Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis Model Apresiasi pada Pembelajaran Apresiasi Puisi di Sekolah Dasar

  • Ayu Syarifatunnisa Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat,  Indonesia
  • Seni Apriliya Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat,  Indonesia
  • Pidi Mohamad Setiadi Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) jarang sekali digunakan dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran apresiasi puisi. Hal ini diperlukan untuk pengembangan LKPD agar sesuai dengan syarat penyusunan LKPD dan pengintegrasian model apresiasi pada LKPD. Tujuan penelitian untuk memaparkan hasil analisis kebutuhan LKPD berbasis model apresiasi dalam pembelajaran puisi. Pendekatan yang dipilih dalam penelitian adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi pasif, wawancara terstruktur, dan analisi konten dokumen. Penelitian dilakukan di 3 Sekolah Dasar di Kota Tasikmalaya, partisipan diambil dari peserta didik dan guru kelas IV. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa: (1) pembelajaran belum mengarah pada tahap mengapresiasi puisi dimana peserta didik hanya difokuskan pada teori, menulis dan membaca puisi; (2) pembelajaran belum menggunakan model apresiasi sastra; dan (3) hanya 1 dari 3 SD yang menggunakan LKPD dalam pembelajaran apresiasi puisi serta belum mengintegrasikan model apresiasi pada LKPD. Hasil penelitian yang telah dipaparkan akan berdampak pada proses pembelajaran apresiasi puisi menjadi kurang optimal, maka dari itu diperlukan pengembangan LKPD berbasis model apresiasi.  

Kata Kunci: apresiasi puisi, model apresiasi sastra, LKPD

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-21
Bagaimana cara mengutip:
Syarifatunnisa, A., Apriliya, S., & Setiadi, P. M. (2024). Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis Model Apresiasi pada Pembelajaran Apresiasi Puisi di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1774-1779. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1253
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 53 times
PDF downloaded: 41 times

Referensi

Apriliya, S. (2022). Model P-IKADKA Berorientasi Afirmasi Literasi Diri Tasikmalaya: Rakana.

Cicilia & Vebrianto. (2020). Survei Penilaian LKPD untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Siklus Hidup Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). 83-94. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v4i1.617

Dewi, M.P, Neviyarni, & Irdamurni. 2020. Perkembangan Bahasa, Emosi, dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1). http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11

Efliana, R & Azhar, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Laju Reaksi Berbasis Inkuiri terstruktur kelas XI SMA. EduKimia, 1(3), 53-60. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i2.a45

Fitriyah, C.Z. & Wardani, R.P. (2022).Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Daerah Banyuwangi di Sekolah Dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 61-73. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.20396

Irfana, S., Yulianti, D., & Wiyanto. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Mreningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Unnes Physics Education Journal, 8(1), 84-89. https://doi.org/10.15294/upej.v8i1.29517

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Nareswari, Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD berbasis Kontekstual. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 204-213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691

Nursifatullah, Suparman, & Fahlia. 2023. Pengembangan LKPD Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Guidede Inquiry Kelas X SMAN 1 Plampang. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 193-200. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4402

Prabandari, L., Fuadi, D., Sumardi, Minsuh, Prastiwi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD IPA berbasis Eksperiemen Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 694-704

Rosa, D.M., Wildan, Hadisaputra,R., Sofia, B. F. D. (2022). Pengembaangan E-LKPD Larutan asam basa berbasis inkuiti terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Chemistry education practice, 5 (1). https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2928

Satinem & Juwati. (2023). Apresiasi Puisi: Teori, Pendekatan, dan Aplikasi. Yogyakarta: CV Deepublish

Sukmawati,D., Apriliya,S., Mulyadiprana,A. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik Menulis Puisi Berbasis Live Worksheet. Pedadiktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39233

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Solikhatin, E. R. I., Imron, I. F., Permana,E.P. (2023). Analisis Kebutuhan LKPD pada Materi Nilai-Nilai Pancasila untuk Kelas V SDN Tiron 4. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran. 1354-1358.

Wahyuni K.S.P., I.M Candiasa, I.M.C. Wibawa. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbsais Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301-311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476

Wekke,I.S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku.