Pengembangan Media Komik Petualangan Wong Banten untuk Kelas IV Sekolah Dasar di Cilegon

  • Mafdurotul Goliah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten,  Indonesia
  • Aan Hendrayana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten,  Indonesia
  • Suroso Mukti Leksono Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten,  Indonesia

Abstrak

Tergerusnya bahasa daerah menjadi salah satu permasalahan yang patut diatasi oleh segala kalangan, baik dari keluarga, lembaga pendidikan, maupun pemerintah. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi tergerusnya bahasa Jawa Cilegon ialah dengan mewajibkan pembelajaran Nalek (Bahasa Jawa Cilegon) di Sekolah Dasar, namun faktanya pelaksanaan pada pembelajaran belum optimal karena kurangnya media pendukung yang dapat digunakan dalam pembelajaran Nalek tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media komik petualangan Wong Banten dalam meningkatkan literasi berbahasa Jawa Cilegon untuk kelas IV Sekolah Dasar di Cilegon. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yakni: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate. Teknik dan cara pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket, adapun analisis data yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini ialah mendapat nilai kelayakan dari ahli materi sebesar 98,64% dengan kategori sangat baik, ahli media sebesar 85% dengan kategori baik, ahli bahasa sebesar 94,28% dengan kategori sangat baik, dan angket respon peserta didik sebesar 79% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, media komik petualangan Wong Banten dapat dikatakan layak untuk digunakan peserta didik pada pembelajaran Nalek kelas IV Sekolah Dasar di Cilegon. Hasil dari pengembangan media komik petualangan Wong Banten ini diharapkan dapat disebarluaskan dan digunakan menjadi media pembelajaran bahasa Jawa Cilegon di Cilegon.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Komik, Berbahasa Jawa Cilegon

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-25
Bagaimana cara mengutip:
Goliah, M., Hendrayana, A., & Leksono, S. M. (2024). Pengembangan Media Komik Petualangan Wong Banten untuk Kelas IV Sekolah Dasar di Cilegon. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1805-1810. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1234
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 239 times
PDF downloaded: 173 times

Referensi

Abbas, P., Djumhana, N., & Saefudin, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Petualangan Hemo Berbasis Saintifik Pada Materi Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 40–49.

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Buku Ajar Metodologi Pendidikan. Aditya Media.

Alfarisi, M. F., Supeno, & Wicaksono, I. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Tata Surya Menggunakan Media Komik Manga Chibi Digital. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 226–235.

Ayu, S., Pinatih, C., Kt, D. B., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. 5(1), 115–121.

Gagne, Robert M. (1977). The Conditions of Learning. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Fauziah, N. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Pelajaran Mulok Bahasa Jawa Cilegon di SDN Cikerut. Jurnal Pendidikan Dasar, 08(01), 5662–5671.

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264

Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.

Siregar, A., & Irmawati Siregar, D. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. JASISFO: Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 114–126.

Siska, F., Sapriya, & Febriani, T. (2021). Local Wisdom-Based Character Building Through Social Science Learning In Elementary Schools. Mamangan Social Science Journal, 10(1), 54–59.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (cetakan ke). ALFABETA.

Suherman, E. (2015). Variasi Penggunaan Bahasa dan Pemertahanan Bahasa Jawa Serang di Cilegon Provinsi Banten. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3).

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (Cetakan Pe). PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. 26(2), 116–123.

W. N., P. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16.

Wakhyudin, H., & Permatasari, R. R. N. (2017). Pengembangan Media Komik Misugi Anaya Pembelajaran IPA kelas III Materi Sumber Energi dan Kegunaannya. Pancasakti Science Education Journal, 2(1), 98–103.

Yulyani, Y., Rosidin, O., & Devi, A. A. K. (2022). Kajian analisis kontrastif : afiksasi verba bahasa jawa cilegon dengan bahasa indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 209–219.