pada Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo. Lingua rima: jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia

Yunus, Y & Fransisca, M. (2020). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan.