Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Stastistik di Kelas VI Sekolah Dasar

  • Bayu Kurniawan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Yayuk Sumarni Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Siti Fatimah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Sumardi Sumardi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Statistik sebagai materi pelajaran dari pelajaran matematika diajarkan sejak dari sekolah dasar. Statistik berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Peran guru sebagai orang yang mentransfer pengetahuan kepada siswanya harus memperhatikan keragaman yang dimiliki oleh siswanya sehingga mampu menerapkan metode, model, dan strategi yang tepat dalam proses belajar mengajar. Banyak guru yang gagal dalam mengajarkan materi statistik di kelas VI sekolah dasar. Kegagalan ini disebabkan karena guru kurang memperhatikan keberagaman siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi alternatif bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengajarkan pembelajaran materi statistik di kelas VI sekolah dasar. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai bagaimana proses belajar di kelas dan hasil yang diperoleh dengan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada materi statistik di sekolah dasar. Hasil ini bisa dilihat dari nilai rata-rata siswa diawal yaitu 47,95 atau dalam kategori sangat rendah meningkat menjadi rata-rata 74,55 atau dalam kategori sedang.

Kata Kunci: pembelajaran berdiferensiasi, statistik, sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-29
Bagaimana cara mengutip:
Kurniawan, B., Sumarni, Y., Fatimah, S., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Stastistik di Kelas VI Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1835-1841. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1290
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 263 times
PDF downloaded: 164 times

Referensi

Anggraeni, S., Pandra, V., & Purwasih, L. A. (2023). Analisis Soal Cerita Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 6(2), 272-279.

Arisandi, O.R. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 243-262

Asrijanty, A. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan implikasinya pada pembelajaran.

Destari, M. P., Alim, J. A., & hainul Putra, Z. (2024). Analisis Kesulitan Matematika Pokok Bahasan Statistika pada Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 304-311.

Fuadi, D., Widyasari, C., Prayitno, H. J., Pristi, E. D., Syaadah, H., Muliadi, M., ... & Elhawwa, T. (2023). Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi

Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi penggantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148-155.

Hayati, R., Prima, W., Wulandari, S., Yunita, A. P., Mulyati, A., & Azmi, K. (2023). Model Pembelajaran STEAM (Science, Techonology, Engineering, Art, and Math) dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Pembelajaran Berdiferensiasi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2591-2603.

Hidayah, P., & Muchtar, Z. (2022). Pengembangan tes diagnostik berbasis web pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(6), 396-405.

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31-39.

Jati, T. A. S., Sapti, M., & Purwoko, R. Y. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 387-396.

Kusumaningpuri, A. R., Murtiyasa, B., Fuadi, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Analisis kesulitan matematika pokok bahasan statistika pada siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(1), 933-942.

Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi segiempat. Pelita: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 64-79.

Maharjan, R. (2019). Differentiated Instruction (Di) For Engaged Learning In Basic Level Mathematics Teaching (Doctoral dissertation, Kathmandu University).

Martias, L. D. (2021). Statistika deskriptif sebagai kumpulan informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40-59.

Meha, N. M., & Larosa, F. S. (2024, February). Analisis Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di SDN 104193 Tandam Hilir II. In Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa (Vol. 2, No. 1, pp. 295-304).

Nofitasari, F. E., Indiati, I., Suneki, S., & Sijamtini, N. (2023). Analisis Profilling Gaya Belajar Peserta Didik dalam Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas III. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8811-8820.

Nuryati, N., Subadi, T., Muhibbin, A., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2022). Pembelajaran statistik matematika berbantuan website google sites (Quizizz) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2486-2494.

Padmakrisya, M. R., & Rahayu, W. (2024). Systematic Literatur Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 6(2).

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.

Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.

Turmuzi, M., Wahidaturrahmi, W., & Kurniawan, E. (2021). Analysis of Students' Mathematical Communication Ability on Geometry Material. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 50-61.

Yati, Y., Fauziati, E., & Minsih, S. A. (2023). Penerapan Differentiated Instruction Of Content Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar Di Kabupaten Wonosobo (Study Kasus) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran guru dalam pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Fondatia, 4(1), 41-47.

Yunita, E., Rachmawati, F., & Hilaliyah, T. (2023). Meta Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7499-750.

Zulaekhoh, D., Tifany, C., Destari, I. T., & Kurniasih, Y. (2021). Pengembangan alat peraga" COTIK"(Corong Statistik) untuk pembelajaran materi statistik di kelas IV tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 11-21.