Edugame Wordwall: Media Pembelajaran Inovatif IPS Kelas 7 SMP Sunan Ampel Poncokusumo Materi Sosialisasi dalam Masyarakat

  • Cindi Griz Ella Universitas Insan Budi Utomo, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Puspita Pebri Setiani Universitas Insan Budi Utomo, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Nurcholis Sunuyeko Universitas Insan Budi Utomo, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Amanah Agustin Universitas Insan Budi Utomo, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Perkembangan teknologi pada bidang pendidikan memberikan dorongan untuk memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses belajar mengajar. Salah satu instansi pendidikan atau lebih tepatnya sekolah yang diharapkan mampu menerapkan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar adalah SMP Sunan Ampel Poncokusumo karena saat ini masih lebih sering menggunakan pembelajaran konvensional. Kebiasaan dalam menggunakan pembelajaran konvensional menghasilkan pembelajaran yang tidak menarik dan juga membuat capaian pembelajaran yang dinilai menggunakan tes menjadi rendah pada pembelajaran IPS kelas VII materi Sosialisasi Dalam Masyarakat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangkan produk media pembelajaran berbasis game Wordwall untuk meningkatkan capaian belajar yang didapatkan oleh peserta didik. Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas VIII SMP Sunan Ampel Poncokusuman pada materi Sosialisasi dalam Masyarakat di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Evaluasi menunjukkan bahwa siswa merasa puas dengan kemudahan penggunaan (56,33%), operasional (85%), dan efektivitas (80%) Wordwall. Selain itu, mereka merasa nyaman (93,33%), tertarik (84,84%), dan melihat peningkatan nilai tes secara keseluruhan.  Peneliti menemukan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif Wordwall capaian belajar dan ketertarikan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran meningkat.

Kata Kunci: ilmu pengetahuan sosial, media pembelajaran, wordwall

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-31
Bagaimana cara mengutip:
Ella, C. G., Setiani, P. P., Sunuyeko, N., & Agustin, A. (2024). Edugame Wordwall: Media Pembelajaran Inovatif IPS Kelas 7 SMP Sunan Ampel Poncokusumo Materi Sosialisasi dalam Masyarakat. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1329-1337. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1030
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 85 times
PDF downloaded: 64 times

Referensi

Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800.

Al Firdausi, A., Zamani, A. F., & Rahma, A. A. (2021). Peran Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Menggunakan Wordwall dan Quizizz di SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 6(2), 162–182.

Arsyad, M. N., Setiawati, D., & Firdausi, F. U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Benime Pada Matakuliah Sejarah Perekonomian Dunia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(4), 632–639.

Atsani, K. H. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Aziz, A., & Gantara, P. (2021). Penggunaan Media Wordwall Dwi Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik di SMPN Satap 3 Hanau Desa Paring Raya. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 627–634.

Badriah, L., Abibudin, S., . Z., & . J. (2019). Inovasi Pembelajaran Tematik, Kendala dan Upaya Perbaikan Dalam Proses Pembelajaran. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(1), 47. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(1).47-55

Budi Rahardjo, A., & Harianto, E. (2024). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Era Industri 4.0. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.748

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Choir, R. M., & Abdullah, A. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android dengan Pendekatan Matematik Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS Assalafiyah Mlangi. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 12(2), 85. https://doi.org/10.21927/literasi.2021.12(2).85-91

Fatimah, S. (2020). Students’ Vocabulary Mastery through Word Wall at SMPN 44 Surabaya. JournEEL (Journal of English Education and Literature), 2(2), 22–33.

Firdausi, F. U., & Bashofi, F. (2020). Media Movie Dalam Pembelajaran Sejarah Nasional Indonesia Untuk Meningkatkan Nasionalisme Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 10(1), 128. https://doi.org/10.25273/ajsp.v10i1.4505

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta media group.

Huda, S., & Adiyono, A. (2023). Inovasi Pemgembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Di Era Digital. ENTINAS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 371–387.

Ismiyati, T. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran Crossword Puzzle dan Canva melalui Workshop. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 500–506. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.705

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI).

Maksum, Ali. 2012. Metode Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860.

Nurfauziyah, N., Sjaifuddin, S., & Taufik, A. N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Wordwall Pada Tema Siaga Bencana untuk Siswa Kelas VII SMP. EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 15–23.

Panjaitan, S., Sitepu, C., & Pintubatu, S. G. (2023). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri 3 Barusjahe TA 2023/2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7088–7101.

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70–77.

Puspita, P. S. (2023). Media Pembelajaran Wartop (Wayang Karakter Tokoh Pahlawan) Untuk Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah. Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah. 1(2), 79-86.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Rohman, A., Asbari, M., & Rezza, D. (2024). Literasi digital: Revitalisasi inovasi teknologi. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 6–9.

Safitri, M., & Rasyid, M. N. (2022). Penerapan Media Web Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Langsa. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 47–56.