Diskusi Kelompok Bernilai: Kunci Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Siswa VII SMP
Abstrak
Kemampuan menulis teks tanggapan merupakan salah satu keterampilan yang penting bagi siswa SMP. Kemampuan ini dapat membantu siswa untuk memahami dan mengkomunikasikan ide-idenya dengan jelas dan efektif. Namun, berdasarkan hasil observasi dan data yang diperoleh dari guru, banyak siswa SMP yang mengalami kesulitan dalam menulis teks tanggapan. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai siswa dalam materi teks tanggapan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas VII SMPN 24 Makassar melalui metode diskusi kelompok bernilai tambah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan 4 siklus. Subjek penelitian adalah siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian rubrik, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok bernilai tambah dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis teks tanggapan siswa. Peningkatan ini terlihat dari meningkatnya partisipasi siswa dalam diskusi kelompok, frekuensi penyampaian pendapat dan ide, frekuensi pengajuan pertanyaan, fokus dan perhatian siswa, kualitas kerangka teks tanggapan, kualitas pengembangan paragraf, dan kualitas penggunaan bahasa. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok bernilai tambah dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi teks tanggapan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Sumarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

