Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas III SDN Kelapa Dua Wetan 02 Ciracas

  • Sarah Yusria Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Kasriman Kasriman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan media audiovisual (video) terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa. Penelitian dilakukan di SDN Kelapa Dua Wetan 02 Ciracas pada semester kedua tahun ajaran 2023/2024. Dengan menggunakan metodologi quasi eksperimen, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Media audiovisual sendiri dijadikan sebagai variabel bebas (x), sedangkan hasil pendidikan kewarganegaraan dijadikan sebagai variabel terikat (y). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 3 yang mencakup kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pendekatan sampel yang dikenal sebagai purposive sampling digunakan. Metode pengumpulan data menggunakan pendekatan tes dan dokumentasi. Lembar tes berfungsi sebagai alat penelitian. Metode analisis data meliputi statistik deskriptif dan inferensial, yang meliputi uji homogenitas, uji hipotesis, dan normalitas. Sig = 0,00 dan t = 5,277 merupakan hasil uji t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (2) kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual (video pembelajaran) berjalan lancar dan (3) penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar PKn.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Audio Visual, PKn

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-15
Bagaimana cara mengutip:
Yusria, S., & Kasriman, K. (2024). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas III SDN Kelapa Dua Wetan 02 Ciracas . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1706-1712. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1258
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 59 times
PDF downloaded: 15 times

Referensi

Ando, S., Sabri, T., & Halidjah, S. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar 01 Hulu Sungai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 1–9.

Budiarti, Y., & Tantri, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v1i1.410

Damitri, D. E. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2), 1–7.

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Realibilitas. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Fadilla, N., Nurlaela, L., Rijanto, T., Ariyanto, S. R., Rahmah, L., & Huda, S. (2021). Effect of problem-based learning on critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012060

Faishol, R., Meliantina, M., Ramiati, E., Putri, E. I. E., & Rahayu, S. M. (2021). Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Siswa Dengan Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Meningkatkan Minat Dan Kreativitas Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 092. https://doi.org/10.29062/abdi_kami.v4i1.519

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750

Gularso, D., & Indrianawati, M. (2022). Kenakalan Siswa Di Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1), 54–63. https://doi.org/10.30738/tc.v6i1.12205

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385

Hidayah, N., Sulastini, R., & Handayani, S. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Program Keunggulan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.35672/afeksi.v3i1.37

Husein, H. (2020). Media Pembelajaran Efektif - Google Books. In Fatawa Publishing.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Di Era Pandemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400

Lestari, N., Akhbar, M. T., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas III. Indonesian Research Journal On Education, 3(1), 468–474. https://doi.org/10.31004/irje.v3i1.137

Miftachul ulum. (2016). B u k u uji validitas dan uji reliabilitas. Buku Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas, 67.

Nasrullah, Sabri, T., & Rosnita. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Negeri Pontianak Kota. Khatulistiwa, 7, 1–10.

Simbolon, J., Haidir, H., & Daulay, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 05 Medan. Kompetensi, 12(2), 116–121. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D – MPKK. ALFABETA.