Evaluation of Chatbot AI Application in Accounting Learning in High Schools: Challenges and Impacts
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi AI chatbot sebagai alat bantu pembelajaran dalam mata pelajaran akuntansi di SMK Batik 1 Surakarta. Dengan latar belakang kebutuhan untuk inovasi pembelajaran yang dapat memenuhi ekspektasi generasi digital dan meningkatkan efektivitas pembelajaran, penelitian ini mengkaji potensi dan tantangan penerapan AI chatbot. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data dari siswa, guru, dan pengelola sekolah untuk memahami persepsi, efektivitas, dan hambatan dalam penggunaan AI chatbot dalam pembelajaran akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI chatbot dapat meningkatkan interaksi pembelajaran, memberikan umpan balik secara real-time, dan menyesuaikan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan pemahaman konteks spesifik oleh AI, kebutuhan akan interaksi personal, serta isu keamanan dan privasi data menjadi perhatian yang harus ditangani. Penelitian ini juga menemukan bahwa pelatihan dan adaptasi bagi guru merupakan aspek penting untuk integrasi teknologi ini dalam proses pembelajaran.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Ratri Ratna Sari, Suyatmini Suyatmini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.