Mengeksplorasi Tantangan dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pendidikan Akuntansi Dasar SMK di Surakarta

  • Ulfah Tri Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Suranto Suranto Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan dalam pengimplementasikan pembelajaran pendidikan akuntansi dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peran sistem Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dengan pendekatan pengajaran yang berpusat pada siswa terhadap pendidikan akuntansi dasar SMK di Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam implementasi PBP dalam pendidikan akuntansi dasar SMK di Surakarta. Data penelitian merupakan hasil wawancara yang dilakukan bersama informan yaitu guru dan siswa yang terlibat dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan PBP dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Penelitian ini mengungkapkan bahwa PBP dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Melalui pendekatan ini, siswa merasa lebih terlibat dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep akuntansi. Meskipun memiliki dampak positif, implementasi PBP juga menghadapi tantangan. Beberapa tantangan yang diidentifikasi meliputi kesulitan dalam kolaborasi dengan tim, keterbatasan sumber daya, dan kemampuan teknologi yang terbatas. Namun, siswa menunjukkan inisiatif dalam mengatasi tantangan ini melalui komunikasi aktif dan kerja sama. Dukungan dari guru dan sekolah sangat penting dalam keberhasilan implementasi PBP.

Kata Kunci: pembelajaran berbasis proyek, akuntansi, kejuruan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-09
Bagaimana cara mengutip:
Rahmawati, U. T., & Suranto, S. (2024). Mengeksplorasi Tantangan dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pendidikan Akuntansi Dasar SMK di Surakarta . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1208-1217. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1087
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 120 times
PDF downloaded: 99 times

Referensi

Anggorowati, E. L., Shinta, A. A. M., Nafi’ah, E. R., & Lathif, S. (2020). Peran Pendidikan Karakter Sebagai Wujud Pendidikan Berkualitas Sesuai Dengan Tujuan Sustainable Development Goals (SDGs). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi V 2019, 354–361.

Anggraini, A. R., & Oliver, J. (2019). Faculty Perception and Use of Learning-Centered Strategies To Assess Student Performance. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Asif, A., AlFrraj, D., & Alshamari, M. A. (2022). A Comprehensive Approach of Exploring Usability Problems in Enterprise Resource Planning Systems. Applied Sciences, 12(5), 2293.

Edeh, E., Lo, W.-J., & Khojasteh, J, (2022), Review of Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. In Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal, 30. 165-176.

Febrianto, T., & Soediantono, D, (2022), Enterprise Resource Planning (ERP) and Implementation Suggestion to the Defense Industry : A Literature Review. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(3), 1–16.

Kemendikbudristek, (2022), Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 9–46.

Kozinski, J, (2018), Project based learning. Engineering, 1(2), 30–31.

Kumar Shah, R, (2020), Concepts of Learner-Centred Teaching. Shanlax International Journal of Education, 8(3), 45–60.

Maleke, C. F., Kilis, B. M. H., & Mewengkang, A, (2022), Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(5), 724–732.

Narayanaswamy, L, (2013), Problematizing “Knowledge-for-Development.” Development and Change, 44(5), 1065–1086.

Nilawati, Fitri & Suranto. (2017) Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Skripsi thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 1-54.

Nisula, K., & Pekkola, S. (2019), ERP Based Business Learning Environment As A Boundary Infrastructure In Business Learning. Education and Information Technologies, 24(4), 2547–2566.

Putri, D. A & Siti S. W. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2) 292 - 299.

Sulistyorini, L. (2020). Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK. Jurnal IT-EDU. 05(01), 171-181.

Tristananda, P. W, (2018), Membumikan Education For Sustainable Development (ESD) di Indonesia dalam menghadapi isu-isu global. Purwadita : Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 42–49.

Wahyuni, R. (2017), Pengaruh Penggunaan Strategi Quantum Learning Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Speaking. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(4), 421.

Wood, J., Thuy, N., Shailesh, S., & Adam, S. (2017), Asean 4.0: What does the Fourth Industrial Revolution mean for regional economic integration?. Asian Development Bank. 1-18.