Pengaruh Model Problem-based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

  • Detya Eka Nurwanty Putri Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Maulana Maulana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Riana Irawati Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang terjadi di lapangan dapat diatasi dengan memilih model pembelajaran yang tepat sebagai upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Model problem-based learning merupakan model pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model problem-based learning dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecah masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD terakreditasi A di Kecamatan Cimalaka dengan sampel siswa kelas IV SDN Margamukti sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Licin sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes uraian digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil menunjukkan penerapan model problem-based learning berpengaruh secara signifikan. Hasil nilai rata-rata pretest 45 menjadi 82 pada posttest dan nilai rata-rata gain 0,63. Sedangkan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata pretest 52 menjadi 76 pada posttest dengan nilai rata-rata gain 0,46 sehingga model problem-based learning lebih efektif daripada pembelajaran konvensional, terbukti dengan nilai rata-rata gain problem-based learning yang lebih tinggi.

Kata Kunci: Problem-Based Learning, Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Konvensional

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-21
Bagaimana cara mengutip:
Putri, D. E. N., Maulana, M., & Irawati, R. (2024). Pengaruh Model Problem-based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1797-1804. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1307
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 47 times
PDF downloaded: 36 times

Referensi

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning :

Apa dan Bagaimana. 3(1), 27–35.

Andriyanti, B. W., & Prihastari, E. B. (2023). Efektivitas Model PBL Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar. 6(1), 35–45.

Aninda, A. D., Wardani, I. S., & Juniarso, T. (2023). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Problem Based Learning Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2020), 21208–21215.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Fahrudin, F., Ansari, & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.

Kania, N., & Ratnawulan, N. (2022). Kompetensi Matematika : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menurut Polya. 1, 17–26.

Khairani, M., Sukmawati, & Nasrun. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep. 7(1), 458–471. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1885

Khoerunnisa, P. A., & Masyhuril, S. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Maulana. (2018). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. UPI Sumedang Press.

Nurafida, D., Astanto, S., Effendi, I., Tahar, S., & Wirasati, W. (2023). Penurunan Pemahaman Belajar (Learning Loss) Siswa Akibat Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 19(2), 102–109. https://doi.org/10.36451/jisip.v19i2.7

Purnomo, A., Kanusta, M., Fitriyah, & Guntur, M. (2022). Pengantar Model pembelajaran.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.); I). KBM Indonesia.

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2),431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Kahuripan, 2.

Virgin, N. S., Nursyahidah, F., & Huda, C. (2024). Pengaruh Model PBL dengan Mengunakan Jarimatika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Penjumlahan Kelas 1 SD Pandeanlamper 04. 6(2), 159–168.

Wahyuni, S., Isrokatun, & Maulana. (2024). Pengaruh Problem-Based Learning dengan Permainan “ Jelajah Waktu ” terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di SD. 08(01), 29–43. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10580

Wijayanti, N. S., Maulana, M., & Isrok’atun, I. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Pendekatan Comprehensive Mathematics Instruction. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 55. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7610