Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Pecahan melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Alat Peraga Papan Ajaib

  • Lia Fitriani Trengganis Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • M Maulana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Riana Irawati Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Kurangnya pemahaman konseptual siswa terhadap konten pecahan adalah kekuatan pendorong di balik penelitian ini, yang berupaya mengatasi masalah ini melalui pengajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konseptual siswa. Salah satunya adalah penggunaan alat peraga papan ajaib yang dipadukan dengan pendekatan matematika realistik. Dengan penggunaan prosedur matematika realistik termasuk alat peraga papan ajaib, penelitian ini berupaya untuk memastikan sejauh mana siswa memahami perkalian dan pembagian pecahan, serta memberikan penjelasan atas kemajuan tersebut. Menggunakan jenis penelitian nonequivalent control group dan teknik penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cimalaka III dan SDN Citimun II. Alat penilaian ini mengukur kemampuan subjek dalam menangkap ide-ide abstrak. Rata-rata, keterampilan pemahaman konsep siswa meningkat masing-masing sebesar 72,21% dan 66,76% ketika diajarkan matematika menggunakan metode matematika realistik dibandingkan dengan pendekatan tradisional, menurut penelitian. Pemahaman konseptual siswa kelas V dapat ditingkatkan dengan penggunaan alat bantu pengajaran dan pendekatan pembelajaran matematika realistis. Rata-rata, kelompok eksperimen memiliki N-Gain sebesar 0,5674, sedangkan kelompok kontrol memiliki 0,4184. Hal ini menunjukkan bahwa dibandingkan dengan kelompok kontrol, siswa pada kelompok eksperimen memperoleh 0,149 pengetahuan konseptual lebih besar. Sederhananya, siswa kelompok eksperimen yang diajar konsep matematika menggunakan pendekatan realistik dengan menggunakan papan ajaib memiliki pemahaman materi yang lebih baik dibandingkan kelompok kontrol yang diajar menggunakan pendekatan yang lebih tradisional.

Kata Kunci: pendekatan matematika realistik, kemampuan pemahaman konsep, pecahan, alat peraga papan ajaib

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Lia Fitriani Trengganis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat

Lia Fitriani Trengganis, lahir 22 November 2001 di Sumedang, Jawa Barat. Saat ini menjadi Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Sumedang. Penulis dapat dihubungi melalui email di fitrianlia@upi.edu, telepon 085794920410 atau surat ke alamat Jalan Tanjungkerta, Desa Citimun Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Diterbitkan
2024-07-17
Bagaimana cara mengutip:
Trengganis, L. F., Maulana, M., & Irawati, R. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Pecahan melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Alat Peraga Papan Ajaib. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1727-1734. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1271
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 63 times
PDF downloaded: 28 times

Referensi

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Siswa. May.

Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32

Baharuddin, & Hardianto. (2019). Efektifitas penerapan model pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal Of Primary Education, 2, 22–33. doi:10.30605/cjpe.212019.105

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Gistituati, N., Fitria, Y., Zikri, A., & Dasar, D. P. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathemathics Education Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Matematika SD. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209.

Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V [The Effectiveness of Realistic Mathematics Education (RME) Approach To Improve The Ability of Understanding Mathematics Co. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106–113.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. DEEPUBLISH. https://books.google.co.id/books?id=Zw8REAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Mariam, L., & Kelana, J. B. (2020). Upaya Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian Pada Siswa SD Dengan Menggunakan Metode Hands on Activity. COLLASE (Creative of Learning …, 3(6), 335–341. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5167

Mariam, L., & Kelana, J. B. (2020). Upaya Pemahaman Konsep Matematika Materi Perkalian Pada Siswa SD Dengan Menggunakan Metode Hands on Activity. COLLASE (Creative of Learning …, 3(6), 335–341. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5167

Nasaruddin. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Nurrahmah, A., Hikmah, N., & Kusumawardani, R. (2018). Penerapan Alat Peraga Papan Ajaib Untuk Materi Operasi Hitung Pecahan. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 124. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.970

Patmawati. (2021). Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Dengan Benda-Benda Manipulatif Melalui Pendekatan Realistik Di Kelas Ii Sdn 7 Masbangun. 1.

Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43–50. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452/436