Diskusi Kelompok Bernilai: Kunci Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Siswa VII SMP

  • Sumarni Sumarni Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia

Abstrak

Kemampuan menulis teks tanggapan merupakan salah satu keterampilan yang penting bagi siswa SMP. Kemampuan ini dapat membantu siswa untuk memahami dan mengkomunikasikan ide-idenya dengan jelas dan efektif. Namun, berdasarkan hasil observasi dan data yang diperoleh dari guru, banyak siswa SMP yang mengalami kesulitan dalam menulis teks tanggapan. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai siswa dalam materi teks tanggapan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMPN 24 Makassar melalui metode diskusi kelompok bernilai tambah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan 4 siklus. Subjek penelitian adalah siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian rubrik, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok bernilai tambah dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis teks tanggapan siswa. Peningkatan ini terlihat dari meningkatnya partisipasi siswa dalam diskusi kelompok, frekuensi penyampaian pendapat dan ide, frekuensi pengajuan pertanyaan, fokus dan perhatian siswa, kualitas kerangka teks tanggapan, kualitas pengembangan paragraf, dan kualitas penggunaan bahasa. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok bernilai tambah dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi teks tanggapan.

Kata Kunci: teks tanggapan, SMP, diskusi kelompok bernilai tambah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sumarni Sumarni, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Sumarni, S.Pd. lahir di Maros pada tanggal 14 Maret 2001. Pendidikan yang pernah dijalani yaitu SDN 209 Inp. Garantiga (2012), SMPN 20 Simbang, Maros (2015), SMAN 10 Maros (2018), S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar (2022), dan sementara melanjutkan perkuliahan S2 Bahasa Indonesia di Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, kemudian penulis juga disibukkan dengan mengikuti PPG Prajabatan di Universitas Negeri Makassar. Penulis tinggal di Dusun Paccinikang, Desa Simbang, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros. dengan nomor telp/WA/telegram 085298060565.

Diterbitkan
2024-05-19
Bagaimana cara mengutip:
Sumarni, S. (2024). Diskusi Kelompok Bernilai: Kunci Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Siswa VII SMP. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1218-1222. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1097
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 58 times
PDF downloaded: 40 times

Referensi

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dara Arka, F. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Untuk Memetakan Minat Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Menggala. Universitas Lampung.

Dinamaryati, D. (2021). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Genre dengan Media Pembelajaran Kartu Topik untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyusun Teks Tanggapan di SMPN 4 Bolo Kelas IX-3 Semester I Tahun Pelajaran 2020/. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 328–339. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.57

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan partisipasi dan hasil belajar daring sosiologi melalui pendekatan problem posing berbasis infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Tirtanawati, M. R., Sari, B. P., Ulfaida, N., Setiawan, D., & Noeruddin, A. (2024). Pendampingan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menulis Teks Tanggapan dengan Bantuan Metode Sugestopedia. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 367–380.

Payadnya, I. P. A. A., Hermawan, I. M. S., Wedasuwari, I. A. M., Rulianto, & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sleman: Deepublish.

Rahimi, R., & Selian, S. (2022). Pengembangan bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas smp. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 120–128.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susilowati, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Deskripsi dengan Metode Observasi terhadap Siswa Kelas VII Semester 1 SMP Negeri 1 Trenggalek. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(1), 780–791. https://doi.org/10.21067/jip.v6i1.1083

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667