Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Hasil Penggunaan Tanda Baca Titik dan Koma pada Teks Narasi Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar

  • Elvinda Putri Syafa'ah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Nanang Khoirul Umam Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Keterampilan menulis merupakan suatu kemampuan yang penting bagi siswa karena memungkinkan mereka untuk menyampaikan ide atau pesan melalui tulisan. Tata bahasa dalam penulisan diatur oleh Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Namun, dalam praktiknya, banyak siswa yang masih kurang memahami aturan tersebut. Akibatnya, kesalahan penulisan sering terjadi, terutama dalam hal penggunaan tanda baca koma dan titik. Itulah sebabnya penelitian ini meneliti apakah aplikasi wordwall mempengaruhi keterampilan tanda baca titik dan koma siswa pada penulisan teks narasi. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023-2024 di SDN 242 Bungah Gresik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi-eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 242 Bungah yang berjumlah 32 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Sedangkan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan aplikasi wordwall. Hasil penelitian  menggunakan uji Man-Whitney dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < α (0,05), menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kata Kunci: wordwall, teks narasi, tanda baca, titik dan koma

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-24
Bagaimana cara mengutip:
Syafa’ah, E. P., & Umam, N. K. (2024). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Hasil Penggunaan Tanda Baca Titik dan Koma pada Teks Narasi Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1484-1490. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1154
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 32 times
PDF downloaded: 11 times

Referensi

Andini, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media. Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bahrum, E. A., Zain, S., Ecca, s., & Kasman, N. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca. Cakrawala Indonesia,.

Dewi, L., Tripalupi, L. E., & Artana, M. (2013). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Lab Singaraja . Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Rizki, M., & Sutrisna, D. (2021). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Pada Koran Radar. Seminar Nasional Pendidikan.

Rohmatunnisa, A. (2022). Pengaruh Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Menyimak Teks Biografi Di Smas Triguna Utama. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rukminingsi, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. Jurnal Selaparang.

Sugiarto, E. (2013). Master EYD Edisi Baru. Yogyakarta: Suaka Media.

Tantikasari, B. S., Mudzanatun, & Kiswoyo. (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Dinamika Pendidikan.

Zees, A., Dotutinggi, M., & Rahmat, A. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Siswa Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian.