The Needs Analysis for Developing Student Worksheets of Fairytale Appreciation Based on the P-IKADKA Model

  • Yesi Azzahra Unversitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Jawa Barat,  Indonesia
  • Seni Apriliya Unversitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Jawa Barat,  Indonesia
  • Dwi Alia Unversitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di dalam pembelajaran apresiasi dongeng berbasis Model P-IKADKA. Sesuai dengan tujuan tersebut pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi literatur. Hasil temuan menunjukkan bahwa pembelajaran apresiasi dongeng belum sepenuhnya dilaksanakan secara apresiatif, pembelajaran hanya dilaksanakan sampai pada tahap pemahaman saja, belum sampai tahap menanggapi dan menilai isi dongeng. Selain itu ditemukan bahwa ketersediaan LKPD pembelajaran apresiasi dongeng belum mampu memfasilitasi pembelajaran apresiasi secara komprehensif mencakup semua tahapan, hal ini disebabkan pendidik hanya mengacu pada buku sumber dari Kemendikbud saja. Mengacu pada permasalahan dan kebutuhan yang ditemukan, diperlukannya pengembangan LKPD pembelajaran apresiasi dongeng berbasis model P-IKADKA, model pembelajaran tersebut dipilih karena dinilai tepat untuk pembelajaran apresiasi dongeng. Pengembangan LKPD ini bertujuan untuk memfasilitasi pembelajaran apresiasi dongeng, serta sebagai alat bantu pendidik untuk membimbing peserta didik dalam memahami konsep-konsep melalui kegiatan yang terdapat di dalam LKPD.

Kata Kunci: apresiasi dongeng, LKPD, model P-IKADKA

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-10
Bagaimana cara mengutip:
Azzahra, Y., Apriliya, S., & Alia, D. (2024). The Needs Analysis for Developing Student Worksheets of Fairytale Appreciation Based on the P-IKADKA Model. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1873-1881. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1327
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 61 times
PDF (English) downloaded: 37 times

Referensi

Abidin, Z. (2022). Evaluasi Pembelajaran Apresiasi Sastra Kelas V.C SD Negeri 21 Tarai Bangun, Kampar: Studi Kasus Membaca Puisi. Sirok Bastra, 10(1), 81–90. https://doi.org/10.37671/sb.v10i1.361

Anggraini, D., Ariesta, R., & Trianto, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Sastra Cerita Rakyat Nusantara Berbasis Reader Respons. Diksa : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 126–136. https://doi.org/10.33369 diksav8i2.22850

Apriliya, S. (2021). Model P-IKADKA Berorientasi Literasi Diri: Sebuah Kajian dan Panduan. Tasikmalaya: Penerbit Rakana.

Apriyanti, H. (2023). Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(1), 15–20. https://doi.org/10.31537/ej.v7i1.970

Arimbi, E. P. A., & Sukartiningsih, W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Apresiasi Sastra Melalui Dongeng Cerita Rakyat Siswa Kelas IV SD. JPGSD, 09(10), 3492–3502.

Ayunda, N., Lufri, & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000–5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232

Azizah, A., Nurkanto, J., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2017). Pembelajaran Apresiasi Dongeng Sebagai Upaya Optimalisasi Pendidikan Karakter Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN. In Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 97–102.

Bachtiar, E. S., & Sihes, A. J. (2016). Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i1.1395

Dermawati, N., Suprapta, & Muzakkir. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 74–78.

Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2020). The development of constructivism-based student worksheets. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012011

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2), 94–103.

Fatmawati, Ode, R., & Sukahar, K. (2023). Pengaruh Penggunaan LKS Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Inpres Nemewikarya. 7(1), 168–185.

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah Penggerak. Jurnal Pahlawan, 18(2), 18–22. https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/

Kosasih, (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Magulod, G. C. (2018). Innovative Learning Tasks in Enhancing the Literary Appreciation Skills of Students. Sage Open, 8(4). https://doi.org/10.1177/2158244018820382

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing valid meaning from qualitative data: Toward a shared craft. Educational researcher, 13(5), 20-30.

Mubarok, R., Sholeh, M., & Irayana, I. (2023). Classroom Management Strategy in Implementing the Merdeka Curriculum (Independent Curriculum) in Primary Education Institutions. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 13(2), 189–202. https://doi.org/10.18952/aladzkapgmi.v13i2.11356

Ningrum, D. P., Budiyanto, M., & Susiyawati, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dengan LKPD Berbasis Scaffolding Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains , 9(3), 399–406. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prakasa, M. Y., Mardiyansah, D., & Pratami, F. (2022). Pengembangan LKPD Mengidentifikasi Nilai-nilai dan Isi yang Terkandung dalam Teks Hikayat Berbasis Cerita Rakyat Oku Timur. Seminar Nasional Inovasi Dan Pembaruan Pendidikan 2 (SNIPP 2), 1(1), 205–212.

Purwaningsih, L., Sudibyo, A., & Isnaini, H. (2023). Problematika pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Metonimia: Jurnal Sastra Dan Pendidikan Kesusastraan, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.56854/jspk.v1i2.66

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development, 8(4), 310–319.

Putri, M. P., Mustafiyanti, Muyassaroh, M., Noviani, D., & Dylan, M. (2023). A Form of Independent Curriculum, an Overview of Independent Learning at State Elementary School 05 Gelumbang Muaraenim. Pengabdian: Jurnal Abdimas, 1(2), 82–96. https://doi.org/10.55849/abdimas.v1i2.185

Resmini, N. (2018). Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar Melalui Implementasi Strategi Directed Reading Activity (Dra). Jurnal Elementary, 3(1), 135–155.

Salirawati, D. (2007). Teknik penyusunan modul pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Sudrajat, A. A., Surbakti, A., & Suwarjo. (2017). Pengembangan LKPD Tematik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia untuk Kelas V SD Ahmad. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(7).

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tressyalina, Noveria, E., Arief, E., Wulandari, E., & Ramadani, N. T. (2023). Analisis Kebutuhan E-LKPD Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Teks Eksposisi. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i1.1

Trianto. (2012). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasi dalam KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wahyuni, S., Rahayu, Y. S., & Indana, S. (2020). Development of Problem-Based Learning Student Worksheets to Facilitate Students’ Problem Solving Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2), 162–165. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.427

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. Dwija Cendikia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132–141. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176