Pengembangan Video Pembelajaran Multimedia menggunakan Canva pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 SDN Sukamaju

  • Dechika Nuhasetia Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang Selatan, Jawa Barat,  Indonesia
  • Rana Gustian Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang Selatan, Jawa Barat,  Indonesia
  • Enjang Yusup Ali Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang Selatan, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian dilakukan berdasarkan temuan di lapangan bahwa belum sepenuhnya guru menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat menjadi tantangan untuk pembelajaran di abad 21 sekarang, karena harus melibatkan bantuan teknologi di bidang pendidikan. Kurangnya pemanfaatan media membuat siswa menjadi mudah bosan, tidak semangat dan sulit untuk memahami materi. Salah satu media pembelajaran yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman yaitu dengan penggunaan media video pembelajaran multimedia. Penggunaan Canva bisa mengatasi kesulitan di abad 21. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran dan mendeskripsikan kelayakan pengembangan video pembelajaran multimedia menggunakan canva pada materi keberagaman budaya di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Model desain penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Model penelitian ADDIE adalah model yang melibatkan prosedur dengan lima langkah yang diantaranya meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapatkan kualifikasi kelayakan "sangat baik". Hasil media yang divalidasi oleh ahli media dalam kualifikasi "sangat baik" dan Hasil bahasa yang divalidasi oleh ahli bahasa dalam kualifikasi "sangat baik"serta layak untuk digunakan di kelas IV SDN Sukamaju. Hasil tanggapan siswa dari uji produk kelompok individu, uji coba produk kelompok kecil dan uji produk kelompok besar yaitu mendapatkan kelayakan "sangat baik".

Kata Kunci: Pengembangan, video pembelajaran, canva, ADDIE, keberagaman budaya

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-28
Bagaimana cara mengutip:
Hidayat, D. N., Nugraha, R. G., & Ali, E. Y. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Multimedia menggunakan Canva pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 SDN Sukamaju. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1511-1518. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1163
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 6 times
PDF downloaded: 4 times

Referensi

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Malang: Cv Literasi Nusantara.

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis penggunaan video sebagai media pembelajaran terpadu terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 19–26.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Mulyatiningsih, E. (2015). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Uny Press.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan)(A. Nuryanto. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sunarti, S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Muba. Jurnal Perspektif, 15(1), 96–105.

Waryanto, N. H. (2005). Storyboard dalam media pembelajaran interaktif. Jakarta: Gramedia Indonesia.

Winarni, E. W. (2021). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.