Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga terhadap Minat Belajar PJOK Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstrak
Salah satu kendala dalam pembelajaran terutama bagi siswa adalah minimnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi yang dapat menimbulkan rendahnya minat dan peran aktif siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Dengan adanya kendala tersebut maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap minat belajar siswa di mata pelajaran PJOK siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif tepatnya desain kuasi eksperimen menggunakan Posttest Only Control Design). Adapun populasi pada penelitian ini ialah keseluruhan siswa kelas IV SDN Susukan 09 Pagi dengan total 96 siswa. Teknik pengambilan sampelnya dengan teknik purposive sampling, tepatnya di kelas IV-C berperan jadi kelas eksperimen dan kelas IV-B menjadi kelas kontrol. Data penelitian disatukan lewat angket posttest untuk membandingkan perbedaan minat belajar antara kedua kelas penelitian. Analisis data yang dipakai ialah uji hipotesis (uji-t) memakai program IBM SPSS Statistics 25. Perolehan analisis data uji hipotesis (uji-t) sebesar 0,000 yang maknanya nilai sig ≤ 0,05 bisa disebut bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media permainan ular tangga terhadap minat belajar PJOK siswa kelas IV SDN Susukan 09 Pagi.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Hana Fairuz Syifa, Bayu Thomi Rizal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.