Pemanfaatan Konsep Geometri dan Teori Graf pada Strategi Memenangkan Permainan Tradisional Margala

  • Sorta Corie Ivana Panjaitan SMP Negeri 3 Jorlang Hataran, Simalungun, Sumatera Utara, Indonesia,  Indonesia
  • Hasratuddin Hasratuddin Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia,  Indonesia
  • Bornok Sinaga Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia,  Indonesia

Abstrak

Etnomatika mengintegrasikan budaya lokal dalam pembelajaran matematika. Permainan tradisional menjadi etnomatika, ketika digunakan sebagai sarana pembelajaran Matematika. Di daerah Simalungun dilaksanakan perlombaan permainan tradisional margala. Pada permainan margala terdapat unsur edukasi, melalui permainan margala dapat ditumbuhkan nilai-nilai karakter pemain. Permainan margala dapat dikreasikan untuk meningkatkan pemahaman terhadap mata pelajaran Matematika, terlebih lagi dengan menerapkan matematika saat permainan berlangsung, peluang untuk memenangkan permainan semakin besar. Melalui Penelitian ini dapat dilihat kedekatan matematika pada budaya lokal. Penelitian ini bertujuan menemukan strategi untuk mendapat poin saat menjadi tim penyerang dan menghalangi perolehan poin saat menjadi tim penjaga. untuk memenangkan permainan tradisional margala, dengan memanfaatkan konsep-konsep yang ada pada matematika yaitu Geometri dan Graf. Penelitian dilakukan melalui studi literatur, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi pada pemain dan pelatih tim margala SMP Negeri 3 Jorlang Hataran serta dilanjut dengan menganalisis data. Pemanfaatan konsep geometri pada strategi permaianan tradisional margala, diperoleh dengan memahami konsep luas dan keliling pada bangun segi empat  dikaitkan dengan panjang tangan atau jangkauan pemain, serta posisi pada lapangan dapat menghasilkan strategi yang efektif untuk memenangkan permainan. Selain itu dengan menggunakan teori graf dapat memprediksi pergerakan lawan dan mencari rute yang terpendek serta menghindar dari sentuhan lawan.

Kata Kunci: strategi permainan, permainan tradisional Margala, etnomatika, geometri, graf

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sorta Corie Ivana Panjaitan, SMP Negeri 3 Jorlang Hataran, Simalungun, Sumatera Utara, Indonesia

Sorta Corie Ivana Panjaitan, M. Pd., lahir di Medan, 8 September 1980. Pendidikan SD, SMP dan SMA Penulis Tempuh di Medan, Sumatera Utara. Sedangkan Pendidikan Sarjana diselesaikan pada tahun 2003 di Universitas Negeri Medan pada program studi Pendidikan Matematika dan menyelesaikan pendidikan Magister pada tahun 2014 pada program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Mulai tahun 2003 mengajar Matematika di SMP Negeri 1 Raya Kahean, mutasi ke dua SMP Negeri di Simalungun, hingga saat ini bertugas sebagai guru Matematika yang mendapat tugas tambahan Kepala Sekolah di SMP Negeri 3 Jorlang Hataran. No HP/WA : 081375099955.

Diterbitkan
2024-07-17
Bagaimana cara mengutip:
Panjaitan, S. C. I., Hasratuddin, H., & Sinaga, B. (2024). Pemanfaatan Konsep Geometri dan Teori Graf pada Strategi Memenangkan Permainan Tradisional Margala. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1720-1726. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1331
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 438 times
PDF downloaded: 271 times

Referensi

Arga, E. S., Firmansyah, G. G., Imam, K., & Fauzi, M. (2021). Penerapan algoritma djikstra pada pencarian jalur terpendek. Jurnal Bayesian: Jurnal Ilmiah Statistika dan Ekonometrika, 1(2), 134-142.

Fatmawati, E. (2021). Strategies to grow a proud attitude towards Indonesian cultural diversity. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 810-820.

Fitri, M., Nur, H. A., & Putri, W. (2020). The commemoration of independence day: recalling Indonesian traditional games. Frontiers in Psychology, 11, 587196.

Hasmawat. (2015). Bahan Ajar Teori Graf. Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Univrsitas Hasanuddin.

Imaniyah, A., & Zuroida, R. (2020, May). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Geometri dan Bilangan dalam Permainan Gobak Sodor. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika, 2.

Komarullah, H., Slamin, S., & Wijaya, K. (2024). Pelabelan Koprima Pada Amalgamasi Graf Lengkap dan Graf Berlian. Limits: Journal of Mathematics and Its Applications, 21(1), 1-12.

Lacker, D. et al. (2020). A Case Study on Stochastic Games on Large Graphs in Mean Field and Sparse Regimes. Math. Oper. Res., 47, 1530-1565. https://doi.org/10.1287/moor.2021.1179.

Lacker, D., & Soret, A. (2022). A case study on stochastic games on large graphs in mean field and sparse regimes. Mathematics of Operations Research, 47(2), 1530-1565.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nafi’udin, M. (2017). Mengembalikan kebahagiaan anak melalui promosi permainan tradisional: penelitian tindakan pada anak-anak di komunitas kelurahan ramah perempuan dan anak Candirenggo Singosari Malang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ningtias, S. W., & Soraya, R. (2024). Etnomatematika Pada Permainan Gobak Sodor Sebagai Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Emteka: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 149-156.

Paryanti, R., & Thobirin, A. (2019). Penerapan Teori Graf untuk Mencari Lintasan Tercepat Bus Trans-Jogja. Undergraduate thesis, Universitas Ahmad Dahlan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Qirom, M. S., & Juandi, D. (2023). Learning from Indonesia: A systematic literature review on the implementation of traditional Indonesian games for mathematics education. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 16(2), 136-150.

Sari, D., Dwipurra, P., Rizky, S., & Masrifah, L. (2022). Traditional Games, Use Gadget Pendampingan Permainan Tradisional dalam mengurangi penggunaan Gadget pada Anak Pra Sekolah di PAUD Cahaya Hati Kota Kediri. Journal of Community Engagement in Health, 5(1). https://doi.org/10.30994/jceh.v5i1.339.

Sinaga, Jan D. W. (2022). Buku Pelajaran Bahasa Simalungun, Adugoraha Simalungun, Pelajaran Muatan Lokal Provinsi Sumatera Utara. Medan: Sinarta,

Ul-Haq, W. R. (2023) Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Permainan Tradisional Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa. Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Yudhistira, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Kerjasama melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Pendidikan Jasmani, 7(3), 45-52.