Implementation of AI Chatbot as an Interactive Learning Medium on Accounting Lessons in SMK

  • Tulus Khairunisa Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Suyatmini Suyatmini Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran akuntansi berbasis AI Chatbot serta apa saja hambatan yang dihadapi guru pada kelas X SMK Batik 1 Surakarta jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus terhadap siswa yang akan menggunakan AI Chatbot pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian dilakukan di SMK Batik 1 Surakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan guru pada jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL). Data primer didapatkan dari siswa yang akan menggunakan aplikasi AI Chatbot dan data sekunder didapatkan dari penelitian terdahulu berupa jurnal yang sesuai dengan topik penelitian. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dalam implementasi ini secara efektif meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dan guru dalam menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Penggunaan AI Chatbot memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memperluas ketersediaan bahan belajar yang beragam, sementara juga memfasilitasi pengembangan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan analitis di antara siswa. Namun, hambatan seperti pemahaman yang tidak memadai, keterbatasan sumber daya, dan integrasi yang efektif dalam proses belajar harus diatasi. Mengingat isu-isu ini, sangat penting untuk membangun kolaborasi jangka panjang dan memberikan bantuan berkelanjutan antara yayasan pendidikan, lembaga pendidikan formal, dan badan pemerintah.

Kata Kunci: Implementasi, Media Pembelajaran, AI Chatbot, Pendidikan Akuntansi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Khairunisa, T., & Suyatmini, S. (2024). Implementation of AI Chatbot as an Interactive Learning Medium on Accounting Lessons in SMK. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1414-1420. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1059
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 48 times
PDF (English) downloaded: 13 times

Referensi

Ahmad, Z., Rahim, S., Zubair, M., & Abdul-Ghafar, J. (2021). Artificial intelligence (AI) in medicine, current applications and future role with special emphasis on its potential and promise in pathology: present and future impact, obstacles including costs and acceptance among pathologists, practical and philosoph. Diagnostic Pathology, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s13000-021-01085-4

Ali, N., Hayati, M., Faiza, R., & Khaerah, A. (2023). Artificial Intelligence (AI) dalam Pendidikan Islam: Trends, Persepsi, dan Potensi Pelanggaran Akademik di Kalangan Mahasiswa. INJIRE: Indonsian Journal of Islamic Religious Education, 1(1), 51–66. https://injire.org/index.php/journal/article/view/18

Andika Isma, Rosidah, R., Sigit Sahalik Rahman, Nasrullah, N., Arif Setiawan Syam, & Novita Sari. (2023). Analisis Penggunaan Chatbot Berbasis AI pada Model Hybrid di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer. Journal of Vocational, Informatics and Computer Education, 1(2), 79–92. https://doi.org/10.61220/voice.v1i2.20239

Annafi Franz, Eny Maria, Suswanto, Yulianto, Budi Rachmadani, Eko Junirianto, Asep Nurhuda, Ida Maratul Khamidah, Suci Ramadhani, Muslimin, Husmul Beze, Reza Andrea, Syafei Karim, Emil Riza Putra, Fajar Ramadhani, Bagus Satria, & Imron. (2023). Pelatihan Penerapan Artificial Intelligence (AI) untuk Menunjang Aktifitas Pembelajaran pada Sekolah Dasar Daarul Hijrah Al_Amin Samarind. JLP : Jurnal Lentera Pengabdian, Volume 01(04), 1–9.

Ardiansyah, A. (2023). Pendampingan Perancangan Chatbot Sebagai Media Interaktif Dalam Menghadapi Tantangan Era Digitalisasi. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 2(1), 44–55. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v2i1.18078

Ardiansyah, & Sari, H. F. A. (2023). Analisis Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Aplikasi Chatbot Pada Mata Kuliah Akuntansi. Jurnal Teknodik, 8(2), 33–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.1009

Brandtzaeg, P. B., Skjuve, M., Dysthe, K. K., & Folstad, A. (2021). When the social becomes non-human: Young people’s perception of social support in chatbots. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings. https://doi.org/10.1145/3411764.3445318

Dirko G. S. Ruindungan, A. J. (2021). Chatbot Development for an InteractiveAcademic Information Services using the RasaOpen Source Framework. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 10(p-ISSN : 2301-8402, e-ISSN : 2685-368X ,available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom), 61–68.

