Peran Orang Tua terhadap Perilaku Kedisiplinan Anak di Kelas 4 Sekolah Dasar SDN Dukuh 04 Pagi

  • Nadia Safitri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Kasriman Kasriman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pengasuhan yang paling efektif dalam membentuk kedisiplinan anak dan menentukan sejauh mana peran orang tua memengaruhi perilaku kedisiplinan anak di sekolah dasar, khususnya di kelas 4 SDN Dukuh 04 Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan populasi sebanyak 97 siswa kelas 4 dan sampel 35 siswa yang dipilih melalui proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku kedisiplinan anak, dengan nilai R Square sebesar 37,2%, menunjukkan bahwa variabel peran orang tua menjelaskan 37,2% variasi perilaku kedisiplinan anak, sementara 62,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku kedisiplinan anak di kelas 4 SDN Dukuh 04 Pagi. Orang tua yang aktif dalam mendukung aturan rumah tangga, memberikan pengarahan positif, serta menyediakan waktu dan perhatian yang cukup, berkontribusi besar terhadap pembentukan kedisiplinan anak. Mengingat pentingnya peran ini, disarankan agar sekolah bekerja sama dengan orang tua untuk memperkuat strategi pengasuhan yang efektif.

Kata Kunci: Kedisiplinan anak, peran orang tua, pengasuhan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-26
Bagaimana cara mengutip:
Safitri, N., & Kasriman, K. (2024). Peran Orang Tua terhadap Perilaku Kedisiplinan Anak di Kelas 4 Sekolah Dasar SDN Dukuh 04 Pagi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1817-1823. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1304
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 30 times
PDF downloaded: 20 times

Referensi

Admelia, M., Farhana, N., Nurmalia, L., & Koyimah, K. (2021). Analisis Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1654. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8555

Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206

Asdiqoh, S. (n.d.). Peran Orang Tua Dalam Pemahaman Etika Sosial Anak.

Desa, D. I., & Jepara, W. (2021). 3) 1,2,3. 2(4), 1271–1280.

Febiola, A., Lusia, R. A., & Jaya, Y. S. (2021). Pengaruh Rata-Rata Lama Sekolah Dan Angka Stunting Terhadap Tingkat Harapan Hidup Pada Kabupaten Bangka Barat. Proceedings of …, 75–79. https://www.journal.ubb.ac.id/index.php/snppm/article/download/3693/1993

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Mi, D. I., Hikmah, A. L., Yunus, A., & Saputra, W. (2024). Pengaruh Tingkatkan Pendidikan Orang Tua. 438–445.

Syahrial Harahap, A., Nofianti, R., Rahayu, N., Nitami, D., Ginting, B., Pembangunan, U., & Budi, P. (2023). Menggali Kearifan Lokal Etnis Banjar: Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak di Desa Kota Rantang Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 961–969. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620