Evaluasi Program Double Track dalam Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha Siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek

  • Restu Nur Cholidah Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Bambang Budi Wiyono Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Ahmad Yusuf Sobri Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Program Double Track telah menjadi strategi inovatif dalam meningkatkan kompetensi siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kabupaten Trenggalek. Artikel ini menyajikan hasil evaluasi terhadap implementasi program tersebut di SMA Negeri 1 Panggul dan SMA Negeri 1 Tugu. Ditemukan bahwa program ini memberikan dampak positif dalam mengembangkan keterampilan praktis dan akademis siswa, serta memperkuat citra pendidikan sekolah. Meskipun menghadapi kendala seperti terbatasnya dana dan kurangnya peralatan, upaya terus dilakukan untuk meningkatkan efektivitasnya. Peran kepala sekolah, trainer, fasilitator, dan petugas administrasi sangat penting dalam pelaksanaan program ini. Evaluasi program dilakukan dengan memperhatikan prestasi alumni, jumlah pendaftar baru, dan pertumbuhan jiwa kewirausahaan siswa. Saran diberikan untuk meningkatkan kinerja program melalui evaluasi dokumen perencanaan, strategi pemasaran, dan penyelenggaraan pelajaran tentang pemasaran kepada siswa. Meskipun menghadapi kendala pendanaan, antusiasme siswa dan guru tinggi, dan hasil yang dicapai memuaskan, menunjukkan bahwa program double track telah berhasil memberdayakan siswa dengan keterampilan yang relevan untuk masa depan mereka dan meningkatkan reputasi pendidikan di lingkungan sekolah.

Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Program Double Track, Kabupaten Trenggalek

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-05
Bagaimana cara mengutip:
Cholidah, R. N., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2024). Evaluasi Program Double Track dalam Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha Siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1583-1589. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1077
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 33 times
PDF downloaded: 12 times

Referensi

Alfiyah, N., Siska, A. I., & Kareja, N. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan dalam Program Double Track pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(2), 230–236.

Iswan. (2018). Manajemen Pendidikan Kewirausahaan. Rajawali Pers.

Lutfi, & Churiyah, M. (2023). Perumusan Strategi Pelatihan “SMA Double Track” Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa SMA Yang Berbasis SWOT. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(2), 22–35.

Nickels, W. G., McHugh, J. M., & McHugh, S. M. (1997). Understanding Business.

Osei-Owusu, B. 2021. Retrospective Assessment Of The Successes And Challenges Of Double Track System In Senior High Schools In Sekyere Central District Of Ghana. British Journal Of Education, 9.

Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 139 Tahun 2018 Tentang Program Double Track Pada Sekolah Menengah Atas Di Jawa Timur,”

Ridhwanah, A. M., & Werdiningsih, W. (2022). Manajemen Program Double Track dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan di SMA Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo. Edumanagerial, 1(1), 35–46.

Saputra, N. (2022). Kebijakan Pendidikan Berbasis Double Track: Bagaimana Posisi Pendidikan Islam. Fikrah: Journal of Islamic Education, 6(1), 27–39

Suharsimi, A. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuningsih, W. D. (2022). Implementasi Program Double Track dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Siswa (Studi Kasus di SMAN 1 Sambit Ponorogo). IAIN PONOROGO.