Learning Loss Dynamics in Grade II Islamic Education Learning at SD Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya
Abstrak
Hilangnya kemampuan peserta didik untuk menerima tranfer ilmu dari guru selama proses pembelajaran disebut dengan learning loss. Fenomena ini dapat menyebabkan hilangnya kemampuan peserta didik pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat learning loss pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Muhammadiyah Pahandut Kota Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber, adapaun teknik pengabsahan data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa terjadi learning loss terdapat peserta didik yang belum lancar mengaji, kesulitan dalam menulis huruf hijaiyah dan sulit memahami materi pembelajaran PAI berkaitan dengan materi Fikih.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Tu’aini Tu'aini, Romelah Romelah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

