Systematic Literature Review (SLR): Implementation of the School Literacy Movement (GLS) Programme on Critical Thinking in Primary School Indonesian Learning Outcomes

  • Gadis Niyanti Pertiwi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa,Serang, Banten,  Indonesia
  • Dase Erwin Juansah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa,Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Literasi membaca bukan hanya tentang bisa mengeja ataupun membaca, akan tetapi literasi membaca juga merupakaan keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki kemampuan ini, seseorang dapat memahami lalu bisa memperoleh informasi dengan lebih efektif, mengembangkan pengetahuan, serta memahami sudut pandang dan pengalaman orang lain yang dapat memperkaya pemikiran dan memperluas wawasan keilmuan mereka. Penelitian tentang implementasi program GLS ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur review terkait tentang implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sekolah dasar. Dalam penelitian ini, peneliti merujuk pada artikel-artikel atau jurnal-jurnal yang menggunakan kata kunci "Gerakan Literasi Sekolah" di database Google Scholar. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan-tahapan, mulai dari pengumpulan artikel, reduksi artikel, penyajian-penyajian, dan pembahasan. Artikel ini merupakan hasil analisis berdasarkan literatur mengenai subjek yang yang sedang dibahas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Temuan dari studi SLR yang menganalisis 15 artikel menunjukkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah harus dimulai sejak dini, mulai dari pembiasaan pengembangan, dan implementasi, dan peran orang tua tidak boleh diabaikan dalam dalam pelaksanaan GLS ini.

Kata Kunci: Program, Gerakan Literasi Sekolah, Berpikir Kritis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-08-17
Bagaimana cara mengutip:
Pertiwi, G. N., & Juansah, D. E. (2024). Systematic Literature Review (SLR): Implementation of the School Literacy Movement (GLS) Programme on Critical Thinking in Primary School Indonesian Learning Outcomes. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1948-1956. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1179
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 229 times
PDF (English) downloaded: 137 times

Referensi

Ahmad Syawaluddin, Nurhaedah. 2017. The Impact Of School Literacy Movement (Gsl) On The Literacy Ability Of The Fifth Graders At Sd Negeri Gunung Sari, Rappocini District, Makassar City. International Journal of Elementary Education, Vol.1 (4) pp. 238243. Diakses 27 Maret 2019. (hhtps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/article/view)

Aisah Yoelia. Peningkatan Pemanfaatan Perpustakaan Melalui Reward Pada Program Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Cibinong 05. Volume 2, Nomor 2, April 2022; 265-282 https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/yasin

Arffianto. A. ” Literacy Movement Program in Elementary School: A Study of Central Java, Indonesia”. PROFUNEDU 2022, ASSEHR 711, pp. 335–344,2022. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-71-8_32

Emilia, N. R., & Amir, M. F. (2022). Treffinger Learning to Enhance Statistical Literacy Primary Student. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 522–532.https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.46115

Fadhli Rahmat. ” Implementasi kompetensi pembelajaran sepanjang hayat melalui program literasi di perpustakaan sekolah”. Vol. 9, No. 1 (Juni 2021) 19-38 ISSN 2303-2677. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. http://dx.doi.org/10.24198/jkip.v9i1.27000.

Flaviana Y., M., Ferdinandus B., D., Florentianus D. “Implementasi Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Uptd Sdn Damu”. Volume 7, Nomor 5, Mei 2023.

Heryadi Yadi, Abriani Nurul. ” Budaya Literasi melalui Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Menumbuhkembangkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar” Volume 7 Nomor 6 Tahun 2023 Halaman 3717 –3723. https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Hidayah N., Rahmawati D. “Gerakan Literasi Dalam Menghadapi Ketrampilan Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar”. Vol. 3 Issue (1) 2023. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar. https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.48069

Indriani, F. I., & Holisah, H. (2022). Evaluation of the implementation of the Teaching Campus program in elementary school: A phenomenological approach. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 26(2), 137–159. https://doi.org/10.21831/pep.v26i2.46834

Intansari Yossinta., Utami Dyah Ratnasari. ” Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran dan Program Literasi Sekolah” Jurnal Basicedu Vol 6 No 3 Tahun 2022. Halaman 4987 – 4998. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Khakiki, D. N., & Amir, M. F. (2023). DAPIC Problem-solving Process Towards Elementary Students’ Statistical Literacy. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12(4), 722–731. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v12i4.67310

Khan J. S., Zumrotun., Widiyanto A. “Nalisis Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca Pada Program Kampus Mengajar Di Sdn 2

Pecangaan Wetan” Vol. 16, No. 2, Desember 2023.

