PENGGUNAAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD SINDET KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Heny Rismiati SD Sindet Jetis Bantul,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan Sekolah ini adalah: 1) Meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran melalui supervise klinis di SD Sindet Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. 2) Menerapkan langkah-langkah bimbingan/supervisi klinis dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran oleh guru. Metode Penelitian Tindakan Sekolah terdiri dari dua siklus, Dimana dalam prosedur setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, pengamatan, dan wawancara. Subjek penelitian adalah guru-guru SD Sindet Kecamatan Jetis Berjumlah 11 orang guru. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain: 1) Lembar observasi merencanakan kemampuan merencanakan pembelajaran (RPP), 2) Lembar observasi melaksanakan pembelajaran (PBM), (3). Lembar Observasi Penilaian terhadap proses pembelajaran. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam pembelajaran melalui supervisi klinis semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 pada SD Sindet Kecamatan Jetis. Pada Siklus I hasil penilaian dalam menyusun RPP mencapai 70%, pelaksanaan PBM mencapai 82%, dan Penilaian Pembelajaran mencapai 79%. Di Siklus II Penyusunan RPP mencapai 82%, PBM mencapai 85%, dan Penilaian Pembelajaran mencapai 84%. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan sekolah yang terkait dengan penggunaan supervisi klinis untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran dapat diterik kesimpulan mengalami peningkatan atau meningkat.

Kata Kunci: supervisi klinis, kemampuan guru, pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-05-11
Bagaimana cara mengutip:
Heny Rismiati. (2020). PENGGUNAAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD SINDET KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 19-24. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.108
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 246 times
PDF downloaded: 233 times