Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga terhadap Minat Belajar PJOK Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Hana Fairuz Syifa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Timur, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Bayu Thomi Rizal Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Timur, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Salah satu kendala dalam pembelajaran terutama bagi siswa adalah minimnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi yang dapat menimbulkan rendahnya minat dan peran aktif siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Dengan adanya kendala tersebut maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap minat belajar siswa di mata pelajaran PJOK siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif tepatnya desain kuasi eksperimen menggunakan Posttest Only Control Design). Adapun populasi pada penelitian ini ialah keseluruhan siswa kelas IV SDN Susukan 09 Pagi dengan total 96 siswa. Teknik pengambilan sampelnya dengan teknik purposive sampling, tepatnya di kelas IV-C berperan jadi kelas eksperimen dan kelas IV-B menjadi kelas kontrol. Data penelitian disatukan lewat angket posttest untuk membandingkan perbedaan minat belajar antara kedua kelas penelitian. Analisis data yang dipakai ialah uji hipotesis (uji-t) memakai program IBM SPSS Statistics 25. Perolehan analisis data uji hipotesis (uji-t) sebesar 0,000 yang maknanya nilai sig ≤ 0,05 bisa disebut bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media permainan ular tangga terhadap minat belajar PJOK siswa kelas IV SDN Susukan 09 Pagi.

Kata Kunci: Media Permainan, Ular Tangga, Minat Belajar, PJOK

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-14
Bagaimana cara mengutip:
Syifa, H. F., & Rizal, B. T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga terhadap Minat Belajar PJOK Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1644-1652. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1180
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 0 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Agus Salim, M., Priambodo, A., & Ratna, A. W. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar PJOK Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Etnopedagogi. Journal on Education, 06(01), 5605–5614.

Aji, K., & Rahayu, E. T. (2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Aktivitas Pengembangan Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah WahanaPendidikan, 9(6), 263–269.

Amin, N. F., Sabaruddin Garancang, & Kamaluddin Abunawas. (2023). KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–15.

Bilqisti, Q., Suardi, H., & Diandita, E. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan. 1(2), 37–44.

Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran. UPT UHAMKA Press.

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476.

Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 9(2), 21–29.

Ilham, A., Rival, S., Abdullah, G., & Basalamah, N. (2023). Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Di SDN 2 Telaga Jaya. DIKMAS: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 03(December), 901–914.

Khoridha, A., Pagarra, H., & Sayidiman. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Besar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V. NSJ: Nubin Smart Journal, 1(4), 43–56.

Lestari, I. C. (2021). Penerapan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 79–87.

Lumbantobing, W. L., Silvester, & Dimmera, B. G. (2022). Penerapan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Di Wilayah Perbatasan. Sebatik, 26(2), 666–672. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2170

Marcela, R., Idris, M., & Aryaningrum, K. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. JOTE, 4, 54–61.

Misbahayati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Pjok Siswa Kelas V SD Negeri 43 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 63–71.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.

Nurhayani, N. S., Hidayanti, M., & Nahriyah, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3(1), 49–56.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.

Permana, E. P., & Imron, I. F. (2016). Penerapan Pembelajaran IPS dengan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Kecamatan Prambon Nganjuk. Efektor, 1, 68–69.

Pramana, R. A., J, R. R., & Syafei, M. M. (2021). Survei Minat Belajar Penjas dan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas X di SMK Pamor Cikampek Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.5155262

Rahayu, A. R. D., Febriandi, R., & Egok, A. S. (2022). Pengembangan Media Ular Tangga pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Sungai Jauh. LJSE: Linggau Journal of Elementary School Education, 2(2), 1–14.

Saktiawan, A. R., & Kanca, I. N. (2023). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PJOK Materi Permainan Sepak Bola Melalui Penerepan Metode Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Banyuglugur Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 116–124.

Syahfitri, R., Nasution, S., & Rambe, R. N. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Medan. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(4), 138–153.