Pengaruh Media Puzzle Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia

  • Elly Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Muhroji Muhroji Universitas Muhammadiyah Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Disleksia merupakan salah satu gangguan umum dalam pembelajaran membaca yang sering dihadapi oleh anak-anak di tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Puzzle Huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia di Sekolah Dasar melalui pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap perilaku siswa saat menggunakan media puzzle huruf, serta wawancara dengan guru dan siswa kelas 3 untuk mendapatkan perspektif mereka tentang implementasi media tersebut. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa untuk mengingat dan mengenali huruf, terutama huruf b dan d, setelah menggunakan media puzzle huruf. Tantangan dalam mempertahankan minat siswa serta pentingnya variasi gambar pada media puzzle huruf diidentifikasi sebagai strategi penting untuk menjaga keterlibatan siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa media puzzle huruf dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung pembelajaran anak disleksia di lingkungan pendidikan. Implikasi dari temuan ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif dan kebijakan sekolah yang lebih inklusif untuk mendukung anak-anak dengan disleksia di lingkungan pendidikan dan keluarga.

Kata Kunci: disleksia, media pembelajaran, Puzzle Huruf, kemampuan membaca

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Rahmawati, E., & Muhroji, M. (2024). Pengaruh Media Puzzle Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1408-1413. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1103
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 18 times
PDF downloaded: 14 times

Referensi

Agustin, I., & Widiyanti, I. S. R. (2022). Analisis Penggunaan Media Spelling Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Disleksia di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 88–96. http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/12102

Aulia, A. R., & Witono, A. H. (2023). Pemberian Motivasi Belajar Siswa Disleksia Kelas 5 SDN 1 Cenggu Kab. Bima. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Faruq, F., & Pratisti, W. D. (2022). Model Pembelajaran Multisensori bagi Anak Disleksia, Efektif?: Tinjauan Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 243–248. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.392

Hadini, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Empowerment, 6(2252), 19–24.

Hariandja, K. A., & Fatmawati, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Spelling Puzzle Bagi Anak Disleksia. Jurnal Penelitian Pendidikan …, 9, 60–68. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/111263%0Ahttp://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/download/111263/104559

Irwansyah, I., Meilani, R. N., Lubis, K., & Armanila, A. (2023). Enhancing Interest in Reading Through Letter Puzzle Media in Early Childhood. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 1. https://doi.org/10.26858/tematik.v9i1.38643

Iza Syahroni, Rofiqoh, W., & Latipah, E. (2021). Ciri-Ciri Disleksia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(1), 62–77. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1326

Nababan, M. K. (2018). Analisis Pembiasaan Perilaku Berliterasi Dalam Upaya Peningkatan Karakter Oleh Siswa Kelas Viii-2 Smp St. Ignasius Medan. Edukasi Kultura : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(2). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11770

Pratiwi, I., Hapsari, F. D., & Argo, C. B. (2015). Pembelajaran Teknik Puzzle Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Disleksia. Proseding Seminar Nasional PGSD UPY, 143.

mudjsari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1799–1808. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1055

Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M. S. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya (Vol. 53, Issue 4, p. 130).

Purnomo, A., Azizah, I. N., Hartono, R., Hartatik, H., & Tri Bawono, S. A. (2017). Pengembangan Game Untuk Terapi Membaca Bagi Anak Disleksia Dan Diskalkulia. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 497. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1351

Putri, H., Sari1, A., Purnomo2, H., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Penggunaan Media Puzzle Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Tingkat 1 Sekolah Dasar. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Tahun, 06(01), 14–22. http://ejournal.undar.or.id/index.php/thalaba

Putri, W., & Arif Kurniawan, M. (2023). Upaya Guru Dalam Menangani Anak Disleksia Di Sd Intis School Yogyakarta. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 6(1), 74–84. https://doi.org/10.51192/almubin.v6i01.490

Saiful, A., & Witono, H. (2023). Strategi Guru Dalam Mengatasi Anak Disleksia Kelas 3 Di Sdn 31 Cakranegara. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2716

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Toruan, R. R. M. L., Saifulloh, M., & Djamaludin, N. (2022). Gerakan Literasi Bagi Pelajar Melalui “ Tantangan Membaca ” di Tali Jaranan Jakarta Timur. 2(1), 7–13.

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolsh Dasar. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(1), 1. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3457

Windasari, I., Kuswara, & Apriliana, A. (2022). Studi Kasus Terhadap Anak Berkesulitan Membaca (Disleksia) Pada Siswa Kelas Ii SD N Parakanmuncang I Kabupaten Sumedang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, I(1), 51–63. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/literat

Zahara, P., Miftah, H., Valencia, A., Nurhasanah, A., & Nuraini. (2022). Developing Aplication-based Puzzle Learning Media on Increasing Child’s Ability to Recognize Letters. International Journal of Ethnoscience, Bio-Informatic, Innovation, Invention and Techno-Science, 2(01), 44–49. https://doi.org/10.54482/ijebiiits.v2i01.192