Pengembangan Aplikasi Wayang Kuis Edukatif dalam Penguatan Karakter Kebhinekaan Peserta didik SD

  • Raden Ayu Sekar Arum Handayani Khairunnisa Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • J. Julia Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Diah Gusrayani Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian yang dilakukan mengambil metode Research and Development (RnD) dengan menggunakan model  Analyze, Design, Development, Impelementation, Evaluation (ADDIE) untuk mengembangkan sebuah produk. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pemerolehan data dengan menggunakan angket peserta didik, kuisioner validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan System Usability Scale (SUS). Di samping itu, pada tahapan pengembangan untuk mengetahui kelayakan produk aplikasi yang dikembangkan menggunakan standar ISO 9126. Pengujian  terhadap kualitas pengembangan produk diperlukannya pengujian berdasarkan standar ISO 9126 dengan mengambil kriteria suitability, instability, adaptability, dan time behavior guna mengidentifikasi kinerja maupun kualitas produk yang dikembangkan. Pemerolehan data dianalisis dengan cara deskriptif kuantitatif maupun kualitatif.  Hasil skor rerata yang diperoleh termasuk kategori sangat layak dengan skor 90,93%, kelayakan isi materi termasuk kategori sangat layak dengan skor 99,04%, kelayakan bahasa yang digunakan termasuk kategori sangat baik dengan skor 94,28%. Adapun rerata skor yang diperoleh dari respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan dalam uji perorangan sebesar 80,56%, uji kelompok kecil sebesar 99,83%, dan uji kelompok besar sebesar 93,02%. Selain itu, telah pengujian perangkat lunak yang memenuhi standar karakteristik portability pada indikator adaptability maupun installability dengan memperoleh kelayakan sebesar 100%, serta mendapatkan persentase 88,16% dari respon publik terhadap aplikasi Wayang Kuis Edukatif. Dengan begitu, pengembangan Aplikasi Wayang Kuis Edukatif layak digunakan dalam penguatan karakter kebhinekaan peserta didik SD.

Kata Kunci: aplikasi android, karakter kebhinekaan, peserta didik, standar ISO 9126

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-24
Bagaimana cara mengutip:
Khairunnisa, R. A. S. A. H., Julia, J., & Gusrayani, D. (2024). Pengembangan Aplikasi Wayang Kuis Edukatif dalam Penguatan Karakter Kebhinekaan Peserta didik SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1468-1477. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1167
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 20 times
PDF downloaded: 19 times

Referensi

Amelia, R. R., Nugraha, R. G., & Syahid, A. A. (2024). Pengembangan E-book “Kawan” dalam Pembiasaan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1154–1160. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1060

Belinda, L. N., & Halimah, L. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 8–17. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v10i1.7201

Cattien, J., & Stopford, R. J. (2023). The appropriating subject: Cultural appreciation, property and entitlement. Philosophy and Social Criticism, 49(9), 1061–1078. https://doi.org/10.1177/01914537211059515

Dako, R. D. R., & Ridwan, W. (2021). Pengujian Karakteristik Functional Suitability dan Performance Efficiency tesadaptif.net. Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, 3(2), 66–71. https://doi.org/https://doi.org/10.37905/jjeee.v3i2.10787

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The systematic design of instruction 7thEd. Pearson Education.

Eko, P. S., Eko, H., Munandar, M. A., & Rachman, M. (2020). Local wisdom: Pillar development of multicultural nations and national education values. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(6), 1587–1598. https://doi.org/10.18844/CJES.V15I6.5319

Fadhli, R., Suharyadi, A., Firdaus, F. M., & Bustari, M. (2023). Developing a digital learning environment team-based project to support online learning in Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(3), 1599–1608. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24040

Fitriani, N. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pentingnya Pembelajaran Pkn dalam Membentuk Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9098–9102.

Gusrayani, D., Tatang, D., Handayani, S., Suherdi, D., & Sukyadi, D. (2019). Online scaffolding dictionary for children. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012038

Julia, J., Iswara, P. D., Gunara, S., Yildiz, Y. M., & Agustian, E. (2020). Developing Elementary School Teacher Competence in Making Music Learning Media Using Scratch Application: An Action Research. Mimbar Sekolah Dasar, 7(3), 362–385. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i3.29100

Karimah, A. F., Julia, J., Iswara, P. D., Ismail, A., Gusrayani, D., & Isrokatun, I. (2024). Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar Terhadap Perundungan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 416–424. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.841

Mahmudi, M., & Prehanto, D. R. (2022). Pengujian Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Menggunakan Standart ISO/IEC9126. In Journal of Informatics and Computer Science (Vol. 03). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jinacs.v3n03.p315-321

Maulita, P. P., Harianti, P., Andriani, R., & Marini, A. (2022). Membangun Karakter Siswa melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21. In JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4195

Megasari, D., & Durbin Hutagalung, D. (2023). Masyarakat Pengenalan Digital Marketing Kepada Santri Pesantren Tahfidz Quran As-Sholah Gunung Sindur Bogor. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(5), 437–442. https://survei.apjii.or.id/,

Okpatrioka, O. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Journal Visipena, 14(1), 14–28. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2035

Salim, A., & Aprison, W. (2024). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 22–30. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.213

Sari, N., Mirizon, S., & Inderawati, R. (2021). Developing Learning Media of Recount Texts for Vocational High School Students. English Review: Journal of English Education, 9(2), 263–276.

Silvia, E. D. E., & Tirtoni, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata. Journal Visipena, 13(2), 130–144. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/visipena.v13i2.2230

Sopian, S. B. P., Isrokatun, I., & Ismail, A. (2023). Development of Android-Based PETA (Penjelajahan Matematika) Learning Media on Speed Learning Materials at a Fifth-Grade Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 277–292. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v12i2.9650

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama