Dinamika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis

  • Bayu Kurniawan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Fitri Puji Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Anik Ghufron Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Kurikulum Merdeka yang diterapkan pemerintah sejak tahun 2022 bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada sekolah untuk melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan potensi dan keunggulan mereka.  Penelitian ini menawarkan kontribusi baru dengan pendekatan sistematis dalam meninjau berbagai studi terkait implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar serta memungkinkan identifikasi praktik terbaik dan strategi yang efektif, yang dapat diterapkan di berbagai konteks. Penelitian ini merupakan sebuah systematic literature review, yang bertujuan untuk meninjau secara komprehensif dan kritis penelitian yang ada terkait implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar di Indonesia. Artikel yang digunakan adalah periode publikasi terbaru 2022-2024. Masalah umum yang sering muncul dalam penerapan Kurikulum Merdeka: (1) Guru belum paham secara menyeluruh mengenai Kurikulum Merdeka; (2) Kurangnya kompetensi guru dalam mengajar, dan; (3) Kurangnya dukungan sarana dan prasaran untuk proses pembelajaran guru. Solusi yang ditawarkan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Guru bisa mengikuti pelatihan atau workshop untuk bisa memahami penerapan Kurikulum Merdeka dan mengembangkan metode, model, dan strategi pembelajaran; (2) Kolaborasi antar guru baik secara personal ke personal atau dalam forum Kelompok Kerja Guru atau melalui organisasi profesi guru; (3) Koordinasi semua stake holder dalam sosialisasi pelaksanaan dan evaluasi Kurikulum Merdeka; (4) Pelibatan guru dalam pengembangan kurikulum, dan; (5) Peran aktif stake holder dan orang tua murid dalam penyediaan sarana dan prasarana.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Dampak, Sekolah Dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-14
Bagaimana cara mengutip:
Kurniawan, B., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Dinamika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1672-1678. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1229
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 0 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Annur, S., Oktarina, W., Divy, E. O., Wachyudianta, B., Lestari, C., Khumaidi, I., ... & Astuti, S. W. (2023). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di Era Digital pada MA Muhajirin Tugumulyo Musi Rawas. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 80-84.

Ariesanti, D., Mudiono, A., & Arifin, S. (2023). Analisis implementasi kurikulum merdeka dan perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 1896-1907.

Ariso, J. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 6 SDN 30 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 43-52.

Arjuni, M., & Aristiati, F. (2024). Kendala-Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. IEMJ: Islamic Education Management Journal, 3(1), 1-9.

Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1075-1090.

Firdaus, R., & Permana, J. (2024). Kelebihan dan Kekurangan Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1891-1904.

Firdaus, Z., & Sutama, S. (2021). Public Relations Sebagai Taktik Politik Kepemimpinan di Dunia Pendidikan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(1).

Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi penggantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148-155.

Hariani, A., Puteri, K. N., & Silaban, H. D. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SNHRP, 5, 686-692.

Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Inayati, U. (2022, August). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 293-304).

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Iramdan, I., & Manurung, L. (2019). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 57–58.

Jannah, F., & Irtifa’Fathuddi, T. (2023). Penerapan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka II UPT SD Negeri 323 Gresik. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 131-143.

Kamalia, P. U., & Andriansyah, E. H. (2021). Independent Learning-Independent Campus (MBKM) in Students’ Perception. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 857-867.

Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi: Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 136-142.

Malau, T. F., Harianja, K. N., Simarmata, Y., & Turnip, H. (2022). Pentingnya Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 186-195.

Mantra, I. B. N., Pramerta, I. G. P. A., Arsana, A. A. P., Puspadewi, K. R., & Wedasuwari, I. A. M. (2022). Persepsi guru terhadap pentingnya pelatihan pengembangan dan pelaksanaan kurikulum merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6313-6318.

Marisa, M. (2021). Curriculum innovation “independent learning” In the era of society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 66-78.

Marlia, A., Rieartika, A. V., Indriani, S., Iklimah, L., Wulandari, T., Karunia, T., & Dewi, A. S. (2024). MENELAAH KENDALA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR: SLR. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KEBUDAYAAN DAN AGAMA, 2(3), 100-106.

Marlina, T. (2022, June). Urgensi dan implikasi pelaksanaan kurikulum merdeka pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi (Vol. 1, No. 1, pp. 67-72).

Maulida, U. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2), 130-138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Meha, N. M., & Larosa, F. S. (2024, February). Analisis Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di SDN 104193 Tandam Hilir II. In Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa (Vol. 2, No. 1, pp. 295-304).

Melianti, E., Handayani, D., Novianti, F., Syahputri, S., & Hasibuan, S. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Yang Ada di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3549-3554.

Monalisa, M., & Irfan, A. (2023). Tantangan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(5), 3228-3233.

Ningsi, A., Sukiman, S., Agustina, A., Hardiyana, M. R., & Nirmala, S. U. (2024). Identifikasi Tantangan dan Strategi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tingkat Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 678-682.

Purwulan, H. (2024). Kajian Permasalahan Bidang Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01), 9-17.

Rosyida, A., Nurjanah, S., Wicaksono, A., Maulana, I., Fathoni, A., & Minsih, M. (2022). Optimalisasi Kebutuhan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Rumiati, R., Ayuni, R. P., Wulandari, R., Saputri, S. D., & Monica, T. (2024). Hambatan dan Tantangan dalam Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Proses Pembelajaran di SDN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 7-7.

Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490-1499.

Sahay, U., & Kaur, G. (2021). A Systematic Review Of The Impact Of Performance Appraisal Systems And Competency Management Framework On The Performance of Employees In The Telecom Sector. PSYCHOLOGY AND EDUCATION, 58(1), 2515-2531.

Sepriani, R., Eldawati, Asnaldi, A., Wahyuri, A. S., & Kibadra. (2020). Pelatihan Implementasi Asesmen pada Kurikulum Merdeka bagi Guru SMAN 3 Purwokerto. Journal Berkarya, 2(1), 49–55.

Shihab, F., Fauzi, A., & Qurtubi, A. (2023). Adaptasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4600-4605.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan pembelajaran IPS berdiferensiasi pada kurikulum merdeka belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66-75.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281-288.

Thoriq, A. (2023, November). Systematic Literature Review: Konseptualisasi Strategi Pengembangan Kurikulum. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (Vol. 2, No. 1).

Warsihna, J., Ramdani, Z., Amri, A., Kembara, M. D., Steviano, I., Anas, Z., & Anggraena, Y. (2023). Tantangan dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang SD: Sebuah Temuan Multi-Perspektif. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 296-311.

Yati, Y., Fauziati, E., & Minsih, S. A. (2023). Penerapan Differentiated Instruction Of Content Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar Di Kabupaten Wonosobo (Study Kasus) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran guru dalam pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Fondatia, 4(1), 41-47.