Pengembangan Media Interaktif Berbasis Educandy Match-Up pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Numerasi Peserta Didik Kelas IV

  • Dyah Ayu Buana Tungga Dewi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta,  Indonesia
  • Nurafni Nurafni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan kelas yang masih dilakukan secara konvensional yang mana guru menggunakan metode ceramah sehingga kondisi kelas kurang aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung yang menyebabkan kurangnya numerasi peserta didik. Dari permasalahan diatas, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis Educandy Match-Up untuk meningkatkan numerasi peserta didik. Keunggulan yang bisa didapatkan dari pengembangan media interaktif ini yaitu menciptakan suasana belajar yang lebih aktif sehingga memotivasi peserta didik untuk semangat dalam belajar khususnya pada mata pelajaran Mat\ematika. Tujuan penelitian ini adalah terdapatnya media interaktif berbasis Educandy Match-Up yang layak dengan kriteria valid dan efektif dalam meningkatkan numerasi untuk peserta didik kelas IV. Penelitian ini menggunakan ADDIE yang merupakan suatu model yang didalamnya mempresentasikan tahapan-tahapan secara sistematis. Sampel penelitian ini sebanyak tujuh puluh satu peserta didik kelas empat dari SDN Ciracas 06 dan SDN Cinangka 05. Kuesioner dan nilai post-test dari kelas kontrol dan eksperimen digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berbasis Educandy Match-Up valid dengan persentase sebesar 90,48% diperoleh dari ahli materi dan 95,83% diperoleh dari ahli media, hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 82,78%, dan hasil post test pada kelas kontrol mendapatkan skor persentase sebesar 75,45% dan pada kelas ekperimen mendapatkan skor persentase sebesar 81,48%. Pengembangan media interaktif berbasis Educandy Match-Up ini dinyatakan valid dan layak digunakan untuk meningkatkan numerasi peserta didik kelas IV pada materi pecahan.

Kata Kunci: Educandy, Pecahan, Media Pembelajaran, Numerasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-21
Bagaimana cara mengutip:
Dewi, D. A. B. T., & Nurafni, N. (2024). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Educandy Match-Up pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Numerasi Peserta Didik Kelas IV. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1753-1759. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1255
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 10 times
PDF downloaded: 2 times

Referensi

Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101.

Kamsurya, R., & Masnia, M. (2021). Desain Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Konteks Permainan Tradisional Dengklaq Untuk Meningkatkan Keterampilan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 67–73. https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2368

Karseno, K. (2023). Pengembangan Media Game Edukasi untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 585–602. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.822

Kholfadina, K., & Mayarni. (2022). Penggunaan Educandy dan Dampaknya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 259–265. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.49503

Kowiyah, Supriansyah, & Sakti, E. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning dan Model Ekspositori. Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era IR 4.0,” 2008, 327–336. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2781

Mahanani, A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan Di Kelas Iii Sd Negeri 2 Wates Improving the Results of Studying Mathemathics of Fraction Materials By Using Fraction Cards Media on 3 Rd Grade of 2 Wates Ele. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 31, 7.

May Sela, H., Oktavia, M., & Ayurachmawati, P. (2023). Pengembangan Media Permainan Monopoli pada Pembelajaran IPS Materi Kebudayaan Indonesia Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 507–519. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1026

Nurafni, N., Miatun, A., & Khusna, H. (2018). Profil Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Siswa Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Field Independent Dan Field. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 175–192. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp175-192

Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. (2020). Pengembangan Game Math Space Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.11445

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA / MA Materi Keanekaragaman Hayati. 1(1).

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039

Yulianti, A. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(1), 527–533. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272