Missing Concept Image dan Mis-in Concept Image pada Materi Segi Empat Ditinjau dari Gaya Kognitif

  • Agustine Dwi Kurniawati Pamarna Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Dadang Juandi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Al Jupri Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Hubungan antara jenis segi empat adalah salah satu konsep yang harus dikuasai siswa dalam materi segi empat. Akan tetapi, berdasarkan studi literatur, banyak siswa yang masih melakukan kesalahan dalam menentukan hubungan antara jenis segi empat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan missing concept image dan mis-in concept image dalam materi segi empat. Missing concept image terjadi ketika contoh dari suatu konsep dikategorikan sebagai bukan contoh dari konsep tersebut sedangkan mis-in concept image ketika bukan contoh dari suatu konsep dikategorikan sebagai contoh dari konsep tersebut. Faktor yang dapat memengaruhi pembentukan concept image siswa adalah gaya kognitif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi hermeneutik. Subyek penelitian ini adalah dua siswa kelas VII, masing-masing dengan gaya kognitif field-dependent dan field-independent. Penelitian ini menggunakan dua instrumen yaitu instrumen tes GEFT untuk menentukan tipe gaya kognitif siswa dan instrumen tes dengan tipe soal two-tier multiple-choice untuk memahami concept image siswa terhadap hubungan antara jenis segi empat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi missing concept image dan mis-in concept image pada siswa dengan gaya kognitif field-dependent sedangkan pada siswa dengan gaya kognitif field-independent terjadi mis-in concept image. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam merancang pembelajaran yang dapat meminimalisir kesalahan concept image.

Kata Kunci: concept image, missing concept image, mis-in concept image, segiempat, gaya kognitif

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-21
Bagaimana cara mengutip:
Pamarna, A. D. K., Juandi, D., & Jupri, A. (2024). Missing Concept Image dan Mis-in Concept Image pada Materi Segi Empat Ditinjau dari Gaya Kognitif. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1788-1796. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1289
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 59 times
PDF downloaded: 31 times

Referensi

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inguiry Research Design:Choosing Among Five Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Crowley, M. (1987). The van Hiele model of the development of geometric thought. Learning and Teaching Geometry, K-12, 1–16. http://www.csmate.colostate.edu/docs/math/mathactivities/june2007/The van Hiele Model of the Development of Geometric Thought.pdf

Cunningham, R., & Roberts, A. (2010). Reducing the Mismatch of Geometry Concept Definitions and Concept Images Held by Pre-Service Teachers. Issues in the Undergraduate Mathematics Preparation of School Teachers, 1, 1–17.

Hatch, J. A. (2002). Doing Qualitative Research in Education Settings (Amsterdam University Press (ed.)).

Manen, M. van. (1990). Researching Lived Experience: Human Science for an Action Sensitive Pedagogy. The Althouse Press.

Mason, J. (2008). From concept images to pedagogic structure for a mathematical topic. Making the Connection: Research and Teaching in Undergraduate Mathematics Education, 255–274. https://doi.org/10.5948/UPO9780883859759.021

Ngirishi, H., & Bansilal, S. (2019). An exploration of high school learners’ understanding of geometric concepts. Problems of Education in the 21st Century, 77(1), 82–96. https://doi.org/10.33225/PEC/19.77.82

Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Geometri van Hiele. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.

Purnomo, D. J., Asikin, M., & Junaedi, I. (2015). Tingkat Berpikir Kreatif Pada Geometri Siswa Kelas Vii Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dalam Setting Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 109–115.

Rustam, R. (2021). Penguasaan Konsep Geometri Pada Siswa Smp Kota Pontianak Tahun 2020. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 6(1). https://doi.org/10.26418/jpp.v6i1.45787

Sıbıç, O., AKÇAY, B., & ARIK, M. (2022). Review of Two-tier Tests in the Studies: Creating a New Pathway for Development of Two-tier Tests. International Journal of Contemporary Educational Research, 7(2), 81–98. https://doi.org/10.33200/ijcer.747981

Son, A. L., Darhim, & Fatimah, S. (2020). Students ’ Mathematical Problem -Solving Ability Based. 11(2), 209–222.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

T.R., F. (2017). Geometry Concepts in Mathematics Perceived Difficult To Learn By Senior Secondary School Students in Ekiti State, Nigeria. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 83–90. https://doi.org/10.9790/7388-0701018390

Tall, D., & Vinner, S. (1981). Concept image and concept definition in mathematics with particular reference to limits and continuity. Educational Studies in Mathematics, 12(2), 151–169. https://doi.org/10.1007/BF00305619

Tirosh, D., & Tsamir, P. (2021). Missing and Mis-in Concept Images of Parallelograms: the Case of Tal. International Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/s10763-021-10175-0

Usiskin, Z., Griffin, J., Willmore, E., & Witonsky, D. (2007). The Classification of Quadrilaterals: A Study of Definition. Information Age Publishing.

Vinner, S. (1991). The Role of Definitions in the Teaching and Learning of Mathematics. Advanced Mathematical Thinking, June. https://doi.org/10.1007/0-306-47203-1

Weber, K., Porter, M., & Housman, D. (2008). Worked examples and concept example usage in understanding mathematical concepts and proofs. In Making the Connection: Research and Teaching in Undergraduate Mathematics Education (pp. 245–252). https://doi.org/10.5948/UPO9780883859759.020

Witkin, H. A., Oltman, P. K., Raskin, E., & Karp, S. A. (1971). A manual for the embedded figures tests. CA: Consulting Psychologists Press.