Pengaruh Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPAS Kelas IV
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas lima yang mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Pendekatan studi ini bersifat kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Peserta penelitian adalah siswa kelas empat di SDN Duren Jaya XII yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengambilan sampel yang digunakan Equalsize Cluster Random Sampling. Model TPS digunakan untuk memperlakukan kelompok eksperimen, sementara model tradisional digunakan untuk kelompok kontrol. Data yang diperoleh menggunakan enam aspek yang dijelaskan oleh Robert H. Ennis yang meliputi tinjauan, alasan, kejelasan, situasi, konsentrasi, dan kesimpulan. Studi ini mengungkapkan bahwa murid yang diajar menggunakan Model TPS menunjukkan keterampilan berpikir kritis yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode tradisional. Dapat dilihat dari Uji-t independen menghasilkan nilai t yakni 2,084 serta nilai Sig. (2-tailed) memperoleh 0,04. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik pembelajaran TPS dapat melatih kapasitas berpikir kritis siswa pada disiplin IPAS. Dengan demikian, penggunaan TPS sebagai strategi pengajaran alternatif dapat berguna untuk abad 21.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Sayyidah Fatimah Azzahra, Purnama Syae Purrohman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.