Implementation of AI Chatbot as an Interactive Learning Medium on Accounting Lessons in SMK
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran akuntansi berbasis AI Chatbot serta apa saja hambatan yang dihadapi guru pada kelas X SMK Batik 1 Surakarta jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus terhadap siswa yang akan menggunakan AI Chatbot pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian dilakukan di SMK Batik 1 Surakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan guru pada jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL). Data primer didapatkan dari siswa yang akan menggunakan aplikasi AI Chatbot dan data sekunder didapatkan dari penelitian terdahulu berupa jurnal yang sesuai dengan topik penelitian. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dalam implementasi ini secara efektif meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dan guru dalam menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Penggunaan AI Chatbot memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memperluas ketersediaan bahan belajar yang beragam, sementara juga memfasilitasi pengembangan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan analitis di antara siswa. Namun, hambatan seperti pemahaman yang tidak memadai, keterbatasan sumber daya, dan integrasi yang efektif dalam proses belajar harus diatasi. Mengingat isu-isu ini, sangat penting untuk membangun kolaborasi jangka panjang dan memberikan bantuan berkelanjutan antara yayasan pendidikan, lembaga pendidikan formal, dan badan pemerintah.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Tulus Khairunisa; Suyatmini Suyatmini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.