Systematic Literature Review: Efektivitas Model Problem-Based Learning Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ekonomi SMA

  • Amilusholihah Amilusholihah Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • A. Sobandi Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Heni Mulyani Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Nani Sutarni Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Kurikulum merdeka merupakan suatu usaha untuk meningkatkan keterampilan abad ke 21 dalam bidang pendidikan. Relevan dengan kondisi saat ini, terdapat kebutuhan yang semakin mendesak akan keterampilan seperti literasi digital, kemampuan memecahan masalah, berkreativitas, dan berkolaborasi. Salah satu pendekatan yang dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan tersebut adalah pendekatan problem-based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis efektivitas model PBL dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran ekonomi di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Systematic Literature Review (SLR) dengan desain Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis (PRISMA) yang melibatkan beberapa tahapan, seperti strategi pemilihan data, kriteria penelitian, dan ekstraksi data. Sumber data sekunder yang digunakan adalah database Google Scholar dan Garuda, untuk mencari literatur yang relevan antara tahun 2022 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, minat belajar, dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut, terutama dalam mengukur pengaruh PBL terhadap kemampuan berkomunikasi dan berpikir kreatif siswa, yang merupakan keterampilan abad ke-21 yang relevan. Oleh karena itu, peneliti selanjutnya disarankan dapat melakukan analisis PBL dengan cakupan yang lebih komprehensif, guna mendapatkan hasil yang lebih akurat dan sesuai.

Kata Kunci: model problem based learning, kurikulum merdeka, pembelajaran ekonomi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-14
Bagaimana cara mengutip:
Amilusholihah, A., Sobandi, A., Mulyani, H., & Sutarni, N. (2024). Systematic Literature Review: Efektivitas Model Problem-Based Learning Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ekonomi SMA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1635-1643. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1079
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 995 times
PDF downloaded: 616 times

Referensi

Andeline, P., Dewi, R. M., Sarirejo, S., & Suryani, N. D. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-6 di SMA Negeri 1 Porong Tahun 2022/2023. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 147–158.

Cahyani, D., Arprizal, A., & Desmineli, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI. F. 11 SMA Negeri 4 Kota Jambi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9348–9362.

Dacholfany, M. I., Rukhmana, T., Rozi, F., Wulandari, F. W., Vanchapo, A. R. V., & Mulyapradana, A. (2023). Strategi Pengembangan Diri Mahasiswa Melalui Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Daya Saing Global. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2664–2669.

Lindasari, F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Ekonomi Pada Materi Lembaga Jasa Keuangan Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Luring Pada Siswa Kelas X IS di SMA Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2023/2024. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 592–603.

Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 691–695.

Lumentut, J., Wuisang, J., & Kandori, I. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 7 Manado Dengan Menggunakan Model PBL. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 219–232.

Mahmudah, M., Mustika, R. D., & Anhar, M. S. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pelajaran Ekonomi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(2), 565–580.

Minarni, S. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kelangkaan Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Ya Bakii 1 Kesugihan Cilacap. JGuruku: Jurnal Penelitian Guru, 1(2), 576–580.

Ningsi, A., Sukiman, S., Agustina, A., Hardiyana, M. R., & Nirmala, S. U. (2024). Identifikasi Tantangan dan Strategi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tingkat Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 678–682. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.877

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.

Rani, P. R. P. N., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 78–84.

Rizkianti, P. A., Asbari, M., Priambudi, N. P., & Asri, S. A. J. (2024). Pendidikan Indonesia Masih Buruk? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 35–38.

Setiyono, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Iis Man 1 Lombok Barat. VALUTA, 8(2), 98–102.

Siswanti, A. B., & Indrajit, R. E. (2023). Problem Based Learning. Penerbit Andi.

Sudrajat, D. R., Waspada, I., & Suryana, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandung. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 257–264.

Sulasiawati, N. L. A., & Indrayani, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas 11 IPS 2 SMA Negeri 2 Mendoyo. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 145–151.

Sulistyani, A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Dayun Tahun Ajaran 2022. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 427–437.

Suriyanto, B., Prakoso, A. F., & Shobah, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kolaboratif pada Siswa Kelas X-2 Mata Pelajaran Ekonomi Tentang Alat Pembayaran Tunai dan Non Tunai di SMA Negeri 1 Baureno. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9343–9347.

Taturu, T., Wuisang, J., & Mambu, B. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Peserta Didik Pada Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas XII SMA Negeri 1 Manado. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 253–265.

Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2022). Relevansi industri 4.0 dan society 5.0 terhadap pendidikan di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184.

Telaumbanua, K. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi. Ndrumi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 1–6.

Wahyuniati, T. S., Dewi, R. M., & Kushardini, R. (2023). Analisis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Pelajaran Ekonomi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 305–312.

Wangid, M. N. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 12(1), 23–28.