Manajemen Program Komunitas Belajar Sekolah untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru

  • Joko Arifin Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam UIN SAIZU Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Muh Hanif UIN SAIZU Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Rendahnya kompetensi pedagogik guru menjadi dasar penelitian ini. Upaya peningkatannya menggunakan program komunitas belajar sekolah. Tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan manajemen program komunitas belajar sekolah, (2) mengetahui hubungan dan pengaruh program komunitas belajar sekolah terhadap kompetensi pedagogik,  (3) mengetahui besar peningkatan kompetensi pedagogik, dan (4) mendeskripsikan kategori pencapaian komunitas belajar sekolah dan kompetensi pedagogik. Penelitian dilaksanakan tanggal 20 sampai 27 April 2024 di  SMP Negeri 2 Pengadegan. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data: angket, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Data kualitataif dianalisis dengan Model Miles dan Huberman. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji: normalitas, homogenitas, korelasi product moment dan regresi linear. Simpulan penelitian: (1) program komunitas belajar telah dikelola dengan baik melalui kegiatan a) perencanaan: pembentukan tim, penetapan tujuan, pembuatan komitmen, dan sosialisasi, b) pengorganisasian: menerbitkan surat keputusan, c) pelaksanaan: penyampaian materi dan aksi nyata PMM, dan d) pengawasan: angket, google form, dan refleksi langsung, (2) terdapat hubungan yang kuat dan pengaruh signifikan antara komunitas belajar sekolah dengan kompetensi pedagogik, dengan nilai koefisien korelasi 0,7274 dan koefesien determinasi 52,92%, (3) kompetensi pedagogik guru meningkat dari 69,69 menjadi 88,22 , dan (4) Pencapaian komunitas belajar sekolah berkategori rendah sampai sangat tinggi, sedangkan kompetensi pedagogik berkategori rendah sampai tinggi.

Kata Kunci: Manajemen program komunitas belajar, komunitas belajar sekolah, kompetensi pedagogik guru

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Arifin, J., & Hanif , M. (2024). Manajemen Program Komunitas Belajar Sekolah untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1421-1432. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1112
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 125 times
PDF downloaded: 59 times

Referensi

Affandi, L. H., Saputra, H. H., Husniati, H., & Ermiana, I. (2020). Workshop Penyusunan Rencana Pengembangan Komunitas Belajar Profesional Guru DI SDN 10 Mataram Dan SDN 30 Mataram. Jurnal Warta Desa (JWD), 1(3). https://doi.org/10.29303/jwd.v1i3.75

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1). https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1229

Fatimah, S., Manuardi, A. R., & Meilani, R. (2021). Tingkat Efikasi Diri Performa Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Dimensi Bandura. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(1). https://doi.org/10.24235/prophetic.v4i1.8753

Ferayanti, M., Nissa, H., Kurnianingsih, S., Irfan, R., & Patria, H. (2023). Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar (Tim Implementasi Kurikulum Merdeka, Ed.; 1st ed.). Kemendikbudristek.

Giyanto, B., Kurnia, P., Julizar, K., Sari, D. K., & Hartono, D. (2023). Implementasi Kebijakan Komunitas Belajar dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Pembangunan Dan Administrasi Publik, 5(2).

Hading, H., & Purnamawati. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMK Negeri 3 Sidrap. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 487–495. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.1041

Hasanah, M. (2019). Pemilihan Jumlah Kategori Terbaik Pada Model Rough-Regresi Berdasarkan Mean Square Error (Studi Kasus: Tiga Variabel Bebas Numerik). Tugas Akhir, tidak dipublikasikan. Universitas Islam Sultan Syarif Kasium Riau.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru : Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2).

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714

Kemendikbudristek. (2022a). Buku Saku Penggerak Komunitas Belajar. Kemendikbudristek.

Kemendikbudristek. (2022b). Petunjuk Awal Membangun Komunitas Belajar Dalam Sekolah (1st ed.). Kemendikbudristek.

