Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Mengoptimalkan Pemahaman Siswa: Studi Deskriptif di SD Negeri Klender 10

  • Inggit Anggoro Universitas Negeri Jakarta, Jakarta,  Indonesia
  • Petrus Paulus Mbette Suhendro Universitas Negeri Jakarta, Jakarta,  Indonesia
  • Fahrurrozi Fahrurrozi Universitas Negeri Jakarta, Jakarta,  Indonesia
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta, Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Peran gaya belajar sangatlah krusial bagi siswa guna memahami dan mengolah suatu informasi. Implikasinya  terhadap proses pembelajaran ialah untuk mendukung dan mengoptimalkan potensi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis gaya belajar siswa di SD Negeri Klender 10. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif dengan metode survei menggunakan kuesioner. Kuesioner tersebut dibuat berdasarkan teori VARK Neil Flemming. Subjek dalam penelitian, yaitu 30 siswa yang terdiri dari kelas III dan IV menggunakan sampling sensus. Hasil penelitian diperoleh bahwa 30 siswa memiliki gaya belajar yang beragam. Diketahui bahwa perolehan persentase tiap gaya belajar, yaitu gaya belajar visual 20% (6 siswa), gaya belajar auditori 7% (2 siswa), gaya belajar read/write 3% (1 siswa), gaya belajar kinestetik 40% (12 siswa). Diikuti dengan multimodal gaya belajar meliputi visual kinestetik 27%   (8 siswa) dan read/write kinestetik 3% (1 siswa). Berdasarkan hasil analisis kategori, maka diketahui kategori tiap gaya belajar tersebut berada pada tingkatan tinggi dan cukup tinggi. Kategori tinggi, yaitu gaya belajar read/write, kinestetik, dan gaya belajar multimodal (visual kinestetik dan read/write kinestetik) berada pada rentang nilai ≥ 68,0. Kategori cukup tinggi untuk gaya belajar auditori dengan nilai 55,70 < x ≤ 68,0. Dengan begitu, penting bagi guru untuk memahami karakteristik siswa sesuai dengan gaya belajar mereka dan orang tua dapat memberikan dukungan dengan menemani dan mengembangkan potensi anak melalui gaya belajarnya.

Kata Kunci: gaya belajar, VARK, Neil Flemming, pemahaman, optimal

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-14
Bagaimana cara mengutip:
Anggoro, I., Suhendro, P. P. M., Fahrurrozi, F., & Hasanah, U. (2024). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Mengoptimalkan Pemahaman Siswa: Studi Deskriptif di SD Negeri Klender 10 . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1686-1692. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1067
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 6 times
PDF downloaded: 4 times

Referensi

Asep, H. (2023). An Analysis of Student Learning Style in Learning English in. 7(1), 145–157.

Aslikhatin, S. (2020). Pengaruh Gaya Belajar VAK (Visual, Audio, Kinestetik) Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa MTS Darul Karomah Singosari. Jurnal Penlitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 15(29), 1–14. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7875

Aulia, B., & Simanjuntak, S. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(3), 321. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i3.45047

De Porter, B. & H. (2007). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. PT Mizan Publika. https://books.google.co.id/books?id=iAurOAjxMBgC

Isnanto, I. (2022). Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 547. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.547-562.2022

Kusumaningrum, E. (2021). Menulis Dongeng Kreatif Sesuai Gaya Belajar Anak - Jejak Pustaka. Jejak Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=m68zEAAAQBAJ

Kusumasari, D. A., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(2), 131. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i2.16051

Latifah, & Dewi Nikmatul. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68–75. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067

Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, R. K. (2022). Buku Saku Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar, 2–5.

Prayoga, R. R., Haidar, K., & Astuti, R. F. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Visual dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Samarinda. Kompetensi, 15(1), 59–65. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.67

Prihaswati, M., & Purnomo, E. A. (2021). Profil Gaya Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Berdasarkan Model Vark. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 242–249. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.6064

Ratnawati, S. D. (2021). PARENTS ARE TEACHERS (S. R. Dewi (ed.); 1st ed.). Stiletto Indie Book. https://books.google.co.id/books?id=xEsoEAAAQBAJ

Safitri, D. N., Saputra, A. D., & Handayani, T. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran. 4(1), 11–20.

Sari, anggraeni swastika. (2023). VARK Ragam Model Gaya Belajar dan Aplikasinya.

Sugiyono. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D (M. Dr. Ir. Sutopo, S.Pd. (ed.); Ke-2). Alfabeta.

Sumarah, I. E., Kencana, C. G., Yudono, K. D. A., Waninghiyu, C., Dewi, A. M. K., M, T. A. H., & Press, S. D. U. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Berdasarkan Gaya Belajar Vark: Untuk Peserta Didik Kelas IV SD. Sanata Dharma University Press. https://books.google.co.id/books?id=jPHAEAAAQBAJ

Syofyan, H., & Unggul, U. E. (2018). Analisis gaya belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ipa. Eduscience Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, 76–85. https://doi.org/https://doi.org/10.47007/edu.v3i2.2506

Tri Saswandi, Ariana Oktavia, Deni Abdillah. M, Wahyu Wijayati, R. J. (2023). The Correlation Among Students’ Learning Styles And Students’ Motivation In Learning English With Their Vocabulary Mastery. Journal on Education, 06(01), 927–941. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3022