Pengaruh Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPAS Kelas IV

  • Sayyidah Fatimah Azzahra Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Purnama Syae Purrohman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas lima yang mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Pendekatan studi ini bersifat kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Peserta penelitian adalah siswa kelas empat di SDN Duren Jaya XII yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengambilan sampel yang digunakan Equalsize Cluster Random Sampling. Model TPS digunakan untuk memperlakukan kelompok eksperimen, sementara model tradisional digunakan untuk kelompok kontrol. Data yang diperoleh menggunakan enam aspek yang dijelaskan oleh Robert H. Ennis yang meliputi tinjauan, alasan, kejelasan, situasi, konsentrasi, dan kesimpulan. Studi ini mengungkapkan bahwa murid yang diajar menggunakan Model TPS menunjukkan keterampilan berpikir kritis yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode tradisional. Dapat dilihat dari Uji-t independen menghasilkan nilai t yakni 2,084 serta nilai Sig. (2-tailed) memperoleh 0,04. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik pembelajaran TPS dapat melatih kapasitas berpikir kritis siswa pada disiplin IPAS. Dengan demikian, penggunaan TPS sebagai strategi pengajaran alternatif dapat berguna untuk abad 21.

Kata Kunci: IPAS, Berpikir Kritis, Think Pair Share

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Azzahra, S. F., & Purrohman, P. S. (2024). Pengaruh Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPAS Kelas IV . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1461-1467. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1058
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 65 times
PDF downloaded: 32 times

Referensi

Ahmad, B. S., & Yusri, A. Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Konsep Diri, Aktivitas Belajar, Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 221–229. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.580

Apdolifah, Z., Yusnaidar, Y., Dewi, F., & Risdalina, R. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 15(1), 37–47. https://doi.org/10.22437/jisic.v15i1.25413

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26525

Experenza, P., Isnaini, M., & Irmita, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 81–93. https://doi.org/10.19109/ojpk.v3i1.3370

Fadilla, N., Nurlaela, L., Rijanto, T., Ariyanto, S. R., Rahmah, L., & Huda, S. (2021). Effect of problem-based learning on critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012060

Febrianti, F. A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS. Journal Civics & Social Studies, 3(2), 42–52. https://doi.org/10.31980/2655-7304.v3i2.696

Gularso, D., & Indrianawati, M. (2022). Kenakalan Siswa Di Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1), 54–63. https://doi.org/10.30738/tc.v6i1.12205

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385

Hartati, H. (2022). Kurikulum Merdeka (Tim Hikam (ed.); vi). Hikam Pustaka.

Haryanti, Y. D., & Febriyanto, B. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Havisa, S., & Yuliandri Putra, T. (2021). Pengaruh Metode Suku Kata Mengunakan Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. In Jurnal Papeda (Vol. 3, Issue 1). www.republika.co.id

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650

Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A - Fase C untuk SD/MI/Program Paket A. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/13. CP IPAS.pdf

Lestari, H., Sopandi, W., Sa’ud, U. S., Musthafa, B., Budimansyah, D., & Sukardi, R. R. (2021). The impact of online mentoring in implementing radec learning to the elementary school teachers’ competence in training students’ critical thinking skills: A case study during covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 346–356. https://doi.org/10.15294/JPII.V10I3.28655

Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206–213. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218–226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644

Nofianti, E., Nurhidayanti, A., Handayani, N. A., Rosana, D., & Wilujeng, I. (2022). Profil Berpikir Kritis Peserta Didik SMP pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(3), 479–491. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i3.23877

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Nurdin, E. A., Hussen, S., Pangastuti, E. I., & Lestari, D. (2019). Improving students critical thinking skills using a research based practice on Tourism Geography Materials. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012085

OECD. (2022). PISA 2022 Results.

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Pangastuti, E. I., Nurdin, E. A., Surya, R. A., Apriyanto, B., & Khoiroh, A. W. (2020). Improving student learning outcomes using research-based think pair and share models. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012031

Salim, A. N., & Disman, D. (2023). The Implementation of the TPS (Think-Pair-Share) Learning Model To Improve Students Critical Thinking Skills. Jurnal Lingua Idea, 14(1), 15. https://doi.org/10.20884/1.jli.2023.14.1.8318

Siswati, E., Rahman, A., & Sukmayadi, D. (2023). The Influence of Cooperative Learning Think Pair Share on Critical Thinking Skill and Science Learning Outcomes Elementary School Students. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(1), 45–51. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline1428

Sugiyono, S. (2019). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (II). Alfabeta.

Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i1.335

Tanah Boleng, D. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think-Pair-Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 76–84.

Yampap, U., & Bay, H. R. (2020). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3201