PENERAPAN STRATEGI SENTENCE COLLECTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI

  • Budi Rahayu SMA Negeri 7 Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran sentence collection dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks eksplanasi peserta didik XI MIPA-2 SMA Negeri 7 Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah cooperative learning dengan strategi sentence collection. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan dua siklus. Setap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: a) persiapan, b) implementasi, c) observasi, dan d) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes kinerja. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar pengamatan aktivitas guru, lembar penilaian sikap, dan instrumen penilaian teks eksplanasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitaif untuk mengetahui peningkatan hasil kinerja peserta didik dalam mengikuti pembelajaran menggunakan strategi sentence collection. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada prasiklus nilai rata-rata hanya 65,78, pada siklus 1 meningkat menjadi 76,75, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 84,88. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran sentence colection dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks eksplanasi.

Kata Kunci: sentence collection, hasil belajar, teks eksplanasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Budi Rahayu, SMA Negeri 7 Yogyakarta

Guru Bahasa Indonesia

Diterbitkan
2020-05-11
Bagaimana cara mengutip:
Budi Rahayu. (2020). PENERAPAN STRATEGI SENTENCE COLLECTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 12-18. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.107
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 322 times
PDF downloaded: 465 times