PENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM, GOOGLE FORM, DAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Bekti Mulatsih SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul, DIY,  Indonesia

Abstrak

Keberadaan pandemi covid-19 berdampak ke berbagai sektor kehidupan, termasuk penyelenggaraan pelayanan pendidikan. Untuk keberlangsungan proses pendidikan dan dalam rangka berpartisipasi memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, maka pelaksanaan pembelajaran di SMAN 1 Banguntapan disesuaikan dengan kebijakan social distancing. Kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah siswa masing-masing dan dilakukan melalui media daring (online). Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran kimia secara daring, untuk menggambarkan pelaksanaan kegiatan penilaian pengetahuan kimia secara daring, dan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan di kelas XI MIPA SMAN 1 Banguntapan selama pandemi covid-19. Pelaksanaan pembelajaran kimia tersebut terdiri dari tujuh kegiatan daring. Aplikasi google classroom digunakan untuk pengelolaan kelas, diantaranya untuk menyampaikan pengumuman, memberi materi pelajaran, menyampaikan serta mengumpulkan tugas siswa. Penilaian hasil belajar pengetahuan kimia dilakukan dengan menggunakan aplikasi google form dan quizizz. Dari keseluruhan kegiatan daring diperoleh rerata nilai pengetahuan kimia siswa 79,21 dan persentase siswa yang telah melampaui KKM sebesar 77,25%. Kriteria Ketuntasan Minimal pengetahuan kimia yang ditetapkan dari SMAN 1 Banguntapan sebesar 78, dan persentase siswa yang telah melampaui KKM lebih dari 75% sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia secara daring di kelas XI MIPA SMAN 1 Banguntapan terlaksana secara efektif.

Kata Kunci: google classroom, google form, quizizz

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Bekti Mulatsih, SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul, DIY

Guru Kimia, Pendidikan: S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Diterbitkan
2020-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Mulatsih, B. (2020). PENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM, GOOGLE FORM, DAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI MASA PANDEMI COVID-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.129
Abstrak viewed: 4113 times
PDF downloaded: 11932 times

Referensi

Anderson, O.W. & Krathwohl, D.R; (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York: Addision Wesley Longman, Inc.

Aqib, Z. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).Jakarta:Remaja Rosda Karya

Batubara, H. H. Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volume 8, Nomor 1, Juni 2016; ISSN : 2085-0034

E. Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hakim, AB. (2016). Efektifitas Penggunaan E-learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-statement: information system and technology management, 2(1): 2442-8337.

Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Universitas Negeri Semarang

Isjoni. (2010). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Jethro, OO., Grace AM., Thomas AK. (2012). E-learning and Its Effects on Teaching and Learning in a Global Age. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Kusaeri & Suprananta. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan.Yogyakarta: Graha Ilmu

Prihatni, Y., Kumaidi & Mundilarto. (Pengembangan Instrumen Diagnostik Kognitif pada Mata Pelajaran IPA di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, volume 20, No 1, Juni 2016.

Purba, L. S. L. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Pokok Bahasan Koloid. EduMatSains, 1(2), 137-152

Sardiman, A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yamtinah, S., Haryono, & Martini, K.S. (2014). Profil Individu Peserta Didik Pelengkap Tes Teslet sebagai alternatif pendeteksi kesulitan Belajar Kimia. Surakarta: Jurnal Profesi Pendidik ISPI Jawa Tengah Volume 19, No 1.