Systematic Literature Review (SLR): Implementation of the School Literacy Movement (GLS) Programme on Critical Thinking in Primary School Indonesian Learning Outcomes
Abstrak
Literasi membaca bukan hanya tentang bisa mengeja ataupun membaca, akan tetapi literasi membaca juga merupakaan keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki kemampuan ini, seseorang dapat memahami lalu bisa memperoleh informasi dengan lebih efektif, mengembangkan pengetahuan, serta memahami sudut pandang dan pengalaman orang lain yang dapat memperkaya pemikiran dan memperluas wawasan keilmuan mereka. Penelitian tentang implementasi program GLS ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur review terkait tentang implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sekolah dasar. Dalam penelitian ini, peneliti merujuk pada artikel-artikel atau jurnal-jurnal yang menggunakan kata kunci "Gerakan Literasi Sekolah" di database Google Scholar. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan-tahapan, mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, penyajian-penyajian, dan pembahasan. Artikel ini merupakan hasil analisis berdasarkan literatur mengenai subjek yang yang sedang dibahas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Temuan dari studi SLR yang menganalisis 15 artikel menunjukkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah harus dimulai sejak dini, mulai dari pembiasaan pengembangan, dan implementasi, dan peran orang tua tidak boleh diabaikan dalam dalam pelaksanaan GLS ini.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Gadis Niyanti Pertiwi, Dase Erwin Juansah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