Fidiyanti, F., Subagja, A. R., Wachyu, R. P., Madiistriyatno, H., & Jakarta, U. P. (2023). Analisis strategi pengembangan bisnis menggunakan teknologi artificial intelegence. 2(7), 1994–2001.

Fitria, T. N. (2023). Artificial intelligence (AI) technology in OpenAI ChatGPT application: A review of ChatGPT in writing English essay. Journal of English Language Teaching, 12(1), 44–58. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt

Gultom, F. (2024). Perancangan Web Dengan Chat GPT Untuk Meningkatkan Kualitas Akademik ( Studi Kasus : Universitas Efarina ). 4, 5589–5600.

Isono, I., & Prilliadi, H. (2023). Accelerating Artificial Intelligence Discussions in ASEAN : Addressing Disparities , Challenges , and Regional Policy Imperatives. 488.

Joko Prakosta Santu Aji, B., & Masnita, Y. (2023). The Influence of Chatbot Anthropomorphism on Trust, Intention, and Engagement of Indonesian State-Owned Bank Customers: Investigation Using the DOI Theory. International Journal of Applied Business Research, 2023(2), 152–166. https://doi.org/10.35313/ijabr.v5i02.293

Kharis, M., Hidayat, E., Ardiansyah, R., & Ebner, M. (n.d.). Mobile Gramabot : Development of a Chatbot App for Interactive German Grammar Learning. 1, 52–63.

Mostafa, R. B., & Kasamani, T. (2021). Antecedents and consequences of chatbot initial trust. https://doi.org/10.1108/EJM-02-2020-0084

Muhammad, A. F. (2020). Developing English Conversation Chatbot Using Dialogflow. September. https://doi.org/10.1109/IES50839.2020.9231659

Nasution, F. A., & Dar, M. H. (2022). Application Of Artificial Intelligence in Chatbot Application As Palm Oil Price Information System and Capacity On Ramp in Labuhanbatu. Technology, and Organizational Behavior (IJBTOB), 2(4), 2775–4936. https://ijbtob.org

Nguyen, D. M., Chiu, Y. T. H., & Le, H. D. (2021). Determinants of continuance intention towards banks’ chatbot services in vietnam: A necessity for sustainable development. Sustainability (Switzerland), 13(14), 1–24. https://doi.org/10.3390/su13147625

Pertiwi, A., Bara, Y. P., & Pakiding, Y. (2023). Mengoptimalkan Pengalaman Belajar menggunakan AI dalam Dunia Pendidikan pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UKI Toraja, 1–12.

Qotrunnida, N., Supriatna, E., & Naufal Arzaqi, R. (2023). Penggunaan Chatbot Mela terhadap Peningkatan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Indonesia Anak di RA Darul Mu’minin. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 448–459. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.241

Rahman, A., & Eitedal, M. S. R. (2020). The Impact of Using Artificial Intelligence on the Accounting and Auditing Profession in Light of the Corona Pandemic. 6(9), 2018–2021.

Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(Vol. 5 No. 4 (2021): August Pages 1683-3000), 2156–2163. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1137

Sarosa, M., Wijaya, M. H., Tolle, H., & Rakhmania, A. E. (2022). Implementation of Chatbot in Online Classes using Google Classroom. International Journal of Computing, 21(1), 42–51. https://doi.org/10.47839/ijc.21.1.2516

Senduk, H. Y., & Sitokdana, M. N. N. (2022). Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Gudang Berbasis Website ( Studi Kasus Slingbag Salatiga ). 9(1).

Serdianus, S. (2023). QUO VADIS PENDIDIKAN DI ERA ARTIFICIAL INTELLIGENCE ? 1–20.

Skjuve, M., Følstad, A., Fostervold, K. I., & Brandtzaeg, P. B. (2021). My Chatbot Companion - a Study of Human-Chatbot Relationships. International Journal of Human Computer Studies, 149(January). https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2021.102601

Yusriadi, Y., Rusnaedi, Siregar, N. A., Megawati, S., & Sakkir, G. (2023). Implementation of artificial intelligence in Indonesia. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 283–294. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.10.005