PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH STOCK OPNAME MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

  • Aris Purwantinah SMK Negeri I Bantul,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melakukan langkah-langkah stock opname kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) 3 SMK N I Bantul tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran 3 dan objek penelitian ini adalah kemampuan melakukan langkah-langkah stock opname dengan menggunakan metode demonstrasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Validitas data menggunakan validitas demokratis, validitas proses, dan validitas dialogis. Hasil penelitian menunjukkan metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan langkah-langkah stock opname melalui 2 siklus. Pada siklus I, peserta didik telah meningkat kemampuannya dibuktikan dengan saat sebelum tindakan nilai rata-rata hasil pre test 44,69 dan setelah dilakukan tindakan hasil tes tertulis meningkat nilai rata-rata kelasnya menjadi 80,16, sebanyak 19 anak telah mencapai KKM dan 13 anak belum mencapai KKM, sedangkan berdasarkan hasil nilai praktik sebanyak 16 anak dinyatakan mampu dan 16 anak belum mampu. Pada siklus II, hasil tes tertulis menunjukkan nilai rata-rata kelas 86,09, sebanyak 28 (87,50%) anak telah KKM dan 4 (12,50%) anak belum KKM, sedang pada nilai praktik sebanyak 32 (100%) anak telah mampu.

Kata Kunci: langkah-langkah stock opname, demonstrasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-11-02
Bagaimana cara mengutip:
Purwantinah, A. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN LANGKAH-LANGKAH STOCK OPNAME MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 20 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.124
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 964 times
PDF downloaded: 843 times

Referensi

I Gusti Ayu Dariyati. (2015). E- Journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Pengaruh Pembelajaran Praktik Berbantuan Media Audio Terhadap Kemampuan Motorik dan Motivasi Belajar Siswa SMP di SLB A Negeri Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015, 5, 1-10.

Muhibbin Syah. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pupuh Fathur Rochman. (2007). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Refika Aditama.

Rusman. (2010). Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Reja Grafindo Persada.

Sri Anitah. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyanto dan Asep Djihad. (2013). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Zakiah Daradjat dkk. (2008). Metodik khusus Pengajaran Agama Islam Jakarta:PT Bumi Aksara.