Implementasi Supervisi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Administrasi

  • Taufan Taufan Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Kota Lhokseumawe, Aceh,  Indonesia
  • Susi Yusrianti Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Kota Lhokseumawe, Aceh,  Indonesia
  • Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Kota Lhokseumawe, Aceh,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi supervisi manajerial yang dilakukan kepala madrasah untuk meningkatkan kinerja tenaga administrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik survei deskriptif. Adapun sajian data dilakukan menggunakan analisis komparatif. Data hasil penelitian yang dilakukan pada MAS Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe. Hasil penelitian menunjukkan implementasi supervisi manajerial kepala madrasah dapat meningkatkan kinerja tenaga administrasi. Kesuksesan implementasi supervisi manajerial salah satunya adalah kepala madrasah melakukan supervisi digitalisasi berbasis keislaman. Beragam inovasi yang dilakukan kepala madrasah juga menjadi wujud trasformasi sistem implementasi supervisi manajerial dalam meningkatkan kinerja tenaga administrasi. Implementasi dilaksanakan melalui beberapa tahap supervisi manajerial yang dilakukan memiliki komitmen, fungsi direktif, pengawasan administrasi, peningkatan kinerja, memberikan solusi dan refleksi diri. Implikasi kinerja yang dihasilkan melalui penelitian ini adalah kinerja tenaga administrasi fasilitator layanan akademik dan evaluasi pembelajaran, fasilitator pendataan guru dan tendik pada emis, fasilitator pendataan siswa pada emis dan absen kehadiran siswa, fasilitator fasilitas dan inventaris madrasah, fasilitator penganggaran kebutuhan madrasah dan laporan penggunaan dana BOS dan fasilitator kearsipan dan berkas-berkas madrasah.

Kata Kunci: Implementasi supervisi manajerial, Kinerja tenaga administrasi.

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-17
Bagaimana cara mengutip:
Taufan, T., Yusrianti, S., & Prasetyo, M. A. M. (2024). Implementasi Supervisi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Administrasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1957-1964. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1210
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 361 times
PDF downloaded: 133 times

Referensi

Ahmad, Sabaruddin. (2023). Implementasi Supervisi Manajerial Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI Di MIN 4 Aceh Tenggara Era Covid-19. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies 1(1):21–31. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v1i1.3

Alfian et al. (2019). Development of the Supervision Model Based on Clinical Approach to Increase Managerial Competence of School Principal. Universal Journal of Educational Research 7(11):2472–81. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071126

Ayubi, Ujang Yosep et al. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Manazhim 2(2):118–30. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i2.706

Creswell, John W. (2018). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. United State Of America.

Islamiah, Ayu Solehah. (2023). Problematika Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Manajemen Pendidikan Di Sekolah Menengah. Academy of Education Journal 14(2):399–409. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1696

Jamaluddin. (2022). Supervision of School Supervisors Based on Spiritual Approach (An Initial Draft). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 16(4):1482. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1179

Kılıçoglu, Ali. (2018). Qualitative Research for Educational Science Researchers: A Review of An Introduction to Qualitative Research. The Qualitative Report 23(4):949–51. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2018.3352

Koçyiğit, Melike. (2022). Challenges and Ethical Issues in Counseling Supervision from Faculty Supervisors’ Perspective. Participatory Educational Research 9(5):305–29. https://doi.org/10.17275/per.22.116.9.5

Lidyanti et al. (2023). Supervision Of School Administrative Staff Competence To Improve School Administration Quality In Public High Schools. International Journal of Educational Management and Innovation 4(2):127–38. https://doi.org/10.12928/ijemi.v4i2.8069

Maisyaroh et al. (2021). The Implementation of Instructional Supervision in Indonesia and the Philippines, and Its Effect on the Variation of Teacher Learning Models and Materials. edited by K. Tong. Cogent Education 8(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1962232

Rahmawati et al. (2022). Kompetensi Tenaga Tata Usaha Dalam Meningkatkan Kualitas Administrasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP) 2(2):90–102. https://doi.org/10.51454/jpp.v2i2.148

Sari et al. (2018). Pelaksanaan Supervisi Manajerial Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1(2):213–21. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p213.

Marcella D Stark et al. (2017). Reclaiming Instructional Supervision: Using Solution-Focused Strategies to Promote Teacher Development. Journal of Research on Leadership Education 12(3):215–38. https://doi.org/10.1177/1942775116684895.

Susanto et al. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora 1(1):53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60

Ubabuddin. (2020). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Tugas Dan Peran Guru Dalam Mengajar. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(1):102–18. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i1.512

Yussanti. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Supervisi Manajerial Kepala Sekolah PAUD Berbasis Website. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(3):217–30. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p217-230

Zuldesiah, et al. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru-Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5(2):663–71. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.791