PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS XI MIPA 3 SMAN 1 BAMBANGLIPURO

  • Suyanta Suyanta SMA Negeri 1 Bambanglipuro,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Bambanglipuro dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Kimia.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI_MIPA 3 SMAN 1 Bambanglipuro tahun pelajaran 2019/2020. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Kimia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil observasi kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 57,58% dan siklus II sebesar 78,79% dan hasil tes kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 45,45%, siklus II sebesar 87,88%. Kesimpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Bambanglipuro.

Kata Kunci: model pembelajaran problem based learning (PBL), kemampuan berfikir kritis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-05-11
Bagaimana cara mengutip:
Suyanta, S. (2020). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN KIMIA SISWA KELAS XI MIPA 3 SMAN 1 BAMBANGLIPURO . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 109-114. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.119
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 412 times
PDF downloaded: 483 times