Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN Cinangka 5 Depok

  • Lidya Syahrani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta,  Indonesia
  • Rudy Gunawan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Harus ada inovasi dan kreativitas dari para pendidik dalam merancang pembelajaran, dan salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran. Karena sifat teoretis dari pelajaran IPS, yang mungkin membuat anak-anak sekolah dasar cepat bosan, materi pembelajaran yang menarik dan berkualitas tinggi sangat penting untuk topik ini. Guru dapat memanfaatkan ide dan antusiasme Peserta didiknya untuk belajar melalui penggunaan materi pembelajaran yang menarik. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memfasilitasi pemahaman Peserta didik terhadap materi IPS dan meningkatkan keterlibatan kelas untuk menghasilkan pembelajaran bermakna melalui pembuatan materi pengajaran autentik di Google Sites. Analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi adalah lima langkah yang membentuk metodologi ADDIE yang digunakan dalam penelitian ini. Beranda, Kompetensi Dasar, Absensi, Materi, dan Permainan merupakan menu utama portal pembelajaran Google Sites. Respon Peserta didik terhadap media pembelajaran Google Sites sebesar 94,25%, sedangkan temuan validasi dari ahli media sebesar 92% dengan kategori “sangat valid” dan sebesar 83,33% dari ahli materi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Google Sites merupakan alat pembelajaran IPS kelas lima yang efektif dan mudah digunakan.

Kata Kunci: Google Sites, IPS, Media Pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-21
Bagaimana cara mengutip:
Syahrani, L., & Gunawan, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN Cinangka 5 Depok. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1768-1773. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1230
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 944 times
PDF downloaded: 369 times

Referensi

Ahmad, F., Mustika, D. (2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1056.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hapsari, GPP, & Zulherman, Z. (2021). PengembanganMedia Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta didik. Jurnal Basicedu , 5 (4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Indriani, N. M. P. S., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Materi Bangun Datar Peserta didik Kelas III SD Negeri 1 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 516-520.

Mutiara, M.W., Puspita, B. Y., & Anggraeni, Z., (2020). “Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Listrik Statis,” FKIP E-PROCEEDING 5, no. 1 (51–59).

Nuraini, Z., Dewi, K. N., Indraswati, D (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas 5 (Masalah Khusus), 279–284.

Pristiwanti, D. B. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 4(6), 1707–1715.

Ramadina, G., Komariah & Arifin, M. H. (2023). Pengembangan Multimedia Berbasis Google Sites Pada Materi Kegiatan Ekonomi Terhadap Pemahaman Konsep Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar.

Setiawati, F. (2022). Dampak kebijakan perubahan kurikulum terhadap pembelajaran di sekolah.Niẓāmulilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,7(1), 1-17.

Suhandi, A. M., & Robi'ah, F. (2022). Guru Dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru Dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu,6(4), 5936-5945.

Suryatni, L. (2021). Teknologi Pendidikan Sebagai Pelaksanaan Sistem Informasi Dalam Perkuliahan Online Di Masa Pandemi Covid-19.JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma,8(1), 31-46.