Evaluation of Chatbot AI Application in Accounting Learning in High Schools: Challenges and Impacts

  • Ratri Ratna Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Suyatmini Suyatmini Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi AI chatbot sebagai alat bantu pembelajaran dalam mata pelajaran akuntansi di SMK Batik 1 Surakarta. Dengan latar belakang kebutuhan untuk inovasi pembelajaran yang dapat memenuhi ekspektasi generasi digital dan meningkatkan efektivitas pembelajaran, penelitian ini mengkaji potensi dan tantangan penerapan AI chatbot. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data dari siswa, guru, dan pengelola sekolah untuk memahami persepsi, efektivitas, dan hambatan dalam penggunaan AI chatbot dalam pembelajaran akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI chatbot dapat meningkatkan interaksi pembelajaran, memberikan umpan balik secara real-time, dan menyesuaikan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan pemahaman konteks spesifik oleh AI, kebutuhan akan interaksi personal, serta isu keamanan dan privasi data menjadi perhatian yang harus ditangani. Penelitian ini juga menemukan bahwa pelatihan dan adaptasi bagi guru merupakan aspek penting untuk integrasi teknologi ini dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Evaluasi, AI Chatbot, Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Sari, R. R., & Suyatmini, S. (2024). Evaluation of Chatbot AI Application in Accounting Learning in High Schools: Challenges and Impacts. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1440-1445. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1139
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 85 times
PDF (English) downloaded: 15 times

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.

Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. 2(12), 3181–3187.

Ali, N., Hayati, M., Faiza, R., & Khaerah, A. (2023). Artificial Intelligence (AI) dalam Pendidikan Islam: Trends, Persepsi, dan Potensi Pelanggaran Akademik di Kalangan Mahasiswa. INJIRE: Indonsian Journal of Islamic Religious Education, 1(1), 51–66. https://injire.org/index.php/journal/article/view/18

Andika Isma, Rosidah, R., Sigit Sahalik Rahman, Nasrullah, N., Arif Setiawan Syam, & Novita Sari. (2023). Analisis Penggunaan Chatbot Berbasis AI pada Model Hybrid di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Journal of Vocational, Informatics and Computer Education, 1(2), 79–92. https://doi.org/10.61220/voice.v1i2.20239

Annafi Franz, Eny Maria, Suswanto, Yulianto, Budi Rachmadani, Eko Junirianto, Asep Nurhuda, Ida Maratul Khamidah, Suci Ramadhani, Muslimin, Husmul Beze, Reza Andrea, Syafei Karim, Emil Riza Putra, Fajar Ramadhani, Bagus Satria, & Imron. (2023). Pelatihan Penerapan Artificial Intelligence (AI) untuk Menunjang Aktifitas Pembelajaran pada Sekolah Dasar Daarul Hijrah Al_Amin Samarind. JLP : Jurnal Lentera Pengabdian, Volume 01(04), 1–9.

Ardiansyah, A. (2023). Pendampingan Perancangan Chatbot Sebagai Media Interaktif Dalam Menghadapi Tantangan Era Digitalisasi. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 2(1), 44–55. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v2i1.18078

Brandtzaeg, P. B., Skjuve, M., Dysthe, K. K., & Folstad, A. (2021). When the social becomes non-human: Young people’s perception of social support in chatbots. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings. https://doi.org/10.1145/3411764.3445318

Dirko G. S. Ruindungan, A. J. (2021). Chatbot Development for an InteractiveAcademic Information Services using the RasaOpen Source Framework. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 10(p-ISSN : 2301-8402, e-ISSN : 2685-368X ,available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom), 61–68.

Erstad, O., & Voogt, J. (2013). Chapter 1 : Curriculum in the 21 st Century : Issues and challenges. 1–22.

Gultom, F. (2024). Perancangan Web Dengan Chat GPT Untuk Meningkatkan Kualitas Akademik ( Studi Kasus : Universitas Efarina ). 4, 5589–5600.

Qotrunnida, N., Supriatna, E., & Naufal Arzaqi, R. (2023). Penggunaan Chatbot Mela terhadap Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Indonesia Anak di RA Darul Mu’minin. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 448–459. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.241

Rahman, A., & Eitedal, M. S. R. (2020). The Impact of Using Artificial Intelligence on the Accounting and Auditing Profession in Light of the Corona Pandemic. 6(9), 2018–2021.

Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di era society 5.0; pembelajaran, tantangan, peluang, akses, dan keterampilan teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif, 01(02), 18–28.

Sarosa, M., Wijaya, M. H., Tolle, H., & Rakhmania, A. E. (2022). Implementation of Chatbot in Online Classes using Google Classroom. International Journal of Computing, 21(1), 42–51. https://doi.org/10.47839/ijc.21.1.2516

Skjuve, M., Følstad, A., Fostervold, K. I., & Brandtzaeg, P. B. (2021). My Chatbot Companion - a Study of Human-Chatbot Relationships. International Journal of Human Computer Studies, 149(January). https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2021.102601

Yusriadi, Y., Rusnaedi, Siregar, N. A., Megawati, S., & Sakkir, G. (2023). Implementation of artificial intelligence in Indonesia. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 283–294. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.10.005