Mengidentifikasi Kebutuhan Pengembangan Modul Ajar Apresiasi Puisi di SD

  • Elfa Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Seni Apriliya Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Anggit Merliana Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penggunaan modul ajar oleh beberapa pendidik di kelas IV Sekolah Dasar (SD) pada pembelajaran apresiasi puisi belum menggunakan model pembelajaran yang dikhususkan. Namun, masih menggunakan model pembelajaran secara umum. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan modul ajar, kemudian akan dikembangkan pada pembelajaran apresiasi puisi di kelas IV SD. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu pendidik dan modul ajar bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan bulan Februari-Maret 2024 pada dua SD yang ada di Kota Tasikmalaya. Peneliti pengumpulan data dengan melakukan kegiatan observasi, wawancara, dan analisis konten modul ajar. Analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman melibatkan tiga tahap utama: reduksi data, pennyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komponen pada modul ajar yang digunakan belum sesuai dengan komponen dalam Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 003/H/KR/2022; (2) tidak adanya model pembelajaran yang dikhususkan dalam pembelajaran apresiasi puisi; dan (3) pada pembelajaran apresiasi puisi pendidik belum mengarah pada mengapresiasi isi puisi. Dari hasil penelitian perlu dikembangkan modul ajar apresiasi puisi dengan menggunakan model khusus. Maka dari itu, peneliti menyarankan dalam membuat modul ajar seharusnya memperhatikan komponen-komponen dalam modul ajar, model pembelajaran yang digunakan, materi yang akan dipelajari, dan kebutuhan yang dibutuhkan oleh peserta didik agar pembelajaran sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efesien.

Kata Kunci: apresiasi puisi, model pembelajaran, modul ajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-26
Bagaimana cara mengutip:
Rahmawati, E., Apriliya, S., & Merliana, A. (2024). Mengidentifikasi Kebutuhan Pengembangan Modul Ajar Apresiasi Puisi di SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1824-1828. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1323
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 0 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Al-afandi. (2022). Metode Pembelajaran Sastra Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1).

Anindya, A., Apriliya, S., & Putri, A. R. (2024). Model P-IKADKA sebagai Solusi Mengembangkan Modul Ajar Apresiaasi Dogeng di Sekolah Dasar. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 10 (1), 1-12.

Apriliya, S. (2020). Pengembangan Model P-IKADKA Berbasis Representasi Diri Tokoh Cerita pada Pembelajaran Apresiasi Sastra sebagai Afirmasi Literasi Diri Siswa SD. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesi.

Apriliya. S. (2022). Model P-IKADKA Berorientasi Afirmasi Literasi Diri. Indonesia: Penerbit Rakana.

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Nomor 003/H/KR/2022.

Difinubun, F. A., Makmuri, M., & Aurelia, H. F. (2022). Analisis Kebutuhan Modul Ajar Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK Kelas X. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 853-864.

Fitriani, N. H., & Huda, N. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa Terhadap Materi Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri Banjarmasin. Pahlawan Jurnal Pendidikan Sosial- Budaya, 18(1), 65-69.

Hernawati, I., & Maulana, P. (2020). Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Apresiasi Puisi dengan Menggunakan Model Synectics pada Siswa Kelas VI SD Negeri Cimalaka III Sumedang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 16-27.

Imran, M. C., Syukriady, D., & Erniati, E. (2023). Penguatan Pembelajaran Apresisasi Sastra Melalui Pelatihan Membaca Puisi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 481-485.

Kemdikbudristek. (2021). Kurikulum Merdeka.

Purwaningsih, L., Sudibyo, A., & Isnaini, H. (2023). Problematika pada Pembelajaran Apresiasi Sastra. Metonimia: Jurnal Sastra dan Pendidikan Kesusastraan, 1(2), 69 73.

Putri, Ridayanti & Damariswara (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33-41.

Setyorini, dkk. (2023). Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi Melalui E-Modul Memahami Puisi Berbasis Hots Terintegrasi Nilai Bela Negara pada Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(3), 79-89.

Sinaga, T., Sari. I. P., Nugroho, A. (2021). Modul Analisis Unsur Batin Kumpulan Puisi Berbasis Kearifan Lokal. Kajian Sastra Nusantara Linggau, 1(2), 89-101.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susilastri, D. (2020). Strata Norma Roman Ingarden dalam Apresiasi Puisi. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 4(2), 89-96.

Triana, H., Yanti, P. G., & Hervita, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).

Utomo, L. A., Muslimin, M., & Darsikin, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Borg And Gall Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 1 Marawola. JPFT Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 4(2), 16.

Winata, A. Koestoro, B., & Rusminto, N, E. (2014). Pengembangan Modul Interaktif Materi Apresiasi Puisi dan Prosa untuk Sekolah Menengah Kejuruan. PhD diss., Lampung University.

Yolanda, Y. (2021). Pengembangan Modul Ajar Fisika Termodinamika Berbasis Kontekstual. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(03), 80-95.