Khusna, R., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh Komunitas Belajar Terhadap Kemampuan Pedagogik Guru Di Ikatan NSIN TK Bekasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2).

Mardhatillah, O., & Surjanti, J. (2023). Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Profesionalitas Guru di Indonesia Melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1). https://doi.org/10.23887/jjpe.v15i1.65200

Mufidah, E. F., Pravesti, C. A., Ardika, D., & Farid, M. (2022). Urgensi Efikasi Diri: Tinjauan Teori Bandura. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling.

Mulyati, M. (2022). Kurangnya Kompetensi Pendidik Menjadi Masalah di Indonesia. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 1(1).

Nurhalimah, N., Baisa, H., & Asmahasanah, S. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI I’anatusshibyan. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(1). https://doi.org/10.32832/jpg.v1i1.2865

Nuryuanita, S. (2019). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Profesional Guru Dalam Mengajar di MIN 1 Rejang Lebong. Skripsi, tidak dipublikasikan. Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

Palettei, A. D., & Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2). https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522

Pramesti, A. S., Apriyagung, Sujaya, D., Putra, F. M., Martono, Heryati, N., Afriliana, N., Wibowo, S., aramitasari, S. V. P., Rizki, Widiarti, W., Maysari, V., & Fany, Y. G. (2023). Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (D. Handoko, Ed.; 1st ed.). Kemendikbudristek.

Pratama, S. H., Ananda, D. N., Aji, F. M., & ... (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. … Ilmu Pendidikan Dan …, 3(9).

Prawira, Y. A., & Nugraha, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Melalui Pelatihan Partisipatif Secara Daring Berbasis Heuristik. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.307-316.2021

Pribadi, R. A., Anisah, R. W., & Intan, R. N. (2020). Dinamika Komunitas Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Rahmadani, D. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Rasyid, M. N., & Nurqalbiani, A. (2020). Implementasi Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Studi Kasus Pada UPT SMP Negeri 2 Duampanua Kabupaten Pinrang). Jurnal Ilmu Manajemen Profitability, 4(1). https://doi.org/10.26618/profitability.v4i1.3048

Rizkasari, E., Rahman, I. H., & Aji, P. T. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 694–699.

Rosyada, A., & Hudaida. (2020). Relevansi Persepsi Pendidikan KH. Hasyim Asyari dan Dekadensi Moral. Jurnal Humanitas, 7(1), 45–56.

Sa’diah, N. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Mendesain Pembelajaran Melalui Program Pembinaan Kepala Sekolah di SDN 1 Natai Raya Tahun 2019. Anterior Jurnal, 20(3). https://doi.org/10.33084/anterior.v20i3.2652

Sekar, R. Y., & Kamarubiani, N. (2023). Komunitas Belajar Sebagai Sarana Belajar Dan Pengembangan Diri. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(1). https://doi.org/10.17509/ijace.v2i1.28285

Setyadi, T. E., Solihin, L., Fujianita, S., Rakhmah, D. N., & Claudia, S. (2024). Optimalisasi Komunitas Belajar di Sekolah Guna Menyukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka. https://pskp.kemdikbud.go.id/

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta,cv (1st ed.). Alfabeta.

Syahputra, R. D., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsp Utama Manajemen George R. Terry . Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3).

Wahyuni, N., & Fitriani, W. (2022). Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2).

Wardiana. (2023). Efektivitas Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI Wilayah IV Indrajaya Kabupaten Pidie. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Wijaya, C., Suhardi, & Amiruddin. (2023). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru (N. S. Chaniago, Ed.; 1st ed.). Umsu Press.

Yohanitas, W. A. (2021). Inovasi Literasi Teknologi Komunitas Pembelajar Berbasis Teknologi Informasi Melalui Sistem Informasi Rumah Cerdas Widyaiswara. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Ke-5 (KNIA 5.0) “Inovasi Pelayanan Dan Kepemimpinan Publik Menghadapi Era Society 5.0,” 148–158.