Pengembangan E-Modul Berbasis Flipped Classroom Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

  • Mufidatul Khusna PGSD, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Jawa Timur,  Indonesia
  • Priyono Tri Febrianto PGSD, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis flipped classroom mata pelajaran IPAS bab 7 kelas IV Sekolah Dasar yang valid, efektif, dan menarik. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4D yang mempunyai empat tahap, yakni define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), serta dissemination (penyebarluasan). Berdasarkan hasil penelitian, kevalidan ditinjau dari hasil validasi ahli desain pembelajaran, bahasa, materi, dan bahan ajar didapatkan rata-rata persentase 94,37% dengan kriteria sangat valid. Keefektifan dilihat berdasarkan hasil observasi guru sebesar 100% dan observasi aktivitas siswa 96,83% dengan kriteria sangat efektif, serta ketuntasan belajar klasikal sejumlah 100% dengan kriteria sangat baik. Kemenarikan ditinjau dari hasil angket respon guru sebesar 95% dan angket respon siswa sebesar 98,3% dengan kriteria sangat menarik. Dengan demikian, e-modul berbasis flipped classroom mata pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar terbukti valid, efektif, dan menarik sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan bahan ajar yang inovatif.

Kata Kunci: Flipped Classroom, IPAS, Kurikulum merdeka, Modul digital

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-31
Bagaimana cara mengutip:
Khusna, M., & Febrianto, P. T. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipped Classroom Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1351-1361. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1026
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 101 times
PDF downloaded: 116 times

Referensi

Akbar, S. (2022). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Andriani, V. S. (2021). Studi Pembelajaran Model Flipped Classroom Memetakan Motivasi Mahasiswa. CV. AA. RIZKY.

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andriarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Danuri, & Nurjanah, E. (2022). Pengembangan E-Modul Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. EDUKASI: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 14(02), 85–98.

Destri, Kesumawati, N., & Dedy, A. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, and Effective) pada Materi Pengukuran di Kelas IV Sekolah Dasar. JPRD: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6(2), 107–122.

Estuhono, Aditya, & Asmara, D. N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Research Based Learning Menggunakan Pageflip Application Pada Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 159–168.

Febrianto, P. T., Mas’udah, S., & Megasari, L. A. (2020). Implementation of online learning during the covid-19 pandemic on Madura Island, Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(8), 233–254. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.8.13

Febrianto, P. T., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Knowledge and Perseptions of Elementary School Teacher Education Students on Educational Philosophy. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 203–214.

Hasibuan, A. R. H., Aufa, Khairunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7411–7419.

Khaeroni. (2021). Metodologi Penelitian & Pengembangan. Media Madani.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (B. S. Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara.

Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped classroom: Membuat peserta didik berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan mampu berkolaborasi dalam pembelajaran yang responsif. Yogyakarta: ANDI.

Putri, A. F., Naila, I., & Afani, K. D. A. (2023). Pengembangan Media Google Sites Berbasis Ethno Sains pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. SAP: Susunan Artikel Pendidikan, 7(3), 433–442.

Rostiani, T., Cahyani, I., & Abidin, Y. (2023). Pengembangan Modul Digital Berancangan Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Self Directed Learning dan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 51–61.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. PUSAKA.

Saptiadi, H. (2017). Pengembangan Media Komik Sains Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Sistem Pernapasan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Universitas Jambi, 1(1), 1–14.

Sonia, N. R. (2022). Model Flipped Classroom: Alternatif Pembelajaran di Era New Normal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(1), 25–42.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar. Sanabil.

Trianto. (2019). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Wastuti, I. B., Febrianto, P. T., & Hanik, U. (2021). Development of Advisor Textbook Based on Rokat Tase’ Local Wisdom for Class Iv Elementary School. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 92–103. https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/13638