The Needs Analysis for Developing Student Worksheets of Fairytale Appreciation Based on the P-IKADKA Model
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di dalam pembelajaran apresiasi dongeng berbasis Model P-IKADKA. Sesuai dengan tujuan tersebut pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi literatur. Hasil temuan menunjukkan bahwa pembelajaran apresiasi dongeng belum sepenuhnya dilaksanakan secara apresiatif, pembelajaran hanya dilaksanakan sampai pada tahap pemahaman saja, belum sampai tahap menanggapi dan menilai isi dongeng. Selain itu ditemukan bahwa ketersediaan LKPD pembelajaran apresiasi dongeng belum mampu memfasilitasi pembelajaran apresiasi secara komprehensif mencakup semua tahapan, hal ini disebabkan pendidik hanya mengacu pada buku sumber dari Kemendikbud saja. Mengacu pada permasalahan dan kebutuhan yang ditemukan, diperlukannya pengembangan LKPD pembelajaran apresiasi dongeng berbasis model P-IKADKA, model pembelajaran tersebut dipilih karena dinilai tepat untuk pembelajaran apresiasi dongeng. Pengembangan LKPD ini bertujuan untuk memfasilitasi pembelajaran apresiasi dongeng, serta sebagai alat bantu pendidik untuk membimbing peserta didik dalam memahami konsep-konsep melalui kegiatan yang terdapat di dalam LKPD.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Yesi Azzahra, Seni Apriliya, Dwi Alia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.