Marwati, S., Hayati, N., Jamaludin. U., Dkk, 2023. “Optimalisasi Kemampuan Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah Pra Pembelajaran Di Kelas V Sdn Kuluk Leugeut”. Vol-9 Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. http://dx.doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1022

Mayuni, I., Lustyantie, N., & Imaniah, I. (2020). Essay Rubric. Tangerang

Mirnawati, Faradita Nanda Meizira.” Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Mengikuti Program Literasi: Reading Comprehension Skills Of IV Grade Elementary School Students In Participating In The Literacy Program”. Volume 8 Nomor 2, Juni 2023 (119-127). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/tunas

Nurabdiah S. (2022). Filsafat Pendidikan Suatu Pengantar Dalam Memahami Pendidikan Bagi Calon Guru. Cet. Ke-1. Medan: Umsu Pres.

Pantiwati. (2015). ”Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa”. Bandung:Angkasa. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang.

Pratiwi Y., Nugrahani F., Widhi S. ” KIDSTERATION: Program Literasi Kesehatan Anak Usia Sekolah Dasar Sebagai Upaya Peningkatkan Pengetahuan Kesehatan Di Era Digital ” .2023, Jurnal Abdimas Pamenang – JAP Vol. 1 No. 2

Priasti Nur Silvia., Suyanto. ” Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar”. Vol. 7, No. 2 : Juni 2021 E-ISSN: 2442-7667 pp. 395-407.Jurnal Pendidikan

Puteri Lestari D., L. ” Pengaruh Gerakan Literasi Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar”. Vol. 7 No. 6 (2023): December 2023. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6

Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2021). Examining the Necessity of Reflective Module: Literacy Numeracy Skill of Students Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 597–609. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.534.

Sholikhah Ni’matush Febrianty, Rachman Auliawati Rani.,Tjahjaningrum Dwi. ” Analisis Efektivitas Program Literasi Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu: Pendekatan Evaluasi Berbasis Metode CIPP (Context, Input, Process, Product)” arch 2023 Journal of Documentation and Information Science. http://dx.doi.org/10.33505/jodis.v7i1.226.

Solikha A. U., Markhamah., Rahmawati E. L., & Fauziyati E. ” Habituasi Literasi Baca Tulis Siswa di Sekolah Dasar (Literational Habituation of Students to Read Write in Elementary School)”. 2023, Vol. 8, No. 2, Juli 2023, 245 – 258 https;DOI: 10.24235/ileal.v8i2.11052

Sulistiyarni & Ambar. 2021. Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryati. Faktor-faktor yang memengaruhi kejadian BBLR di Wilayah Kerja Puskesmas Air Dingin. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas. 2013;8(2):72-8.

Syahrianti, , 2022. ‘Hubungan Pengetahuan dan Pengambilan Keputusan Penggunaan Kontrasepsi Intra Uterine Device oleh Pasangan Usia Subur’. Knowledge Relationship and Decision Making of Intra Unterine Device Contraceptive Use. Jurnal Penelitian, 2, 47–53.

Triandini, S. Jayanatha, A Indrawan, dkk. “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia”. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS) Vol. 1, No. 2, Februari 2019.

Wandasari, Yulisa. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP Vol.1 No.1.

Wibayanti, ”Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa‟, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. 2020.

Widya, Mirnawati, Faradita Nanda Meizira.” Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Mengikuti Program Literasi: Reading Comprehension Skills Of IV Grade Elementary School Students In Participating In The Literacy Program”. Volume 8 Nomor 2, Juni 2023 (119-127). JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/tunas

Wirda Anggreini., & Priyojadmiko, E., dkk. 2022"Analisis Program Literasi Sekolah Terhadap Motivasi Dan Minat Peserta Didik Di Smk Kota Makassar" .Vol. 5 No. 1. Jurnal "UNM of Journal Technologycal and Vocational”.

Wulandari D. P. A., Zumrotun E., Widiyono A. “Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 5” Vol. 8 No. 2023, hlm 106-118 https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.51720.

Yuliana, Y., Usodo, B., & Riyadi, R. (2022). The New Way Improve Mathematical Literacy in Elementary School: Ethnomathematics Module with Realistic Mathematics Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 33–44.

Yulianti. (2021). The Implementation of School Literacy Movement in Elementary School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Vol. 173.