Effectiveness of English Teaching Materials Based on the HOTS Integrated Hypertext Model on Students' Learning Outcomes
Abstrak
Pendekatan inovatif dalam perencanaan pembelajaran menggabungkan model pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dengan strategi mengidentifikasi kata-kata menantang siswa melalui hiperteks. Penelitian ini terutama mengevaluasi efektivitas bahan ajar bahasa Inggris dengan memanfaatkan model HOTS terintegrasi hypertext terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan kelompok pre-test-posttest dengan melibatkan 80 siswa Kelas X tahun ajaran 2023/2024. Peneliti menggunakan teknik snow balling sampel untuk menentukan ukuran sampel yang diperlukan. Para siswa dibagi ke dalam Grup A (eksperimental) dan Grup B (kontrol). Selanjutnya, siswa melakukan tes awal untuk mengidentifikasi perbedaan antara tingkat pengetahuan mereka. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai T teramati sebesar 8,313 dan nilai signifikansinya di bawah 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggabungan bahan ajar bahasa Inggris berbasis HOTS dengan paradigma hypertext efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini penting karena dapat meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris, khususnya dengan menekankan pengaruh guru terhadap keampuhan bahan ajar bahasa Inggris berbasis HOTS yang diintegrasikan dengan model hypertext terhadap hasil belajar siswa dalam perolehan bahasa Inggris.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Tatu Munawaroh, Yayat Ruhiat, Yudi Juniardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

