Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Keaktifan Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV

  • Tri Muthiah Utami Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Rahmiati Rahmiati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Guru memainkan peran penting dalam memfasilitasi pengalaman belajar berkualitas tinggi bagi siswanya dengan mempraktikkan pembelajaran. Dalam hal ini, pendidik mempunyai kewajiban yang sangat besar dalam memberikan ruang diskusi kepada siswa agar lebih memperhatikan perkembangan informasi dengan model Teams Games Tournament (TGT). Tujuan pada penelitian ini yakni guna melihat apakah model pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap pembelajaran IPAS. Eksplorasi ini menggunakan semi trial dengan rencana penggunaan tes setelah perlakuan. Ada dua kelompok sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini: kelompok kontrol yang terdiri dari 22 siswa kelas IV A dan kelompok eksperimen yang berjumlah 21 orang siswa dari kelas IV B. Kuesioner dipergunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan informasi. Metode pearson product moment digunakan untuk uji validitas. Keandalan informasi dinilai menggunakan persamaan Alpha Cronbach. Pada uji normalitas digunakan rumus Liliefors dan didapatkan data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi kelas eksperimen sebesar 0.102, sementara kelas kontrol 0.083. Dengan tingkat signifikansi 0.850 ˃ 0.05, uji homogenitas dengan rumus Fisher menunjukkan bahwasannya data bersumber dari populasi yang sama. Perhitungan uji hipotesis menghasilkan tingkat signifikansi sebesar 0.045. Penelitian menemukan bahwa siswa kelas IV SDN Jatiwaringin II Bekasi lebih aktif dalam pembelajaran mata pelajaran IPAS ketika mempergunakan model pembelajaran TGT.

Kata Kunci: Teams Games Tournament, keaktifan belajar, IPAS

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Tri Muthiah Utami, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, DKI Jakarta

Tri Muthi’ah Utami, lahir di Jakarta pada tanggal 31 Desember 2002. Saat ini sedang menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka dengan jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Penulis dapat dihubungi melalui email: muthi.utami@gmail.com serta no. HP 083808668700.

Diterbitkan
2024-07-05
Bagaimana cara mengutip:
Utami, T. M., & Rahmiati, R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Keaktifan Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1606-1611. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1248
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 55 times
PDF downloaded: 22 times

Referensi

Agung, A., & Yuliawati, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868

Anam, S., Nashihin, H., Taufik, A., Mubarok, Sitompul, H. S., Manik, Y. M., Suparto, Arsid, I., Jumini, S., Nurhab, M. I., Solehudin, Widiyastuti, N. E., & Luturmas, Y. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen dan R&D) (S. Anam, Ed.). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Fitria, A., Nurlaela, E., & Prajabatan, P. (2023). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.

Hairuddin. (2021). Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah (Problem Solving) MAN Samping. Iqtisodina: Jurnal Ekonomi Syariah & Hukum Islam, 4, 126–148.

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA : Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1, 1–13.

Izzah, F.N., Arifah Khofshoh, Y., Sholihah, Z., Nurningtias, Y., Wakhidah, N., Studi Pendidikan IPA, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., Sunan Ampel, U., & Negeri, S. (2022). Analisis Faktor-Faktor Pemicu Turunnya Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Ipa Di Masa Pandemi. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10, 150–154. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Karlina, I., Ayuningtias, P., & Yuka, V. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Materi IPS di SD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas V. 6.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuwan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27–44. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi

Nurfatimah, N., Hamdian Affandi, L., & Syahrul Jiwandono, I. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa kelas Tinggi di SDN 07 Sila pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.130

Putra, R. S., Amalia, R., Soleha, U., Khamida, K., Hartatik, S., Sulistiyani, E., & Khusna, H. (2022). Hubungan Pemenuhan Capaian Pembelajaran, Peran Dosen Terhadap Peningkatan Hardskill dan Softskill Mahasiswa. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(3), 686. https://doi.org/10.29210/020221600

Shodiq, S. F. (2018). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. Al-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2), 216–225.

Sutaryo, J. B. K. P., Dewi, R. P., & Natalia, A. D. (2023). Peningkatan Keaktifan Dan Rasa Ingin Tahu Belajar Siswa Materi Pengukuran Sudut Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IVB SD Kanisius Sengkan. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 3(3), 141–149.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (D. Novidiantoko, A. Rasyadany, & A. Y. Wati, Eds.). Deepublish.