Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam Kurikulum Merdeka: Studi Fenomenologi

  • Fusvita Dewi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan,  Indonesia
  • Siti Halimah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan,  Indonesia
  • Haidir Haidir Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan,  Indonesia

Abstrak

Kurikulum sebagai alat atau pedoman dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi proyek yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Langkat. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada sekolah untuk mengadaptasi kurikulum sesuai dengan kebutuhan lokal dan nilai-nilai nasional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan siswa dan guru, serta analisis dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik snowball sampling untuk memilih partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi proyek ini telah memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter, pemahaman nilai-nilai Islam dan pengembangan soft skills siswa. Proses pembelajaran yang terfokus pada nilai-nilai rahmatan lil’alamin melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan intrakulikuler, kokulikuler dan pelatihan yang mendukung penguatan profil pelajar. Proyek ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman dan praktik nilai-nilai Rahmatan Lil'alamin di MAN 2 Langkat, sehingga menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif, toleran dan adil bagi seluruh pelajar di sekolah tersebut. Temuan ini tidak hanya relevan untuk MAN 2 Langkat, tetapi juga memberikan pandangan yang berharga bagi pengembangan kurikulum serupa di institusi pendidikan lainnya, khususnya yang mengutamakan pendidikan yang inklusif dan berbasis nilai-nilai keberagaman.

Kata Kunci: Implimentasi, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Rahmatan lil’alamin

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-31
Bagaimana cara mengutip:
Dewi, F., Halimah, S., & Haidir, H. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin dalam Kurikulum Merdeka: Studi Fenomenologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1297-1304. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1082
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 68 times
PDF downloaded: 87 times

Referensi

Ainin. (2018). Metodologi Penelitian. Bintang Sejahtera.

Alkatiri, R., Mokodompit, I. S., & Jusuf, R. (2022). Manajemen Kurikulum Madrasah Merdeka Belajar di Sulawesi Utara. Journal of Islamic Education Leadership, 2(1). https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/jmpi/article/view/444/335

Arizki, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0 Studi Pada SD Swasta al-Ulum Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Creswell, J. W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks.

Denzin, & Lincoln. (2009). Handbook of Qualitative Research. Pustaka Pelajar.

Fauzi, M. A. (2023). Implimentasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama pada Siswa Kelas X di MAN 1 Mojokerto (Issue July). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Habibah, M., & Nurhidin, E. (2023). Profil Pelajar dalam Kurikulum Merdeka Madrasah di Era VUCA. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 13(2). https://doi.org/10.33367/ji.v13i2.4061

Hadju, S. (2023). MAN ICG Gelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (PPRA). Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi---bJxduCAxU9TGwGHTXEDSMQFnoECAgQAw&url=https%3A%2F%2Ficg.sch.id%2Fman-icg-gelar-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila-p5-dan-profil-pelajar-rahmatan-lil-alamin-

Haq, R. R., Ali, N., Bashith, A., Arifah, F. Z., Amalia, I. D., & Yaqin, N. (2023). Manajemen Pembelajaran dalam Pengembangan Proyek Penguatan Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Al-Amin (P5RA) di MAN 1 Nganjuk. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2815

Hasim, E. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar.”

Hidayat, R. (2023). Analisis Pelaksanaan Proyek Profil Pelajar Rohmatan lil Alamien (PPRA) di Madrasah.

Idayanti, S. (2023). Analisis Kesesuaian P5P2Ra dengan Prinsip Pelaksanaan dan Dampaknya terhadap Perilaku Peserta Didik. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 4(1). https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i1.228

Iswahyudi, M. S., Lismawati, Wulandari, R., Samsuddin, H., Sukowati, I., Nurhayati, S., Makrus, M., Amalia, M. M., Faizah, H., & Febianingsih, N. P. E. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian. PT Sonpedia Publising Indonesia. www.buku.sonpedia.com

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thousand Oaks, Sage Publications.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Moustakas, C. (1994). Phenomenologichal Research Methods. Thousand Oaks, Sage Publications.

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media.

Murtadlo, M. (2021). Indeks Karakter Siswa Menurun: Refleksi Pembelajaran Masa Pandemi. balitbangdiklat.kemenag.go.id. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks karakter-siswa-menurun-refleksi-pembelajaran-masa-pandemi

Nasution, S. (2006). Metode Research Penelitian Ilmiah. Bumi Aksara.

Nur Fauziah, N., Ningsi, Nazilatul Husna, L., & Hidayat, R. (2023). Analisis Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil`Alamin pada KMA No. 347 Tahun 2022. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(347).

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, Alam, M. D. S., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Pradina Pustaka.

Penyusun, T. (2022). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rohmah, R. Y. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka belajar untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 2 Batu Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Rusdiana, A. (2023). Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin, Mengapa Urgen? Rumahbaca.Id. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi---bJxduCAxU9TGwGHTXEDSMQFnoECBMQAQ&url=https%3A%2F%2Frumahbaca.id%2Fprofil-pelajar-rahmatan-lil-alamin-mengapa-urgen%2F&usg=AOvVaw1KqGI4yC1uaExTUumud85b&opi=8997844

Septi, Y. (2021). Perencanaan Merdeka Belajar Berbasis Literasi Pada Pembeajaran IPA di SMP Negeri 12 Sijunjung. In al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.31958/jaf.v9i1.3439

Silahahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Rfika Aditama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. ALFABETA.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.