PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGELOLA KELAS MELALUI TEKNIK PEMODELAN

  • Siti Muhaiminah SD Muhammadiyah Wonokromo II Pleret, Bantul,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknik pemodelan dalam meningkatkan pengelolaan kelas dan meningkatan kemampuan guru dalam mengelola kelas melalui teknik pemodelan di SD Muhammadiyah wonokromo II. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan menggunakan model dari Elliot. Penelitian diadakan di SD Muhammadiyah Wonokromo II Pleret Bantul pada tahun pelajaran 2017/2018 semester 2. Subjek penelitian adalah guru kelas 1, 2, 3, 4, dan guru Pendidikan Agama Islam. Obyek penelitian adalah kompetensi pengelolaan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi serta dianalisi secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik pemodelan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola kelas. Kompetensi guru bidang pengelolaan kelas sebelum ada tindakan sebesar 72% setelah ada tindakan pada siklus I mencapai 76% sehingga mengalami peningkatan sebesar 4%. Setelah ada tindakan pada siklus II kompetensi guru bidang pengelolaan kelas mencapai 87% sehingga mengalami peningkatan 12%.

Kata Kunci: teknik pemodelan, pengelolaan kelas

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-05-11
Bagaimana cara mengutip:
Muhaiminah, S. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGELOLA KELAS MELALUI TEKNIK PEMODELAN. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 84-91. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.116
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 279 times
PDF downloaded: 480 times