Hubungan Sikap, Motivasi, dan Prestasi Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Makassar

  • Asmawati Asmawati Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan agar memahami hubungan sikap berbahasa, motivasi belajar, serta prestasi Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 15 Makassar. Populasi penelitian ini berjumlah 290 orang siswa jurusan MIPA serta sampelnya ditentukan yakni 75 orang. Instrumen penelitian berupa kuesioner sudah diuji validitas serta reliabilitasnya. Jenis penelitian ini yakni ex post facto dengan memakai pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data dipakai yakni analisis regresi linier. Hasil penelitian menyatakan jika prestasi belajar bahasa Indonesia pada kategori tuntas sebanyak 30 siswa (40%) dan kategori yang belum tuntas sebanyak 45 siswa (60%), sikap berbahasa terdapat kategori sangat baik sebesar 20 (26,667%), kategori baik sebesar 9 (12%), kategori kurang sebesar 40 (53,333%), dan kategori sangat kurang sebesar 6 (8%) sehingga adanya pengaruh positif serta signifikan antara sikap berbahasa serta motivasi belajar bahasa pada prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 15 Makassar. Hal ini berarti semakin positif sikap berbahasa dan motivasi belajar bahasa siswa, sehingga semakin tinggi prestasi belajar bahasa Indonesianya. Kesimpulan penelitian ini yakni variabel motivasi belajar bahasa Indonesia termasuk kategori rendah sebesar 48%. Sehingga penelitian ini menunjukkan sikap berbahasa serta motivasi belajar bahasa merupakan faktor penting dimana bisa mengembangkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini mempunyai prospek dilakukan penelitian lebih lanjut memakai metode penelitian berbeda. Selain itu, penelitian ini juga bisa dilakukan pada jenjang pendidikan berbeda ataupun mata pelajaran lainnya.

Kata Kunci: sikap berbahasa, prestasi belajar, motivasi belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-24
Bagaimana cara mengutip:
Asmawati, A. (2024). Hubungan Sikap, Motivasi, dan Prestasi Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Makassar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1478-1483. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1148
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 14 times
PDF downloaded: 10 times

Referensi

Abbas, S. (2006). Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dewantara, K.H. (1961). Karja Ki Hajar Dewantara. Jogjakarta: Madjelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Fatoni, A. (2019). Peran motivasi belajar bahasa Arab terhadap aktivitas pembelajaran: Studi kasus mahasiswa PBA Universitas Muhammadiyah Malang. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 18(2), 183-202.

Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran bahasa indonesia untuk sd. Bekasi: Media Maxima.

Lestari, I., & Siswanto, B. T. (2015). Pengaruh pengalaman prakerin, hasil belajar produktif dan dukungan sosial terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 5(2), 183-194.

Mansyur, U. (2019). Sikap Bahasa Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Geram, 7(2), 71-77.

Mustari, M. (2022). Administrasi dan manajemen pendidikan sekolah. Bandung: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Purwanto. 2007. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.

Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. Jumant, 9(1), 41-52.